Ini Cara Tepat dan Tepat Mengatasi Overthinking!

Ini Cara Tepat dan Tepat Mengatasi Overthinking!

Posted By: Admin, 2022-06-07


  Share:


Anda termasuk orang yang overthinking alias memikirkan segala sesuatu secara berlebihan? Di satu sisi, overthinking mungkin baik karena Anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Namun, di sisi lain, perilaku itu dapat merugikan. Bagaimana sih cara mengatasi overthinking?

Baca Juga: 5 Tips Meminjamkan Uang ke Keluarga, Terapkan Hal Ini!

Pada kondisi yang ringan, overthinking akan terasa mengganggu dan dapat menghalangi kemajuan dalam proses yang sedang dijalani. Pada kondisi ekstrem, overthinking dapat menyebabkan stres bahkan gangguan kecemasan. 

Atas dasar itu, overthinking tidak bisa dibiarkan terjadi berkelanjutan. Kondisi ini mesti segera diatasi agar tidak terus-menerus menyebabkan kerugian bagi kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi overthinking dengan efektif!

1. Selesaikan Urusan yang Mudah Terlebih Dahulu

Urutkan pekerjaan dan permasalahan dari yang paling ringan hingga berat. Hal ini bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan tidak tertahan terlalu lama di pekerjaan yang sulit. Mengerjakan hal yang ringan terlebih dahulu akan memberi sensasi kesuksesan yang membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

2. Pasang Target

Anda boleh saja overthinking , dengan syarat hanya untuk hal-hal yang memang bisa diselesaikan. Hindari overthinking untuk hal-hal yang tidak dapat Anda selesaikan. Sadarlah bahwa Anda adalah manusia yang memiliki kemampuan sangat terbatas, sehingga tidak mampu menyelesaikan hal-hal yang memang di luar kuasa.

3. Alihkan Perhatian Anda

Buat diri Anda sibuk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti melakukan hobi atau olahraga secara rutin. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia, sekaligus dapat dijadikan media untuk “membuang” energi dengan tidak percuma. 

Pasalnya, saat tubuh lelah usai melakukan hobi atau olahraga, Anda sudah tidak lagi memiliki energi untuk overthinking. Alhasil, Anda bisa beristirahat dengan nyaman. 

Baca Juga: 7 Rahasia Sukses Membangun Bisnis dari Awal

4. Meditasi

Meditasi terbukti menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi overthinking. Supaya manfaatnya benar-benar optimal, lakukan meditasi di tempat yang gelap dan tenang. Atur napas dengan baik, dan usahakan untuk membuat tubuh serta pikiran tetap rileks.

5. Akui Kesuksesan Anda

Saat Anda berada di tengah-tengah pemikiran berlebihan, segera berhenti dan keluarkan buku catatan atau aplikasi notes favorit di ponsel. Catat lima hal yang telah berjalan selama seminggu terakhir dan peran Anda di dalamnya. Tidak perlu khawatir, bahkan pencapaian sekecil apa pun tetap dinilai sebagai “sukses” bagi diri Anda.

Ketika melihat pencapaian tersebut di atas kertas atau layar, Anda mungkin akan terkejut bagaimana hal-hal kecil itu sangat berpengaruh bagi orang sekitar maupun diri sendiri. Jika terasa membantu, lihat kembali daftar ini ketika pikiran Anda bergejolak.

6. Ambil Tindakan

Terkadang, Anda mungkin mengulangi pemikiran yang sama berulang kali karena tidak mengambil tindakan konkret tentang situasi tertentu. 

Karena itu, agar tidak overthinking melulu, cobalah untuk fokus memikirkan solusi dan tindakan yang harus Anda lakukan. Jangan pedulikan hasil, yang penting Anda telah mencobanya sekuat tenaga.

7. Rangkul Rasa Takut

Terdapat beberapa hal yang pada dasarnya memang di luar kendali Anda. Mempelajari cara menerima kondisi tersebut bisa sangat membantu dalam mengekang pemikiran yang berlebihan. 

Tidak perlu terburu-buru. Lakukanlah secara bertahap dan berproses, agar beban pikiran Anda tidak malah bertambah dan memperburuk overthinking yang sebelumnya.

Baca Juga: Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Mulai dari Mana?

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan kebiasaan overthinking. Semoga dengan menjadi tahu cara tepat mengatasi overthinking, Anda jadi bisa mengatasinya, terlebih jika itu sudah berhubungan dengan produktifitas Anda dalam bekerja atau berbisnis.


Ilustrasi : https://www.pexels.com/photo/man-in-white-shirt-using-macbook-pro-52608/