Jarang Diketahui, Ini Cara Jual Emas Biar Tidak Rugi!

Jarang Diketahui, Ini Cara Jual Emas Biar Tidak Rugi!

Posted By: Admin, 2022-08-30


  Share:


Investasi emas hingga kini masih menjadi pilihan banyak orang, apalagi pemula. Selain nilai emas yang stabil, emas juga mudah dijual kembali. Ada beberapa tips menjual emas yang bisa kita ikuti agar hasilnya tidak rugi.

Baca Juga: Tips Aman Beli Emas Online

Meskipun emas termasuk salah satu produk investasi dengan tingkat likuiditas yang tinggi, kita tidak bisa menjual emas sembarangan. Butuh strategi dan waktu yang tepat untuk menjual emas agar nilainya maksimal.

Apalagi, emas adalah produk investasi jangka panjang, sehingga keuntungannya tidak akan langsung terlihat dalam waktu 1-2 bulan saja.

Biar nggak salah langkah, simak tips menjual emas yang tidak bikin kita rugi ini yuk!

Selalu cek harga emas secara berkala

Harga emas biasanya cenderung fluktuatif, oleh sebab itu kita wajib memantau harga jual emas hari ini secara berkala. Hal ini akan memudahkan kita untuk memperkirakan keuntungan yang didapat serta menentukan waktu yang tepat untuk menjualnya. Apabila harga emas sedang naik, kita bisa langsung menjualnya.

Berikan jarak yang cukup setelah membeli emas agar untung

Emas merupakan salah satu investasi jangka panjang, sehingga keuntungan akan mulai terasa saat kita berinvestasi selama 5-10 tahun. 

Ketika akan menjualnya kembali, pastikan jarak dari membeli emas dan saat menjualnya tidak terlalu dekat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kita dari kerugian karena harganya yang mungkin tidak berubah atau malah turun. 

Intinya, semakin lama kita menyimpan emas maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa kita peroleh. 

Menjual ke tempat kita membeli emas

Apabila kita sudah pernah membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian kita tak perlu pusing memikirkan ke mana harus menjual emas. Sebab, kita bisa langsung menjualnya kembali pada pihak Pegadaian dengan mudah dan harganya pun kompetitif. 

Tabungan Emas sendiri merupakan salah satu produk Pegadaian berupa penitipan saldo emas yang aman dengan harga yang kompetitif.

Selain bisa membeli emas secara langsung, cara menjual emas di Pegadaian juga bisa dilakukan secara online. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor Pegadaian untuk menjual emas. 

Selain itu, kita juga bisa langsung mengetahui berapa kisaran keuntungan yang akan didapatkan saat akan menjual emas melalui aplikasi Pegadaian Digital. 

Apabila harga saat itu cukup menguntungkan, kita bisa langsung menjual dan uangnya akan segera ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan.

Baca Juga: Pahami Tentang 3 Fakta Emas ini Sebelum Jual Beli Emas

Membawa sertifikat emas

Apabila memiliki emas dalam wujud fisik, jangan lupa juga untuk membawa surat dan nota pembelian serta sertifikat emas yang menandakan bahwa emas milik kita asli. 

Dengan membawa sertifikat emas, akan menunjukkan informasi terkait ukuran dan karat emas sehingga mampu menaikkan harga jualnya. 

Pun saat kita akan menjual emas dalam bentuk perhiasan, jangan lupa untuk membawa surat bukti pembelian emas agar nilai jualnya juga naik. 

Mengetahui kadar emas dan harganya

Saat akan menjual emas, kita juga wajib mengetahui harga kadar emas terkini. Emas biasanya terdiri dari beberapa jenis kadar yang membuat harganya berbeda-beda.

Emas dengan kadar 24 karat memiliki harga yang paling mahal karena komponennya terdiri dari emas murni tanpa campuran apapun. 

Dengan mengetahui kadar emas, kita bisa memperkirakan harga jual dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Membandingkan harga

Apabila kita ingin menjual emas perhiasan, sebaiknya melakukan perbandingan pada setiap toko emas, Hal ini dilakukan untuk mendapatkan harga emas terbaik.

Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menjual emas dan lakukan survei pada setiap toko emas terdekat. Pilihlah toko yang memiliki penawaran paling tinggi agar keuntungan yang kita dapatkan pun bisa maksimal. 

Menjual pada kolektor

Emas perhiasan juga bisa memiliki nilai investasi yang tinggi apabila model perhiasannya unik dan limited edition.

Apabila memiliki emas perhiasan dengan model yang unik, jangan ragu untuk menjualnya pada kolektor emas yang memang menyukai model-model emas unik dan langka. 

Menjual emas dengan model unik pada kolektor bisa membuat harga emas jadi semakin tinggi bahkan nilainya bisa lebih tinggi dibanding menjualnya pada toko emas. 

Namun, pastikan jika kolektor emas ini terpercaya dan memang sudah terkenal dengan hobinya mengoleksi emas dengan model unik, ya. Jangan sampai menjual emas pada orang yang salah. 

Baca Juga: Tips Investasi Emas Sehatigold

Itu dia beberapa tips menjual emas yang bisa kita lakukan agar kita tetap untung. Perlu ditekankan lagi apabila emas adalah produk investasi jangka panjang, sehingga menjualnya dalam waktu yang cepat tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan untuk kita. 

Jual emas apabila sudah disimpan dalam jangka waktu lama, minimal 5-10 tahun agar keuntungan yang didapatkan juga bisa maksimal. Selamat berinvestasi, ya!

Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-photography-of-jewelry-3641056/