Cara Menabung yang Benar Agar Bisa Mencapai Target

Cara Menabung yang Benar Agar Bisa Mencapai Target

Posted By: Admin, 2022-12-09


  Share:


Masih banyak orang yang keliru tentang bagaimana cara menabung yang benar. Menabung terlihat mudah, tapi bagi orang yang tidak disiplin tentu saja hal itu termasuk sulit. Di sekeliling Anda banyak godaan yang akan menjerumuskan Anda untuk tidak menabung. Menabung memang membutuhkan strategi khusus agar bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Rutin dan Efektif di Usia 20-an

Kebanyakan orang ingin menabung dengan cara menyenangkan. Mungkin mereka inginnya menabung, tapi tetap bisa jajan banyak. Sebenarnya hal itu tidak salah, tapi akan lebih baik jika anggaran jajan dikurangi. Selain tidak baik untuk kantong, tidak baik juga untuk kesehatan.

Oleh karena itu di bawah ini akan dijabarkan bagaimana cara menabung yang benar, yang cukup asyik dilakukan. Cara ini bisa Anda praktikkan secara langsung, dan dijamin tidak akan memberatkanmu.

1. Menetapkan Target Menabung

Menabung akan kurang pas apabila Anda tidak punya target yang jelas untuk meraihnya. Target ini tidak ada patokannya karena semuanya terserah Anda. Dengan memiliki target, Anda akan lebih bersemangat dalam menabung.

Catat target Anda itu di tempat-tempat yang bisa langsung terlihat agar Anda terus mengingatnya. Misalnya saja, taruh di depan cermin atau di lemari yang biasa Anda gunakan. Anda diperbolehkan memasang target yang setinggi-tingginya karena hal itu bisa menjadi doa yang baik untukmu.

2. Sebaiknya Menabunglah di Bank

Menabung di bank lebih aman dibandingkan dengan menabung secara konvensional. Lalu, di bank juga Anda bisa menyimpan uang dalam jumlah besar. Tentu agak kurang aman jika Anda menyimpan uang besar di rumah, apalagi kasus pencurian uang makin banyak terjadi.

Selain aman, di bank juga Anda bisa mendapatkan bunga yang lumayan. Walaupun bunganya tidak sebesar deposito, tapi Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan ketika memutuskan menabung di bank.

3. Pisahkan Antara Rekening Sehari-hari dan Rekening untuk Tabungan

Cara menabung yang benar berikutnya adalah bedakan antara rekening bank yang digunakan sehari-hari dengan rekening tabungan. Dengan pembedaan ini Anda jadi berpikir dua kali lipat ketika ingin mengambil uangmu.

Untuk rekening tabungan, pilihkan jenis produk tabungan yang tidak menggunakan kartu ATM. Dengan begitu Anda tidak akan mudah untuk mengambil uangnya karena pengambilan hanya bisa dilakukan ketika Anda mendatangi bank-nya langsung.

Cara ini cukup efektif untuk membuat uang tabungan Anda utuh seperti yang Anda selalu harapkan. Terlebih memiliki dua rekening itu cukup mudah, biaya administrasi per bulannya pun murah.

Baca Juga: Tips Menabung Untuk Beli Rumah Sendiri

4. Menabung di Awal Waktu Menerima Gaji

Ketika pertama kali mendapatkan gaji di awal bulan, sebaiknya sebagian uangnya (jumlahnya terserah Anda), langsung dimasukkan ke rekening khusus tabungan. Menabung di awal waktu akan memudahkan Anda mencapai target yang diinginkan.

Sebagian orang menunggu uang gajinya ada sisa terlebih dahulu baru ditabungkan. Padahal hal itu adalah cara yang salah karena kebanyakan uangnya jadi tidak ada sisa sama sekali. Dan akhirnya malah tidak menabung lagi.

5. Menabung Harian

Anda juga bisa mencoba menabung per hari. Misalnya per hari-nya Anda menabung sebanyak Rp10.000. Jangan pernah remehkan jumlah yang sedikit itu karena ketika Anda hitung dalam sebulan Anda bisa mendapatkan tabungan Rp300.000. Apa jadinya jika Anda melakukannya secara rutin? Dalam setahun saja Anda bisa menghasilkan uang tabungan Rp3.600.000.

Dengan jumlah kecil yang ditabungkan secara rutin itu, pasti suatu saat bisa menghasilkan jumlah yang besar untukmu. Jangan kaget ya dengan hasilnya. Ayo, coba mulai menabung harian.

6. Cari Tahu di Mana Anda Sering Menghabiskan Uangmu

Ketika Anda merasa sering boros, tapi tidak tahu di mana Anda sering menghabiskan uang, saatnya membuat perencanaan keuangan. Sekarang sudah cukup banyak aplikasi perencanaan keuangan yang bisa Anda gunakan di ponsel pintarmu. Kebanyakan dari aplikasi tersebut tersedia secara gratis.

Dengan perencanaan keuangan itu Anda akan lebih mudah memasukkan berbagai pengeluaran yang awalnya tidak Anda sadari. Dengan catatan itu Anda akan tahu uang Anda paling banyak digunakan di mana.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa memangkas anggaran jadi lebih rendah dari yang sebelumnya. Dengan begini Anda bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung.

7. Prioritaskan Kebutuhan yang Mendesak

Cara menabung yang benar berikutnya adalah Anda harus mampu menentukan mana kebutuhan yang mendesak dan mana yang bisa dipenuhi nanti saja. Ketika Anda berhasil menentukan prioritas itu, Anda pun akan lebih fokus pada kebutuhan yang mendesak.

Biasanya orang gagal menabung karena tidak membedakan antara kebutuhan prioritas dan main-mainnya. Ketika kedua hal itu dilakukan berbarengan yang ada malah membuat uang Anda jadi cepat habis.

Yang lebih parah, Anda jadi lupa untuk menabung. Jadi, Anda harus mampu menahan diri untuk kebahagiaan nanti yang akan lebih memuaskan.

Baca Juga: 4 Cara Gampang Agar Target Menabung Tidak Gagal Terus

Seperti itulah cara menabung yang benar. Menabung terlihat sederhana, tapi banyak orang yang susah mempraktikannya karena kurang disiplin terhadap dirinya sendiri.

Atau mungkin mereka kurang motivasi. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda akan lebih rajin menabung. Semangat mempraktikannya, ya! 

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/businesswoman-showing-coins-with-white-piggybank-desk_2914540.htm#query=savings&position=8&from_view=search&track=sph