Menjanjikan & Bermodal Kecil, 5 Ide Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Generasi Milenial

Menjanjikan & Bermodal Kecil, 5 Ide Bisnis Sampingan Ini Cocok untuk Generasi Milenial

Posted By: Admin, 2021-11-30


  Share:


Menekuni dunia bisnis memang bukan sesuatu yang bisa dikerjakan oleh semua orang, terlebih lagi untuk bisnis sampingan. Diperlukan pengorbanan waktu serta tenaga lebih banyak agar pekerjaan yang ditekuni bisa terus berkembang.

Baca Juga: Pahami Tentang 3 Fakta Emas ini Sebelum Jual Beli Emas

Apabila Anda seorang milenial, apakah Anda pernah berpikir untuk memiliki usaha sampingan diluar aktivitas normal? Jika ya, beberapa ide bisnis sampingan di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi sebelum memutuskan untuk terjun secara langsung.

1. Bisnis Kerajinan Tangan 

Bisnis sampingan sebagai pelaku kerajinan tangan memang relatif sudah umum dipasaran. Hal ini bukan sebuah kebetulan, melainkan karena bisnis ini memang memiliki prospek cerah dimasa depan.

Usaha kerajinan tangan juga mampu menjadi bisnis sampingan karyawan, ibu rumah tangga, maupun mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang jajan.

Manfaatkanlah waktu luang yang Anda miliki untuk membuat karya kreatif, kemudian mencari keuntungan dari nominal penjualan yang dihasilkan.

gunakanlah semua platform pemasaran yang ada untuk menjangkau pengguna. Anda bisa memulai dari pembuatan akun sosial media khusus jualan, kemudian meng-upload produk ke marketplace, dan jika perlu Anda juga bisa membayar jasa untuk mengiklankan produk secara digital.

2. Jasa Penulis Lepas/Editor

Jaman dahulu, ketika bicara soal penulis lepas, bayangan semua orang pasti tidak akan jauh-jauh dari profesi wartawan atau penulis buku.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang terjadi sekarang jasa penulis lepas sudah menjelma menjadi bisnis sampingan yang bisa dikerjakan oleh semua orang.

Usaha sampingan ini juga sangat cocok bagi kaum milenial yang memiliki hobby rebahan. Pasalnya, pekerjaan sebagai jasa penulis lepas atau freelance content writer bisa dikejakan dirumah tanpa harus meninggalkan kamar.

3. Menawarkan Les Privat

Berbeda dengan membuka kelas belajar online, Les privat lebih condong ke arah bimbingan offline yang memerlukan tatap muka secara langsung.

Bisnis sampingan ini biasanya digeluti oleh orang-orang yang memiliki keahlian di bidang musik atau bahasa dimana proses belajar memerlukan praktek langsung.

Untuk modalnya sendiri Anda hanya perlu menyiapkan uang transportasi untuk menuju ke lokasi. Selain itu,ada juga opsi mengajar les privat dengan ketentuan peserta yang harus datang ke rumah atau tempat kita.

Tips lainnya, yaitu manfaatkan koneksi dari keluarga, rekan, dan relasi jika Anda ingin menekuni bisnis ini. Selebihnya gunakan konten digital untuk membantu mempermudah penetrasi pasar.

Baca Juga: Waspadai Investasi Bodong. Inilah Ciri-Cirinya...

4. Menjadi Drop Shipper

Siapa sih yang tidak pernah belanja online? Saya yakin hampir sebagian besar pengguna smartphone sudah pernah melakukan aktivitas pembelian barang maupun jasa secara online di marketplace.

Seiring pertumbuhan user platform jual-beli digital Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini dengan turut serta berjualan. Tak perlu memiliki produk sendiri, untuk mulai berjualan Anda bisa menekuni bisnis reseller atau dropshiper yang modalnya lebih kecil atau bahkan tanpa modal awal.

5. Membuat Kelas Belajar secara Online

Membuka kelas belajar secara online bisa menjadi opsi alternatif yang baik bagi para generasi milenial. Jadi, apabila saat ini Anda memiliki keahlian atau skill tertentu yang banyak dibutuhkan jangan ragu untuk membuka kelas online yang bisa diikuti oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Sebagai contoh, Anda merupakan seorang digital marketer yang ahli dalam bidang pemasaran. Maka Anda bisa membagi ilmu tersebut kepada perseorangan atau perusahaan yang saat ini semakin gencar menggenjot ranah digital.

Bisnis sampingan ini tentu bakal memberikan Anda kebebasan karena bisa dikerjakan secara part-time diluar kesibukan primer.

Baca Juga: Tips Membeli Perhiasan Emas Impian Anda

Itulah 5 ide bisnis sampingan yang coock untuk generasi milenial. Jika Anda seorang kaum milenial, manfaatkanlah waktu ilmu dan waktu yang Anda miliki untuk belajar berbisnis dan usaha meski dari modal yang kecil terlebih dahulu.

Untuk berita terkini mengenai investasi, usaha, keunangan, hingga emas, Anda dapat terus mengikuti perkembangan berita Sakumas di sini, karena kami setiap harinya memberikan berita yang terbaru dan terbaik!

Ilustrasi : Freepik.com