Harga Emas Dunia Mengalami Kenaikan, Apa Penyebabnya?

Harga Emas Dunia Mengalami Kenaikan, Apa Penyebabnya?

Posted By: Admin, 2021-12-13


  Share:


Emas merupakan salah satu aset investasi yang banyak digemari dan terkenal sejak dahulu oleh masyarakat Indonesia, yang selalu mengalami kenaikan dan penurunan harga emas setiap harinya. Kali ini, penyebab kenaikan harga emas dunia adalah data inflasi.

Baca Juga: Berpotensi Untung Besar, 5 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Cocok untuk Kaum Milenial

Inflasi menurut Badan Pusat Statistik atau yang disingkat dengan BPS, keadaan perekonomian negara di mana ada kecenderungan kenaikan harga-harga dan jasa dalam waktu panjang. Singkatnya kebutuhan barang-barang pokok mengalami kenaikan.

Lalu, mengapa data inflasi Amerika Serikat (AS) dapat membuat harga emas dunia naik?

Kenaikan Harga Emas Dunia


Sumber:  www.tradingview.com

Sebelumnya, selama 4,5 bulan harga emas dunia mengalami sideways. Namun, pada grafik diatas dapat menunjukkan kondisi harga emas dunia yang kembali mengalami kenaikan cukup tinggi dan telah menyentuh US$ 1.864/troy ons.

Selama seminggu harga emas dunia sudah berhasil naik hingga 5%. Ini menandakan bahwa harga emas dunia menjadi alternatif investasi para investor dengan kondisi saat ini. 

Sebelumnya, harga emas dunia telah naik akibat negara AS yang mengumumkan akan melakukan tapering pada akhir tahun ini. Lalu, kekuatan kenaikan harga emas dunia ditambah akibat data inflasi AS.

Baca Juga: Varian Omicron Muncul, Harga Emas Antam Naik Rp 6.000 per Gram

Data Inflasi AS


Sumber: id.tradingeconomics.com

Bulan Oktober, data inflasi AS menunjukan kenaikan yang tinggi. Kondisi ini tentu saja membuat para investor segera mengalihkan aset risiko ke aset yang minim resiko seperti emas.

Akibatnya, permintaan harga emas dunia naik dalam waktu singkat membuat harga emas dunia kembali menguat. Menyimpan emas akan membantu menopang daya beli ketika inflasi tinggi, karena harga emas masih memiliki potensi naik.

Secara teknikal, harga emas dunia bergerak menuju US$ 1.900/troy ons. Kondisi inflasi yang tinggi ini tidak dapat langsung hilang dalam sekejap. Namun, harga emas mungkin akan terkoreksi karena dalam tujuh hari terus mengalami kenaikan.

Perlu diingat bahwa harga emas dunia akan mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Masih terdapat banyak rintangan sebelum emas akan kembali ke rekor sepanjang mas / All Time High yang sempat berada pada US$ 2.073/troy ons. 

Dua data yang wajib diperhatikan oleh investor terkait harga emas dunia adalah yang pertama data penjualan ritel dan kedua laporan produksi industri. 

Baca Juga: Harga Emas Naik dan Turun, Apa Penyebabnya?

Menurut #SobatSakumas, apakah kira-kira penyebab kenaikan harga emas dunia ini dapat kembali di harga tertingginya? Mari kita saksikan kondisi gold market kedepannya!

Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/golden-abacus-with-chinese-rmb-gold-coins-as-background_1167823.htm#page=1&query=gold and money&position=15&from_view=search