Mulai Merasa Lesu? Ini 5 Cara Agar Tetap Produktif Bekerja!

Mulai Merasa Lesu? Ini 5 Cara Agar Tetap Produktif Bekerja!

Posted By: Admin, 2022-05-28


  Share:


Dalam bekerja, seringkali kita merasa begitu cepat sekali waktu berlalu, sedangkan masih banyak pekerjaan kita yang masih belum terselesaikan. Hal ini bisa jadi dikarenakan tingginya tingkat pekerjaan yang harus di selesaikan namun produktivitas kerja yang belum optimal. 

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 5 Mitos Investasi Emas yang Sering Menyesatkan!

Produktifitas kerja adalah suatu ukuran perbandingan kualitas pekerjaan dan kuantitas pekerjaan dari seorang karyawan dalam satuan waktu untuk mencapai hasil atau prestasi kerja yang efektif dan efisien dengan sumber daya yang ada dan digunakan.

Produktifitas kerja yang optimal adalah bagaimana kita memiliki manajemen waktu yang baik dan efektif. Apabila kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, tentunya kita tidak akan mendapatkan tujuan yang direncanakan.

Jika Anda ingin mencapai tujuan, cobalah untuk mengatur manajemen waktu yang dimiliki menjadi lebih efektif. Dengan memiliki produktifitas yang optimal, Anda dapat menjadi seorang karyawan yang lebih baik dengan produktifitas yang optimal.

Berikut adalah beberapa tips cara bekerja agar lebih produktif:

1.Tetapkan tujuan dengan jelas

Untuk menjadi lebih produktif, tetapkan tujuan dengan jelas dengan menerapkan metode SMART (S-Specific, M-Measurable, A-Attainable, R-Relevant, T-Timely). Dengan menetapkan tujuan yang jelas, hal ini akan membuat Anda memahami dengan jelas, mengapa Anda harus mencapai tujuan yang telah di rencanakan atau yang telah dibuat.

2. Mempunyai sistem manajemen waktu yang baik

Salah satu cara mengatur waktu yang baik adalah mempunyai sistem yang tepat untuk mengatur manajemen waktu bekerja. Sistem manajemen waktu yang paling efektif adalah dengan menggunakan sistem kuadran.

Dengan menerapkan sistem kuadran, Anda dapat membagi aktivitas menjadi empat bagian kuadran berdasarkan kepentingannya. Kuadran yang paling pertama adalah dimulai dari hal yang sangat penting, mendesak dan menjadi skala prioritas, kemudian kuaran kedua dilanjutkan dengan hal yang penting, namun tidak mendesak.

Kuadran ketiga adalah melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting, akan tetapi harus dilakukan. Dan kuadran keempat yaitu melakukan hal-hal yang menjadi keiginan namun tidak penting.

Baca Juga: Tips Menabung Untuk Beli Rumah Sendiri

3. Buat to-do-list pekerjaan

Membuat to-do-list pekerjaan per hari akan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih terencana dan terprogram. Dengan membuat to-do-list, kita tidak perlu bingung pekerjaan apa yang harus kita kerjakan terlebih dahulu dan harus diselesaikan di hari itu. Susun to-do-list berdasarkan prioritas list pekerjaan. Periksa mana pekerjaan atau kegiatan yang harus Anda selesaikan lebih awal, sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih teratur dan terencana.

4. Atur tenggat waktu

Dalam membuat to-do-list, Anda perlu juga menentukan tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap list pekerjaan. Dengan membuat tenggat waktu, Anda dapat bekerja dengan fokus dan dapat menghindari distraksi. Apabila Anda tidak membuat tenggat waktu pada to-do-list, akan membuat waktu kerja Anda menjadi mundur dan waktu Anda akan habis untuk menyelesaikan satu pekerjaan saja, sedangkan pekerjaan lainnya masih belum terlesaikan.

5. Hindari hal yang mendistraksi

Salah satu cara bekerja lebih produktif adalah menghindari hal-hal yang membuat distraksi atau dapat mengganggu fokus, seperti bermain sosial media, bermain game online di ponsel, membuka online shop. Anda dapat melakukan hal-hal tersebut diatas, pada saat jam istirahat, agar Anda tetap fokus mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan Anda.


Baca Juga: Bingung Memilih Mitra Usaha yang Tepat? Ini 7 Cara Ampuh!


Setelah mengetahui beberapa tips cara bekerja lebih produktif, Anda dapat mulai mempraktekan tips mana yang lebih sesuai dan efektif untuk Anda, agar produktifitas Anda meningkat dan membantu Anda mencapai kesuksesan serta membantu kemajuan karier Anda!