Bingung Memilih Mitra Usaha yang Tepat? Ini 7 Cara Ampuh!

Bingung Memilih Mitra Usaha yang Tepat? Ini 7 Cara Ampuh!

Posted By: Admin, 2022-05-18


  Share:


Dalam memulai usaha, selain modal, ada lagi hal lain yang sebaiknya Anda perhatikan. Salah satunya adalah memiliki partner, rekan, atau mitra usaha yang tepat—terutama bagi Anda yang memang menjalankan usaha dengan model kemitraan. Mitra usaha bisa menjadi kunci penting dalam kesuksesan bisnis Anda.

Apa Itu Mitra Usaha?

Mitra usaha adalah individu atau organisasi yang saling bekerjasama dalam aktivitas bisnis. Misalnya Anda dan satu mitra Anda, atau bahkan bersama beberapa mitra lainnya, saling terlibat dalam menjalankan suatu usaha, untuk mendapatkan keuntungan.

Istilah mitra usaha ini juga bisa dipakai untuk dua perusahaan atau lebih, yang menjalin kerja sama dalam waktu yang telah ditentukan. Seperti hubungan antara perusahaan dengan supplier bahan baku.

Apa Tujuan Memilih Mitra Usaha?

Ada banyak tujuan yang biasanya ingin dicapai perusahaan, saat menjalin hubungan dengan mitra usaha. Adapun tujuan tersebut diantaranya berikut ini:

1.Bisnis dapat berkembang

Menjalin kerja sama usaha atau kemitraan dengan perusahaan besar, tentu saja akan lebih menguntungkan. Apalagi bagi perusahaan yang mungkin baru berdiri atau baru berkembang. Melalui kerja sama yang dijalankan, diharapkan perusahaan kecil bisa berkembang agar menjadi semakin besar.

Selain keuntungan laba yang diharapkan lebih besar, tentu saja Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa perluasan jaringan atau usaha. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan besar, untuk menambah omzet melalui kerja sama. Karena perusahaan besar dapat terbantu oleh adanya upaya perusahaan startup atau perusahaan kecil yang lebih lincah melakukan operasional bisnis.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Melalui kerjasama kemitraan, suatu perusahaan akan bepotensi mencapai tujuan perusahaan lebih optimal, dan berdampak pada pertumbuhan bisnis.

Sebenarnya pertumbuhan bisnis itu sendiri ditentukan dari kemampuan pebisnis untuk mengelola bisnisnya. Melalui kemampuan wirausaha itulah, pemilik bisnis bisa melakukan berbagai upaya untuk lebih mengembangkan usahanya agar bisnis terus tumbuh.

Mempunyai partner bisnis yang tepat juga dapat menjadikan perusahaan tetap berkembang dan tumbuh. Mempunyai mitra bisnis dengan ketrampilan yang berbeda dapat menjadi pondasi untuk bisnis tetap tumbuh dan berkembang.

3. Memperluas Networking

Dengan mempunyai mitra bisnis tentunya akan menambah luas networking atau hubungan sosial dengan pihak lain. Walaupun hubungan yang biasanya dijalin dari hasil mitra usaha bertujuan untuk kebutuhan finansial atau ekonomi, namun dengan menjalin kerja sama mitra usaha juga bisa menciptakan sebuah hubungan sosial dengan baik bersama perusahaan lain.

Jadi tidak semuanya dilakukan hanya berdasarkan tujuan ekonomi semata, melainkan juga dapat menjalin hubungan sosial atau kemanusiaan. Misalnya jalinan hubungan bersama perusahaan kecil juga dapat dilakukan perusahaan terkenal atau perusahaan besar dengan tujuan agar dapat membantu perusahaan tersebut. Dengan demikian, ikatan hubungan sosial pada keduanya akan berjalan baik.

Bagaimana Cara Memilih Mitra Usaha yang Baik?

Karena kerjasama kemitraan akan berpengaruh besar bagi pertumbuhan perusahaan, tentu saja memilih mitra usaha harus dilakukan dengan benar-benar selektif. Jika Anda ingin memilih mitra bisnis yang baik, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1.Mempunyai Passion yang Sama

Jika Anda memilih mitra usaha yang mempunyai passion sama, ada peluang mitra tersebut juga memiliki visi yang sama. Dengan mempunyai passion dan visi yang sama, hal ini bisa membantu menghindarkan perusahaan Anda dari berbagai hal buruk ketika kemitraan sedang berjalan.

Misalnya, Anda ingin membuka sebuah restoran, carilah mitra bisnis yang mempunyai passion dalam bidang kuliner, agar restoran yang Anda jalankan tak berhenti begitu saja di tengah jalan.

2. Memiliki Kapabilitas

Dalam memilih mitra bisnis, akan lebih bijak jika memilih mitra usaha yang mempunyai keterampilan yang berbeda dengan Anda. Kapabilitas atau ketrampilan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, selain itu kapabilitas yang berbeda dengan kita dapat menutupi kekurangan yang ada pada diri Anda.

Bisnis akan berpotensi mencapai kesuksesan lebih banyak jika memilih mitra yang mempunyai keterampilan atau skill yang tidak Anda kuasai dibandingkan memilih partner bisnis yang mempunyai banyak kesamaan skill dengan Anda.

3. Mengutamakan Kejujuran

Untuk mendapatkan keuntungan kadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam rentang waktu ini, Anda perlu mempunyai mitra bisnis yang jujur dalam menjalankan usaha bersama.

Rekan bisnis tidaklah untuk sesaat, namun untuk jangka Panjang, sehingga faktor kejujuran merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Mengingat hal ini dapat mempengaruhi jalan bisnis Anda.

Selain itu, jujur tidak hanya dalam urusan finansial saja tetapi juga keterbukaan antara pihak yang satu dengan yang lain. Dengan semakin terbuka, tentu saja hubungan Anda dan mitra bisnis menjadi lebih baik.

4. Memiliki Hubungan yang Luas

Apabila Anda tertarik meningkatkan skala usaha Anda, maka Anda harus mempunyai akses ke dalam jaringan yang luas untuk klien potensial, influencer industri dan investor. Apabila lingkaran profesional atau sosial Anda lebih kecil dibanding yang diharapkan, tentu saja menemukan mitra usaha yang mempunyai hubungan yang luas dan terhubung baik menjadi langkah yang cerdas.

5. Temukan Teman yang Juga Tertarik Berbisnis Bersama

Menjalin kemitraan bersama teman merupakan cara yang seringkali digunakan banyak orang untuk mencari partner bisnis. Adapun salah satu keuntungan utamanya adalah mempunyai tingkat kepercayaan dengan jalinan komunikasi yang lebih baik, dan tentunya memiliki kepribadian yang tak jauh berbeda dengan Anda.

6. Membentuk Kemitraan Bisnis Bersama Anggota Keluarga

Menjalin mitra bisnis bersama anggota keluarga tak jauh berbeda dengan menjalin kemitraan bersama teman. Walaupun hal tersebut memberikan tantangan yang sama karena bisa berpengaruh pada hubungan pribadi, justru beberapa bisnis yang memiliki tingkat kesuksesan tinggi ialah bisnis keluarga.

Di samping mempunyai tingkat kepercayaan tinggi, keuntungan lainnya ialah kerabat biasanya mempunyai filosofi, pendidikan dan tradisi yang sama. Maka dari itu, kemungkinan besar anggota keluarga/kerabat juga mempunyai etos kerja dan kepribadian yang tak jauh berbeda.

7. Mencari Mitra Bisnis di Acara Training Terkait Industri dan Bisnis

Walaupun acara training bisa mengajari Anda mengelola sekaligus meningkatkan keterampilan bisnis terkait bidang yang Anda geluti, ternyata keuntungan lainnya ialah tak menutup kemungkinan, Anda akan bertemu calon mitra kerja yang ingin berbisnis di bidang yang sama.

Menghadiri acara pelatihan terkait bisnis ini akan mempermudah Anda bertemu dengan orang yang juga mungkin mencari mitra bisnis.

Selain hal-hal di atas, sebelum Anda menandatangani dokumen perjanjian yang mengikat, penting sekali memahami segala aspek kemitraan bisnis dengan benar. Umumnya jauh lebih gampang untuk menentukan wewenang dan tanggung jawab dari tiap-tiap mitra usaha sebelumnya, dibandingkan bernegosiasi saat terjadi masalah di masa mendatang.


Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/g1Kr4Ozfoac