Potensi Emas Di Indonesia Terkenal, Ini Fakta Menariknya!

Potensi Emas Di Indonesia Terkenal, Ini Fakta Menariknya!

Posted By: Admin, 2021-12-21


  Share:


Alam Indonesia memiliki kandungan emas yang cukup banyak, salah satunya adalah Tambang Martabe yang dikelola oleh Agincourt Resources. Melihat harga emas belakangan ini yang kian melonjak, sangat menarik untuk membahas tentang fakta-fakta emas yang ada di Indonesia. Seperti yang diketahui, emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Berikut ini beberapa fakta tentang potensi emas Indonesia yang perlu anda ketahui:

Fakta Emas di Indonesia

Populernya fenomena temuan gunung emas di Kongo yang menggemparkan dunia membuat banyak orang mulai penasaran dengan potensi emas yang ada di sejumlah negara lainnya. Indonesia sendiri termasuk negara yang menyumbang produksi emas global. Hal ini membuktikan bahwa potensi emas yang ada di bumi pertiwi tergolong tinggi. Berikut merupakan fakta-fakta emas yang ada di Indonesia :

1. Potensi Emas di Indonesia Sangat Melimpah

Saat ini Indonesia menyumbang sekitar empat persen dari produksi emas global dengan total produksi tahun lalu mencapai 160 MT. Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal, potensi tersebut  masih sangat tinggi. Indonesia memiliki beberapa wilayah yang mempunyai cadangan emas cukup besar. Namun, potensi yang besar tersebut belum dibarengi dengan pengelolaan yang maksimal sehingga manfaatnya tidak bisa dirasakan secara utuh. Salah satu potensi emas terbesar berada di tanah Papua.

2. Memiliki 5 Tambang Terbesar

Indonesia saat ini memiliki 5 tambang emas terbesar yang menyumbang produksi emas nasional dan dunia. 5 tambang yang memiliki produksi terbesar tersebut antara lain adalah Grasberg di Papua Gunung Dompu di Nusa Tenggara Barat, Gunung Pongkor di Jawa Barat, Tambang Martabe di Sumatera Utara serta satu lagi di Sumbawa. Dari kelima tambang tersebut, Grasberg di Papua memiliki cadangan emas terbesar yang diperkirakan mencapai 50 juta ons lebih.

3. Peringkat ke-6 Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Kandungan emas yang cukup melimpah, membuat Indonesia saat ini berada di peringkat ke-6 sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Tahun lalu, Indonesia berhasil menghasilkan 160 MT emas dan setengah di antaranya berasal dari Grasberg Freeport-McMoRan. Posisi pertama penghasil emas terbesar di tempati oleh China dengan total produksi tahun lalu mencapai 420 MT. Prestasi tersebut semakin membuktikan bahwa potensi emas di Indonesia tergolong sangat tinggi.

4. Emas Papua Kini Bisa Mensejahterakan Masyarakat Setempat

Setelah puluhan tahun kekayaan emas Papua dikuasai oleh PT Freeport, akhirnya kepemilikan tambang emas terbesar di Indonesia tersebut beralih ke PT Inalum dengan kepemilikan saham sebesar 51.23 persen. Kepemilikan mayoritas PTFI tersebut nantinya akan digunakan untuk mensejahterakan masyarakat di Papua seperti yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Melalui kebijakan ini diharapkan masyarakat Papua bisa menikmati kekayaan dari tempat yang ditinggalinya.

Emas memang masih menjadi salah satu komoditi investasi yang memiliki nilai cukup tinggi. Sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam, potensi emas di Indonesia juga tidak kalah dengan negara lainnya seperti China dan Australia. Akan tetapi, potensi yang besar tersebut harus dibarengi dengan pengelolaan yang tepat agar mendatangkan manfaat besar untuk negara dan juga masyarakat.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari Sakumas di sini. Karena Sakumas adalah platform jual beli kesayangan #SobatSakumas, yang terpercaya, dan teraman karena telah diawasi oleh BAPPEBTI.

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/4jLj-GdRn_A