6 Tips Nabung untuk Bangun Rumah Impian!

6 Tips Nabung untuk Bangun Rumah Impian!

Posted By: Admin, 2022-12-12


  Share:


Siapa yang tidak ingin memiliki rumah impiannya sendiri? Tentu semua orang ingin memiliki rumah impian mereka. Namun hal ini seringkali terhalang, bukan karena pemasukan yang tidak cukup, melainkan tidak adanya strategi menabung. Tidak heran jika tabungan yang dibuat untuk membangun rumah seringkali tidak bertambah atau bocor karena digunakan untuk keperluan lain.

Baca Juga: Tips Menabung Untuk Beli Rumah Sendiri

Oleh karena itu Anda memerlukan strategi atau cara yang bisa membuat tabungan untuk rumah kembali terisi. Pada artikel ini kami akan memberi tahu Anda cara dan tips menabung untuk bangun rumah supaya berhasil. Simak penjelasannya sampai selesai, ya! 

Cara dan Tips Menabung Untuk Bangun Rumah

Metode menabung memang sudah ada sejak lama, namun menabung seringkali tidak memberikan hasil yang maksimal karena tidak ada dorongan yang membuat Anda rutin melakukannya. Oleh karena itu beberapa cara dan tips di bawah ini diharapkan bisa membantu Anda dalam menabung. 

1. Memiliki Tujuan yang Jelas

Tidak hanya dalam menabung, semua pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan tanpa tujuan tidak akan membawa Anda kemana-mana. Anda hanya akan stagnan pada posisi dan keadaan yang sama dalam waktu yang lama. Oleh karena itu Anda memerlukan tujuan yang jelas dalam menabung. 

Memang tujuan dari menabung adalah untuk membangun rumah impian, namun Anda bisa menjadikannya spesifik dengan menentukan jumlah dana yang harus terkumpul dalam periode waktu tertentu.

Hitung dari total pengeluaran yang harus keluar dan hitung pemasukan yang didapat. Dengan begitu Anda jadi mengetahui berapa jumlah dana yang harus dikumpulkan dan dalam waktu berapa lama. 

2. Membuat Rencana Keuangan

Seringkali tanpa sadar, Anda bisa mengeluarkan dana tanpa perhitungan yang jelas. Bisa juga pengeluaran yang dikeluarkan sebenarnya semata-mata adalah keinginan dan bukan kebutuhan Anda.

Apabila hal ini terus terjadi, kemungkinan besar membangun rumah impian hanyalah angan-angan dan mimpi yang tidak bisa dicapai. Oleh karena itu Anda perlu memperhitungkan dan menentukan budget pengeluaran untuk setiap aspek, agar pengeluaran dapat terkendali.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Investasi Properti?

3. Menyisihkan Uang Setiap Awal Bulan

Salah satu strategi agar pemasukan tidak langsung habis adalah dengan langsung menyisihkan uang setiap awal bulan. Dengan langsung menyisihkan uang yang ada, Anda tidak bisa menggunakan dana tabungan untuk membangun rumah. 

4. Melakukan Investasi

Investasi tentu berbeda dengan menabung. Jika menabung hanya menyimpan uang dan tidak bisa menggandakan nominalnya, maka investasi adalah cara Anda menggandakan nominal awal menjadi berkali-kali lipat.

Hanya saja perlu diingat bahwa investasi bersifat jangka panjang, di mana hasilnya baru bisa dirasakan dalam puluhan tahun mendatang. Tidak harus dimulai dari nominal besar, setiap dana kecil yang bisa disisihkan tetap sangat menguntungkan. 

5. Membuat Rekening Tabungan yang Tidak Bisa Diambil

Dengan membuka tabungan yang tidak bisa diambil, ini akan menghindarkan Anda dari keinginan menggunakan dana tersebut. Tabungan seperti ini biasanya disebut juga tabungan berjangka, di mana Anda hanya bisa mengambil dana yang ditabung dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan oleh bank tersebut. 

6. Menghindari Hutang

Kebutuhan akan alat elektronik baik itu untuk pekerjaan atau rumah tangga, terkadang membuat kita harus menggunakan kartu kredit. Namun saat Anda sedang ingin membangun rumah, ada baiknya niat-niat untuk membeli alat-alat tersebut ditunda.

Mengurungkan niat untuk mengganti barang-barang lama yang masih bisa digunakan, akan mempercepat Anda dalam mengumpulkan dana untuk membangun rumah. Ini juga dilakukan agar Anda tidak merasa sangat berat. Tentu akan sangat berat untuk menabung sambil membayar hutang, bukan? 

Baca Juga: 5 Tips Menabung Rutin dan Efektif di Usia 20-an

Demikian cara dan tips menabung untuk bangun rumah supaya berhasil. Ketujuh cara di atas bisa mulai Anda praktikkan supaya rumah impian bisa menjadi milik Anda.

Sumber: https://unsplash.com/photos/u1KG_wZTnkg