Simak 4 Peluang Usaha yang Cocok Dilakukan Saat Libur Sekolah!

Simak 4 Peluang Usaha yang Cocok Dilakukan Saat Libur Sekolah!

Posted By: Admin, 2022-06-03


  Share:


Selain bisa dimanfaatkan oleh murid-murid sekolah untuk bersantai sejenak bersama keluarga dan juga teman, momen libur sekolah ini juga bisa memberikan Anda peluang usaha yang cukup banyak, loh! Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ada peluang usaha saat libur sekolah? Jawabannya tentu saja ada!

Meskipun tidak mudah membuat usaha baru, namun tidak ada salahnya Anda mencoba memanfaatkan momen libur sekolah sebagai ajang mencari cuan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha saat libur sekolah, simak apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan 4 peluang usaha yang bisa Anda lakukan untuk mencari cuan saat libur sekolah!

Keuntungan Memulai Usaha Saat Libur Sekolah

Saat Anda memutuskan untuk memulai usaha saat libur sekolah, maka ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan, loh. Antara lain:

1. Mudah disesuaikan

Anda tidak perlu khawatir, karena saat libur sekolah Anda bisa menyesuaikan ingin memulai usaha apa tergantung dengan kebutuhan dari pelanggan sekitar Anda. Sebagai contoh, jika Anda tinggal di lingkungan yang dekat dengan tempat liburan yang cenderung ramai ketika libur sekolah, maka Anda bisa mencoba membuka usaha penginapan atau villa keluarga.

Sama hal nya jika Anda tinggal di lingkungan yang dekat pantai yang ramai, maka tidak ada salahnya Anda mencoba peluang usaha tempat makan seafood atau toilet berbayar. Menarik bukan?

2. Tidak memerlukan modal yang relatif besar.

Memulai usaha saat libur sekolah tidak akan memerlukan modal yang relatif besar karena hal tersebut tergantung dengan kemampuan Anda. Jika Anda tinggal di dekat tempat hiburan seperti Dufan dan ingin memulai usaha, maka Anda bisa mencoba peluang usaha menjualkan topi dan aksesoris beralaskan meja kecil di depan pintu masuk.

4 Peluang Usaha yang Bisa Anda Coba Saat Libur Sekolah

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen libur sekolah untuk mencari cuan, Anda bisa coba praktikkan 4 peluang usaha di bawah ini, yaitu:

1. Usaha makanan atau kedai

Tempat hiburan dan juga penginapan biasanya sangat ramai saat momen libur sekolah tiba. Sehingga selain membawa keberuntungan untuk mereka, ramainya pengunjung yang datang juga membuat wilayah sekitarnya pasti ikut terkena rezekinya

Jika Anda memiliki hobi memasak, maka tidak ada salahnya Anda membuka restoran ataupun kedai makanan yang sederhana. Buatlah menu yang beragam dan jangan mematok harga yang mahal agar konsumen tetap kembali ke tempat Anda saat berlibur lagi.

2. Penitipan hewan atau pet hotel

Saat libur sekolah tiba, tidak sedikit orang-orang yang ingin berlibur selama beberapa hari namun bingung bagaimana nasib hewan peliharaan mereka. Jika Anda memiliki tempat yang luas dan terbiasa mengurus hewan, maka Anda bisa lho membuat usaha penitipan hewan saat libur sekolah.

Umumnya untuk penitipan kucing saat libur sekolah, Anda bisa mematok harga hingga Rp50.000/ekor/harinya. Tentunya angka yang sangat fantastis bukan? Jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan dan kenyamanan dari setiap hewan tersebut yaa agar mereka bisa tetap sehat sampai nanti diambil kembali oleh konsumen Anda.

3. Jualan aksesoris dan oleh-oleh khas daerah setempat

Bagi Anda yang senang mengoleksi dan juga kreatif, Anda bisa lho mencoba peluang usaha dari menjual aksesoris dan oleh-oleh setempat. Sebagai contoh, jika Anda tinggal di dekat pantai, maka Anda bisa mencoba memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar Anda seperti pasir pantai dan cangkang kerang menjadi sesuatu yang unik, loh.

Konsumen biasanya pasti akan mencari aksesoris atau oleh-oleh dari tempat sekitar untuk dijadikan souvenir. Sehingga Anda bisa memanfaatkan kreatifitas yang Anda miliki untuk membuat produk yang lucu dan menggemaskan agar laku dibeli konsumen.

4. Rental PS

Libur sekolah adalah momen yang banyak dinantikan oleh banyak siswa-siswi untuk bermain bersama teman-temannya. Salah satu hal yang tak akan pernah mati adalah bermain game PS atau playstation. Biasanya saat musim libur sekolah, banyak orang yang akan menyewa PS untuk dimainkan bersama teman-teman dan keluarga.

Saat ini yang cukup terkenal adalah PS 3,4, dan 5. Umumnya harga sewa PS 4 saat musim libur sekolah bisa mencapai lebih dari Rp100.000 per harinya. Bayangkan jika Anda memiliki 5 PS 4, maka omzet yang Anda dapatkan saat libur sekolah bisa mencapai Rp500.000 lebih lho! Sehingga rental PS adalah usaha yang tidak boleh Anda remehkan hanya karena sebuah game.

Nah, itu dia penjelasan dari keuntungan memulai usaha saat libur sekolah dan 4 jenis peluang usaha yang bisa Anda coba praktikkan. Sebelum #SobatSakumas memulai usaha ini, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu yaa baik itu dari lokasi Anda tinggal sekarang, berapa modal yang Anda miliki, dan juga mengetahui dimana kemampuan Anda.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mulai memikirkan usaha apa yang sekiranya bisa Anda coba dan memiliki peluang keberhasilan paling tinggi. Jadi peluang usaha apa yang ingin #SobatSakumas coba sekarang?

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/KrfID_ZQxWs