Tips Investasi untuk Para Freelancer yang Efektif

Tips Investasi untuk Para Freelancer yang Efektif

Posted By: Admin, 2022-06-23


  Share:


Investasi menjadi suatu kegiatan yang menjanjikan dalam menjaga keuangan di masa depan. Tak heran, apabila pekerja lepas juga tertarik untuk melakukannya. Namun, ada beberapa tips investasi yang harus diperhatikan untuk freelancer.

Baca Juga: Freelancer Wajib Tahu, Ini Tips Tepat Mengatur Keuangan Untuk Agar Hidup Tenang!

Dari segi keuangan, mungkin freelancer berbeda dengan pekerja full-time. Sebab, seorang pekerja lepas akan mendapatkan uang jika ada proyek atau jasa yang bisa mereka kerjakan. Dengan begitu, otomatis keadaan keuangan bisa saja tidak menentu.

Namun, jangan khawatir. Sakumas telah mempersiapkan tips investasi yang tepat untuk freelancer. Yuk, simak tips-tipsnya!

1.Siapkan Anggaran Tiap Bulan

Apabila ingin investasi, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat anggaran tiap bulan. Menurut Freelance UK, hal ini dilakukan untuk mengetahui kira-kira berapa pengeluaran Anda di tiap bulannya.

Sebagai contoh, dalam bulan ini Anda menghabiskan uang sekian untuk kebutuhan-kebutuhan seperti makan, biaya listrik, tempat tinggal, dan lain-lain. Dari situ Anda bisa menyiapkan uang untuk berinvestasi karena telah mengetahui pengeluaran primermu.

Hindari pengeluaran yang bersifat konsumtif karena akan membuat keadaan keuangan tidak sehat. Ketimbang menghabiskan uang hanya untuk hal itu, dana yang Anda miliki bisa digunakan untuk berinvestasi.

2. Pahami Instrumen Investasi

Tips investasi untuk freelancer selanjutnya adalah memahami setiap instrumen investasi.

Saat ini, ada banyak sekali instrumen yang bisa Anda ketahui, seperti emas, reksa dana, saham, obligasi, dan lain-lain.

Pahami setiap risiko investasi dari semua instrumen tersebut, karena akan membantu Anda dalam menjalani investasi ke depannya. Dengan begitu, Anda punya bekal yang banyak sebelum mulai investasi di salah satu instrumen.

3. Tentukan Tujuan Investasi

Setelah paham berbagai macam risiko instrumen investasi, tentukan tujuan Anda dalam berinvestasi. Apakah Anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau hanya jangka pendek saja?

Jika ingin investasi jangka panjang, emas menjadi salah satu instrumen yang cocok digunakan karena nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu. Sementara itu, untuk investasi jangka pendek Anda harus memilih instrumen dengan tingkat likuiditas yang tinggi, seperti reksa dana.

Menurut Investopedia, reksa dana memiliki akses yang mudah untuk dijual dan dibeli. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir apabila suatu saat ingin mencairkan investasi dari reksadana.

Baca Juga: Merdeka Finansial Bukan Lagi Angan-angan Kalau Anda Lakukan Hal Ini

4. Tanyakan kepada Ahli

Meski sudah berbekal ilmu yang cukup dalam berinvestasi, tips lainnya untuk freelancer dalam investasi adalah bertanya kepada ahli. Sebagai contoh, Anda mengalami kendala dalam memantau pergerakan nilai instrumen Anda sehingga butuh bantuan dari orang yang lebih mahir.

Anda bisa tanyakan masalah tersebut kepada teman Anda yang sudah lebih paham. Selain itu, Anda juga perlu bertanya tentang waktu yang tepat untuk melakukan diversifikasi portofolio. Jangan sampai Anda melakukan diversifikasi tanpa memiliki pengetahuan apa pun.

5. Cari Sumber Penghasilan Lain

Seorang freelancer harus pandai dalam mencari sumber penghasilan lain. Jangan sampai hanya terpaku kepada satu sumber saja. Anda bisa memanfaatkan situs freelancer seperti Sribulancer, Upwork, Fiverr, dan lain-lain untuk menampilkan hasil karyamu.

Selain itu, jika ada lomba-lomba yang menawarkan hadiah besar, Anda bisa mengikutinya untuk menambah penghasilan. Hal ini penting dilakukan untuk menambah modal Anda untuk investasi, sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Menjanjikan & Bermodal Kecil, 5 Ide Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Generasi Milenial

Demikian lima tips investasi untuk freelancer yang bisa Anda terapkan. Sebagai freelancer, menjaga keuangan merupakan hal yang sangat penting, termasuk melakukan investasi agar aset tetap aman di masa depan!


Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-using-laptop-3194518/