Tips Menabung Untuk Beli Rumah Sendiri

Tips Menabung Untuk Beli Rumah Sendiri

Posted By: Admin, 2022-05-19


  Share:


Membeli rumah bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, banyak pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun menikah namun belum memiliki rumah karena harga yang semakin tinggi. Oleh karena itu, menabung menjadi solusi yang sangat tepat dan dibutuhkan komitmen untuk hal tersebut. 

Cara menabung untuk beli rumah memang sangat penting dipahami sejak usia muda. Pasalnya, rumah juga menjadi salah satu investasi yang jika diamati memiliki pertambahan nilai yang signifikan setiap tahunnya.

Namun, seringkali orang bingung bagaimana cara menabung untuk beli rumah yang efektif. Karena itu, kali ini Sakumas mau kasih tips nih mengenai cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu terapkan. Berikut ulasannya.

Menyusun Keuangan Secara Rinci

Pada dasarnya setiap orang perlu mencatat keluar dan masuknya uang. Dengan mencatat setiap penghasilan dan pengeluaran, Kamu bisa melakukan manajemen keuangan lebih baik. Selain itu juga bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang sudah dan belum terpenuhi.

Adanya rincian keuangan memudahkan siapapun untuk menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan bulanannya. Cara ini akan membantumu melakukan introspeksi diri, apakah uang yang telah dikeluarkan benar-benar digunakan untuk hal yang penting.

Menabung Sejak Awal Bulan Ataupun Gajian

Cara menabung untuk beli rumah pertama yang bisa kamu lakukan yakni menabung saat gajian. Jika sudah menerima gaji, kamu wajib memisahkan sebagian uangnya untuk ditabung. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan skema menabung 20?ri gaji.

Tetapkan Target Dalam Menabung

Selain itu tentukan juga target tabunganmu. Mulai dari target menabung mingguan, harian, hingga bulanan, harus dilakukan secara konsisten. Hal ini tentunya akan membuat kamu memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan.

Membuat Rekening Khusus

Bagi yang sering bingung untuk menyisihkan uang reguler dan uang tabungan, cara menabung untuk beli rumah kali ini akan sangat efektif. Sebagai solusi dari masalah tersebut, cobalah membuat satu rekening baru khusus untuk menabung.

Diamkan rekening tersebut hingga semua uangnya terkumpul. Dengan begitu kamu gak perlu repot-repot lagi untuk menyisihkan uang tabungan dalam satu rekening. Hal ini juga bisa menghindarkan kamu memakai uang untuk hal yang tidak diperlukan.

Usahakan Menghindari Hutang Lagi

Jika sudah berniat ingin cara menabung untuk beli rumah berhasil, sebaiknya kamu menghindari hutang lagi. Berhutang lagi hanya akan membuat tanggungan bertambah dan menjadi tidak fokus menabung untuk satu tujuan.

Pastikan kamu telah melunasi semua hutang sebelum mulai untuk menabung rumah. Banyaknya hutang akan menghambat target tabungan tercapai, yang berarti keinginan untuk segera mendapat rumah impian juga harus tertunda.

Hidup Hemat 

Belanja adalah salah satu kegiatan yang bisa dibilang paling banyak menyita uang. Jika dihitung-hitung, sebagian besar pendapatan kita mengarah pada kegiatan tersebut. Maka dari itu, agar bisa mencapai target tabungan, pastikan kamu telah berbelanja dengan bijak.

Tanamkan pada diri sendiri untuk membeli hal-hal yang penting. Mungkin akan lebih baik jika kamu telah mematok besaran dana belanja, dengan begitu uang yang dikeluarkan untuk belanja tidak berlebihan.

Mulai Berinvestasi

Saat ini investasi telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Kegiatan yang satu ini dinilai bisa memberikan keuntungan besar di masa depan. Untuk itu, investasi juga bisa menjadi cara menabung untuk beli rumah yang efektif.

Daripada mendiamkan uang tabungan di dalam rekening, kamu bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Gunakan Sakumas untuk berinvestasi emas. Cara menabung untuk beli rumah dengan berinvestasi akan memberikan profit tambahan bagi kamu.

Nah, itulah sejumlah tips dan cara menabung bagi kamu yang ingin segera memiliki rumah. Semoga bermanfaat.


Photo by Tierra Mallorca on Unsplash