Strategi 5P untuk Memajukan Usahamu, Cek Disini!

Strategi 5P untuk Memajukan Usahamu, Cek Disini!

Posted By: Admin, 2022-06-28


  Share:


Dalam menjalankan sebuah bisnis yang dibutuhkan tidak hanya hardskill atau softskill tapi ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu etika bisnis.

Baca Juga: Cepat Balik Modal, 5 Ide Ini Bisa Anda Coba Untuk Memulai Cara Bisnis Online dari Nol

Apa itu etika bisnis ? Etika dalam berbisnis adalah bagaimana cara kita melakukan kegiatan bisnis dan meliputi seluruh aspek yang berkaitan seperti individu, perusahaan, dan masyarakat. Maka dari itu etika bisnis peranan penting untuk membentuk nilai dan norma.

Selain itu, ada prinsip etika bisnis yang harus Anda tahu dan sekarang kita akan membahasnya.

Strategi 5P

Ada 5 prinsip yang harus Anda pahami dalam melakukan sebuah kegiatan bisnis.

1.Prinsip Kejujuran

Prinsip pertama dan paling mendasar etika bisnis adalah kejujuran sebagai salah satu kunci sukses suatu usaha. Karena tanpa adanya kejujuran maka bisnis tidak dapat bertahan lama.

Anda bisa menerapkan prinsip ini di segala kegiatan bisnis misalnya jujur kepada konsumen mengenai produk, jujur dalam bekerja sama dengan pihak lain dan masih banyak lagi.

2. Prinsip Keadilan

Pada prinsip ini bermakna bahwa setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dengan lainnya.

Jadi, semua orang yang terlibat dalam bisnis berhak memberikan kontribusi yang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pihak yang ada di dalam sebuah bisnis memiliki kemampuan serta peran dalam memajukan sebuah usaha.

Baca Juga: Berpotensi Untung Besar, 5 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Cocok untuk Kaum Milenial

3. Otonomi

Pada prinsip ini sebagai selaku pebisnis Anda harus bisa mengambil keputusan dengan tepat dan adil serta bertanggung jawab pada keputusan tersebut.

Setiap perusahaan pasti memiliki pendekatan yang berbeda pula dalam menjalankan prinsip ini. Kenapa? Karena kondisi perusahaan pun berbeda-beda sehingga strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan juga beda tergantung visi dan misi perusahaan.

4. Integritas Moral

Dengan integritas moral yang bagus maka kepercayaan masyarakat juga meningkat. Menerapkan prinsip integritas moral ini berarti semua pihak yang terlibat dalam perusahaan harus selalu menjaga nama baik perusahaannya.

5. Prinsip Loyalitas

Adanya penerapan prinsip ini tentu Anda tidak dapat mencampur urusan bisnis dengan pribadi Anda. Karena loyalitas pada perusahaan bisa terlihat dari kerja keras serta keseriusan dalam menjalankan sebuah usaha tetapi tetap sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Rahasia Sukses Membangun Bisnis dari Awal

Itulah penjelasan mengenai etika bisnis perusahaan karena dengan  menerapkan strategi 5p bisnis yang baik tentu dapat memajukan bisnis Anda. Misalnya saja berbuat jujur kepada partner usaha atau kepada karyawan, maka dengan begitu dapat terlihat bahwa bisnis Anda mempunyai performa yang bagus.

Selain menjalankan etika bisnis pada usaha, Anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan cara mengintegrasikan usaha online ataupun offline Anda. Jadi, Anda tak perlu repot untuk mengurus semuanya mulai dari pembukuan keuangan sampai pencatatan persediaan stok barang produk Anda.


Sumber: https://www.pexels.com/photo/top-view-photo-of-people-near-wooden-table-3183150/