5 Tips Jitu Supaya Gaji Tidak Hanya Numpang Lewat di Rekening

5 Tips Jitu Supaya Gaji Tidak Hanya Numpang Lewat di Rekening

Posted By: Admin, 2022-06-10


  Share:


Sepertinya hampir semua pekerja paling setia nungguin hari keramat yang satu ini, ya. Rasanya kalau tiba tanggal gajian, hari itu dunia serasa indah dan kerja pun jadi berkali-kali lipat lebih semangat. Ya gak?

Baca Juga: Anti Drama, Tips Meminjamkan Uang ke Keluarga.

Tapi masalahnya momen membahagiakan ini biasanya gak bertahan lama. Uang gaji kerap kali cuma numpang lewat di rekening. Permisi pun jarang! Kalau sudah begitu, jadi pusing lagi sampai gajian selanjutnya datang deh.

Kalau #SobatSakumas termasuk yang mengalami hal ini, itu tandanya ada yang salah dengan cara Anda mengelola keuangan. Yuk mulai dibenahi dengan melakukan 5 langkah yang direkomendasikan brilio.net ini!

1.Membuat anggaran

Setiap karyawan pastinya mempunyai rencana masing-masing untuk  menghabiskan gaji yang telah diterima. Tapi penting bagi karyawan untuk memiliki anggaran, bahkan ini merupakan keharusan. Dengan begitu, anggaran dapat membuat pengeluaran lebih terkontrol.

Kalau memiliki utang, bayarlah terlebih dahulu supaya gak makin numpuk dan dilupakan. Sebaiknya sih memang hindari kebiasaan berutang berlebihan, karena hal ini sangat gak baik buat  keuangan Anda, dan bahkan bisa mempersulit di masa depan.

Setelah utang lunas, Anda bisa menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan alokasikan juga untuk ditabung. Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda juga bisa berinvestasi ke depannya.

2. Mengumpulkan slip gaji

Kumpulkan slip gaji pertama hingga bukti gaji saat ini untuk membaca kesalahan pada setiap pengeluaran dan pendapatan. Pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan, atau insentif serta pengeluaran.

Baca Juga: Baru Mau Investasi? Bisa Jadi Anda Butuh Manajer Invetasi

3. Mendahulukan bayar tagihan

Membuat prioritas dalam pengeluaran sangat penting untuk dilakukan. Dahulukan membayar tagihan-tagihan, seperti listrik, air, dan telepon. Jangan menunggu tagihan semakin membengkak atau malah mengutamakan kepuasan semata. Ini jauh lebih penting karena merupakan kebutuhan sehari-hari, bukan sekadar pemenuhan gaya hidup.

4. Dana untuk investasi dan asuransi

Salah satu cara agar uang gaji Anda gak numpang lewat adalah dengan memiliki dana investasi dan asuransi. Mulailah berpikir untuk memiliki investasi. Dengan begitu Anda sudah displin dalam menabung atau memiliki perencanaan keuangan yang baik untuk masa depan.

Asuransi juga bisa digunakan untuk melindungi Anda dari risiko buruk yang akan terjadi di masa depan baik risiko kesehatan maupun risiko keuangan. Tidak begitu sulit untuk mengelola keuangan dari gaji bulanan Anda, bukan?

5. Tabungan dan darurat

Kembali ke masa kanak-kanak dulu, kita diajarkan menabung dengan menggunakan celengan. Tak ada salahnya menerapkan hal ini kembali. Ini bisa membantu untuk pengeluaran yang mendadak. Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji lalu simpan di celengan atau rekening bank khusus untuk menabung. Usahakan untuk tidak memakai uang tersebut atau tergoda untuk melakukan penarikan uang.

Baca Juga: Simak 4 Peluang Usaha yang Cocok Dilakukan Saat Libur Sekolah!


Nah, sekarang sudah tahu dong gimana caranya mempertahankan gaji Anda sampai akhir bulan? Jadi jangan cuma nunggu-nunggu tanggal gajian, ya. Bekerjalah dengan lebih giat, agar penghasilan #SobatSakuams pun bisa bertambah!


Ilustrasi : https://www.pexels.com/photo/confident-senior-businessman-holding-money-in-hands-while-sitting-at-table-near-laptop-3823493/