Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Mulai dari Mana?

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Mulai dari Mana?

Posted By: Admin, 2022-05-24


  Share:


Bagi kamu yang ingin memiliki banyak teman maka perlu paham tips menjadi pribadi yang baik. Sebab dengan memiliki kepribadian yang baik maka kamu bisa disukai oleh siapa saja. Dimanapun kamu berada kemudian akan selalu memiliki teman yang baik, sehingga tidak pernah merasa sepi sekaligus jauh dari stres.

Pernah mendengar ujar-ujaran yang menyebutkan, “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”?

Ujar-ujaran tersebut menunjukkan bahwa setiap manusia harus selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Mungkin banyak yang sudah paham maksud ujar-ujaran tersebut. Tapi, bisa jadi tidak banyak yang tahu caranya menjadi orang yang lebih baik. Sehingga keinginan untuk lebih baik pun menjadi terhambat.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, simak tips berikut:

Jangan Membuat Alasan

Saat kamu merasakan ada ketidakbahagiaan dalam hidup, jangan pernah menyalahkan orang lain. Jangan mencari dan membuat alasan bahwa kegagalan kamu adalah akibat adanya peran orang lain.

Lebih baik melihat kesalahan yang telah dilakukan dan belajar memperbaikinya. Saat kamu bisa memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan, artinya kamu sudah menjadi orang yang lebih baik. Kamu pun akan muncul sebagai orang yang lebih bahagia.

Jujur

Apa yang kamu rasakan ketika orang yang kamu percayai ternyata mengkhianatimu? Sakit sudah pasti bukan?

Jadi kamu pun tahu seberapa penting nilai-nilai kejujuran harus selalu ada di dalam dirimu.

Jadilah sosok yang jujur, menceritakan segala hal apa adanya tanpa ada tambahan atau pengurangan. Kejujuran akan membuat kamu menjadi orang yang lebih baik, baik di kehidupan pribadi maupun di tempat kerja.

Melatih Keterampilan dan Berusaha Meningkatkannya

Keterampilan yang meningkat akan membuatmu bisa melakukan pekerjaan dan tugas dengan lebih baik. Tidak perlu terburu-buru untuk meningkatkan keterampilan, kamu bisa melakukannya sedikit demi sedikit secara perlahan-lahan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan yaitu melalui pelatihan, seminar, workshop, atau dengan mengikuti pendidikan non-formal. 

Menikmati Semua Proses dalam Hidup

Perjalanan hidup ibarat perjalanan air dari sumber mata air di pegunungan sampai ke laut. Perjalanan ini naik turun dan melewati area-area yang terjal dan kadang sangat mulus. Hidup juga seperti ini, dan apapun proses yang tengah diperjuangkan untuk dilalui maka nikmati saja. Tidak ada yang abadi di dunia, bahkan penderita dan ujian hidup.

Tentukan Satu Tujuan Setiap Hari

Salah satu kebiasaan baik yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasikan hal penting yang perlu kamu capai setiap hari.

Kamu bisa menuliskan tujuan yang akan dicapai setiap hari, lalu di akhir hari lakukan evaluasi untuk mengetahui apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak. Cara seperti ini akan membantumu untuk selalu fokus menjadi pribadi yang lebih baik.

Mendengarkan, Membaca, dan Menonton Hal yang Membantu Kamu Tumbuh

Kamu bisa mendengarkan siaran radio, menonton TV, atau membaca buku yang berhubungan dengan peningkatkan keterampilan. Cara seperti ini akan membantu kamu untuk terus bertumbuh di masa depan.

Jika kamu tidak suka membaca buku, maka ada pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan. Mendengarkan podcast merupakan salah satu langkah terbaik untuk menambah pengetahuan di waktu senggang.

Konsisten dengan Tujuan Hidup yang Dimiliki

Tips menjadi pribadi yang baik juga tidak terlepas dari konsistensi. Sebab orang yang tujuan hidupnya terus berubah-ubah akan sulit untuk bahagia dan menikmati hidup. Setiap orang tentu wajib punya target dan tujuan sebagai penyemangat untuk terus berkarya dan produktif.

Oleh sebab itu usahakan konsisten, karena pencapaian tujuan adalah prestasi yang berdampak baik bagi psikis. Selain itu bisa membantu memiliki pikiran positif, yang tentu akan berdampak baik bagi hubungan sosial. Jadi, sudahkah menetapkan tujuan untuk bulan ini atau tahun ini?


Foto by freepik