Berpotensi Untung Besar, 5 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Cocok untuk Kaum Milenial

Berpotensi Untung Besar, 5 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Cocok untuk Kaum Milenial

Posted By: Admin, 2021-11-29


  Share:


Seringkali, orang-orang berpikir bahwa jika ingin membuka sebuah bisnis, mereka harus memiliki dana yang banyak untuk memulainya.

Namun, seiring dengan perkembangan pola pikir manusia, banyak orang yang memulai bisnis modal kecil dan sekarang telah sukses meluncurkan bisnis mereka.

Sebagai contoh, Steve Jobs beserta partner-nya, Steve Wozniak, memulai perjalanan bisnis mereka dari dalam garasi orangtuanya.

Siapa sangka, sekarang hasil karyanya dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia. Hanya dengan bermodalkan garasi rumah untuk memulai bisnis, beliau mampu menggebrak gagasan baru sehingga bisnis kecilnya menjadi produk yang mendunia.

Di era globalisasi yang di mana teknologi sudah semakin canggih, semua hal yang sebelumnya mustahil dilakukan menjadi gampang.

Sebelumnya, seseorang harus mengirimkan surat yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa dibaca oleh penerima, sekarang kita sudah memiliki aplikasi-aplikasi yang memudahkan komunkasi serta bisa diakses dengan satu sentuhan.

Baca juga: Berkenalan Dengan Auto Trade Gold, Dari A - Z

Dengan kemajuan ini, semakin banyak kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar.

Terlebih untuk kaum milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi-teknologi handal sejak masa kecilnya. Nah, berikut ini adalah ide bisnis modal kecil untuk milenial.

1. Social Media Management

Ini dia ide bisnis modal kecil untuk milenial. Anda pasti sering menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Jika Anda adalah sosok yang internet savvy, ini adalah ide bisnis kecil yang cocok untuk Anda.

Perkembangan platform social media sangatlah pesat. Yang sebelumnya hanya sebagai media untuk bersosialisasi, sekarang social media bisa menjadi tempat berbisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Dengan menjalani bisnis social media management, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, Anda hanya memerlukan gadget Anda seperti handphone dan laptop, serta kreatifitas Anda dalam bersosial media.

Beberapa bisnis kecil di social media terkadang membutuhkan seseorang yang bisa menangani akun social media mereka untuk kebutuhan marketing.

Tidak hanya bisnis kecil saja, hampir semua brand besar membutuhkan hal yang sama. Jika Anda mempunyai waktu yang luang, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang social media management dengan melakukan riset online, atau mengambil online courses untuk menambah ilmu Anda.

2. Fotografi

Bagi Anda yang memiliki passion di bidang fotografi, Anda bisa membuka bisnis fotografi. Sekarang, banyak yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk suatu pekerjaan mereka, bisnis mereka, atau pun untuk mengambil foto pribadi seperti foto keluarga.

Dengan bermodalkan kamera pribadi dan insting estetika fotografi, Anda bisa menjadi salah satu fotografer yang handal. Mulailah dengan membuat portfolio dengan beberapa objek yang memang menjadi fokus bisnis fotografi Anda nantinya.

Baca juga: Bisa Via Online, 3 Cara Beli Emas Antam Logam Mulia Ini Cocok untuk Investasi!

Misalnya, jika Anda ingin membuka jasa fotografi makanan, maka Anda bisa memulai mengambil objek foto makanan dari beberapa angle.

Kemudian, upload di social media Anda sebagai salah satu wadah hasil karya Anda. Siapa tahu restoran-restoran akan mulai menghubungi dan menggunakan jasa Anda.

3. Membuka Thrift Shop

Siapa bilang barang bekas itu kualitasnya jelek? Coba Anda lihat di sekeliling Anda, apakah ada barang yang masih bagus tapi tidak pernah dipakai atau jarang digunakan?

Seperti pepatah, “One man’s trash is another man’s treasure”, barang-barang yang tidak Anda gunakan lagi bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi orang lain.

Thrift shop adalah sebutan lain untuk toko barang bekas, di mana biasanya orang mencari barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan aslinya. Di negeri Paman Sam, Amerika Serikat sudah banyak orang yang secara terbuka berbelanja di thrift store.

Tidak kalah dengan orang AS, masyarakat Indonesia pun sudah banyak yang sering berbelanja barang bekas di thrift shop.

Jika Anda ingin membuka usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Anda hanya perlu mencari barang yang kira-kira sudah jarang terpakai kemudian menjualnya di internet atau memanfaatkan media sosial.

Namun ingat, Anda harus menjamin bahwa kualitas barang bekas yang Anda jual masih bagus, jika sudah tidak layak digunakan para pembeli tidak akan tertarik membeli barang Anda.

Pastikan juga Anda memberikan harga yang lebih murah dibandingkan harga aslinya di toko-toko umum karena itulah yang menjadi daya tarik dari thrift shop sendiri.

4. Usaha Laundry

Di jaman sekarang, semua orang selalu beraktifitas dengan cepat dan seringkali mereka tidak mempunyai waktu untuk mengurus baju kotor mereka. Jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, Anda bisa memulai untuk usaha laundry.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk listrik, sabun cuci baju, beserta pewangi baju, dan Anda sudah siap menjalani bisnis modal kecil ini. Namun, Anda harus sangat berhati-hati dalam menjalani usaha ini.

Tidak jarang beberapa baju yang Anda akan terima memiliki treatment yang spesial. Supaya tidak salah, ada baiknya untuk selalu menanyakan jika ada baju yang harus memiliki treatment yang berbeda setiap Anda menerima orderan dari pelanggan Anda.

5. Personal Chef

Apakah Anda punya hobi memasak? Atau memang Anda adalah salah satu orang yang punya passion di bidang kuliner?

Kalau jawaban Anda adalah iya, maka bisnis modal kecil untuk milenial ini adalah pilihan yang tepat buat Anda. Beda dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga, Anda biasanya akan direkrut oleh orang tertentu untuk menyiapkan hidangan spesial acara tertentu.

Mulai dari acara barbecue, family gathering, acara ulang tahun, atau pun keperluan pribadi yang lain.

Untuk modal, Anda bisa memberikan total budget dari bahan-bahan yang akan Anda gunakan kepada klien Anda dan mereka yang akan menyediakan uangnya nanti.

Jadi, dengan usaha ini Anda hanya perlu menyediakan cooking skills Anda dan tentunya cita rasa yang tinggi terhadap makanan.

Baca Juga: Terbaik dan Teraman, 4 Aplikasi Untuk Investasi Saham Ini Cocok Untuk Pemula!

Itulah 5 ide bisnis modal kecil yang cocok untuk kaum milenial. Selain itu, cocok pula karena berpotensi untung besar. Jika Anda ingin terus mengetahui perkembangan berita mengenai keuangan, bisnis, investasi, hingga emas, terus ikuti kami di sini, karena kami Sakumas akan memberikan berita baru setiap harinya!

ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/young-muslim-businesswoman-check-product-purchase-order-stock-save-tablet-computer-work-home-office_15113063.htm#page=1&query=business at home&position=7&from_view=search