Menyambut Tahun Baru 2022, Ini Strategi Pemasaran Perencanaan Usaha Coffee Shop!

Menyambut Tahun Baru 2022, Ini Strategi Pemasaran Perencanaan Usaha Coffee Shop!

Posted By: Admin, 2021-12-30


  Share:


Indonesia dikenal sebagai surga kuliner yang memiliki berbagai jenis masakan dengan cita rasa yang berbeda-beda. Banyak juga wisatawan yang datang ke Indonesia untuk menikmati objek wisata serta berkeliling sambil menikmati kuliner khas Indonesia.

Dari berbagai macam bisnis kuliner yang ada di Indonesia, coffee shop merupakan salah satu bisnis yang saat ini sangat digemari oleh semua orang khususnya bagi kalangan muda. Coffee shop menjadi sangat menarik dan digemari karena saat ini coffee shop selain menjadi tempat untuk membeli kopi atau minuman juga menjadi tempat untuk nongkrong, bersantai, hingga mengerjakan tugas bagi pelajar, mahasiswa atau pekerja lepas atau freelancer.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 5 Tips Mendapatkan Uang dari Facebook Tahun 2022 Ini, Dijamin Cuan!

Menjelang tahun baru 2022 membuat kita menyiapkan tempat berlibur untuk merayakan tahun baruan bersama teman. Ini merupakan sebuah peluang besar bagi seorang entrepreneur terutama pada bisnis coffee shop untuk memulai usahanya karena di tahun baru akan ada banyak orang yang berlibur yang berpeluang meningkatkan penjualan dan pengunjung di coffee shop yang kita miliki. Akan tetapi, memulai bisnis tentu memerlukan suatu perencanaan agar bisnis bisa bertahan dan dapat memanfaatkan peluang khususnya peluang saat tahun baru.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuat Coffee Shop

Jika anda tertarik untuk membuat bisnis coffee shop, simak tips berikut yang perlu diperhatikan untuk menunjang pemasaran berjalan secara lancar atau menunjang pemasaran guna meningkatkan pendapatan coffee shop sesuai dengan yang telah direncanakan.

1. Menentukan Konsep

Memikirkan konsep secara matang adalah hal yang penting supaya coffee shop milik Anda tetap bisa stand out diantara pesaing lain untuk menarik pelanggan. Usahakan memilih konsep yang unik namun dapat memberikan kesan nyaman bagi customer agar dapat bersantai dan betah berlama-lama di coffee shop.

Sesuaikan konsep coffee shop Anda dengan target market dan juga lokasi di sekitar. Jika target market adalah anak muda dan memiliki lokasi di sekitar perkantoran, Anda bisa memakai konsep sesuai dengan selera anak muda dan juga menawarkan layanan take away dan delivery agar memudahkan orang - orang yang tidak sempat berlama - lama di coffee shop. Anda juga bisa menambahkan ruangan khusus untuk keperluan meeting atau pertemuan kecil yang sifatnya lebih private sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pelanggan

2. Interior

Untuk membangun coffee shop Anda perlu menentukan interior dan disesuaikan dengan konsep yang telah dipilih. Usahakan pilih interior yang menarik dan cocok untuk coffee shop Anda. Tidak sedikit coffee shop yang gagal karena interior ruangan coffee shop tidak mendukung. Meskipun makanan dan minuman yang disajikan lezat.

Oleh karena itu untuk Anda yang ingin membuka coffee shop perlu memberikan interior dengan nuansa yang nyaman dan menyenangkan bagi customer. Dari segi interior saja berikan sugesti kepada mereka untuk datang atau enggan untuk kembali.

Pembuatan coffee shop juga perlu menyesuaikan jumlah interior dengan luas ruangan atau tempat yang digunakan, jangan sampai interior mu membuat suasana sempit bagi pelanggan. Penambahan interior yang tepat bisa meningkatkan engagement dari pelanggan karena memiliki tampilan yang menarik dan instagramable.

Anda juga bisa menambahkan interior sesuai dengan hari peringatan atau hari besar, contohnya dalam menyambut tahun baru 2022, Anda bisa membuat desain menarik bertemakan tahun baru seperti membuat lampu kelap-kelip untuk menarik pengunjung nantinya. Bisa juga menambahkan bendera merah putih pada saat perayaan hari kemerdekaan.

3. Mencari Tahu Mengenai Varian Kopi yang Sedang Populer

Lakukanlah riset untuk menentukan jenis kopi dan minuman yang akan Anda sajikan di coffee shop. Riset bisa dilakukan dengan cara berkunjung ke beberapa coffee shop paling recommended yang memiliki konsep yang serupa atau dengan cara melakukan riset melalui Google trends dengan mencari keyword apa yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menyiapkan nama-nama menu yang unik sesuai dengan tema yang sedang digunakan. 

Baca Juga: Potensi Emas Di Indonesia Terkenal, Ini Fakta Menariknya!

Strategi Pemasaran untuk Tingkatkan Pendapatan Coffee Shop

Untuk membuka coffee shop Anda perlu memilih strategi dan teknik pemasaran. Strategi marketing yang tepat diperlukan agar coffee shop berkembang pesat dan diketahui oleh masyarakat luas tentunya dapat meningkatkan potensi penjualan. Dengan contoh Pada pembukaan hari pertama mungkin Anda bisa memberi sampel kopi gratis kepada pelanggan guna menarik awarenes atau Anda bisa membuat promo menarik atau menyediakan voucher tahun baru 2022.

Untuk memeriahkan tahun baru 2022 Anda juga bisa membuat pesta kembang api agar masyarakat tertarik dan berkunjung ke cafe Anda karena promosi atau pemasaran menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis coffee shop agar dapat menarik banyak pelanggan.

Berikut ini strategi komunikasi pemasaran yang cocok Anda terapkan dalam bisnis coffee shop Anda.

1. Periklanan

Supaya bisnis kita dikenal oleh orang lain dan mendapatkan konsumen tetap maka Anda harus mau beriklan. Strategi pemasaran menggunakan iklan ini dapat dilakukan dengan cara baik offline maupun online.

2. Promosi

Promosi dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan konsumen. Promosi ini dapat berupa diskon di masa tertentu atau potongan harga dalam rangka menyambut tahun baru 2022 dan lain sebagainya. Promosi ini akan meningkatkan pembelian dan otomatis omset Anda juga akan naik. Namun perlu diperhatikan ya, promo yang dibuat harus menarik.

Promosi ini bisa dilakukan secara online dan juga offline. Anda dapat mengunggah pamflet promosi pada Instagram, Twitter, Facebook coffee shop. Anda juga dapat memanfaatkan TikTok untuk membuat content video promosi coffee shop Anda. Anda juga dapat melakukan promosi dengan bekerjasama dengan influencer. Saat ini Influencer sangat cocok meningkatkan citra brand pada suatu merek.

Pemasaran yang dilakukan secara online, dimana dengan melakukan influencer marketing dapat meningkatkan awareness brand dengan target pasar yang bisa ditentukan. Secara garis besar setiap influencer pasti memiliki audiensnya yang berbeda. Oleh karena itu kita perlu memilih juga influencer yang cocok di Instagram, Tiktok, dan Twitter untuk memasarkan Coffee Shop.

3. Sponsorship

Ikut berperan dalam memberikan sponsor ketika ada acara atau event tertentu. Contohnya di acara tahun baru di gereja, Kabupaten dan Provinsi. Anda bisa berpartner agar voucher bisa dipakai/ diberikan kepada orang yang menghadiri acara tersebut. Pemasaran cafe dengan cara ini terbukti ampuh untuk menarik konsumen lebih banyak lagi.

Bagi seorang entrepreneur, tahun baru adalah peluang yang besar untuk memulai usaha karena dapat meningkatkan awareness, engagement serta pemasukan bisnis yang lebih besar. Sehingga para pengusaha harus merencanakan bisnisnya dengan matang agar dapat bertahan dan juga bersaing dengan bisnis serupa.

Baca Juga: Biar Masa Pensiun Makin Bahagia, Lakukan Langkah Ini

Pilihlah strategi bisnis yang tepat saat merencanakan bisnis #SobatSakumas dan selalu melakukan inovasi agar coffee shop Anda dapat memberikan keuntungan yang stabil dan selalu menarik perhatian banyak pelanggan.

Jika yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai strategi pemasaran, bisnis lainnya, keuangan, investasi, bahkan harga emas terkini, ikuti terus kabar berita dari Sakumas!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/2rZq49uGxLk