Investasi Jangka Panjang: Jenis-jenis, Tujuan, Hingga Strateginya

Investasi Jangka Panjang: Jenis-jenis, Tujuan, Hingga Strateginya

Posted By: Admin, 2021-11-25


  Share:


Apakah Anda pernah mendengar istilah investasi jangka panjang? Bagaimana pandangan Anda terkait investasi jangka panjang ini? Investasi sendiri telah menjadi salah satu kegiatan yang digemari oleh masyarakat hingga saat ini.

Dengan berinvestasi, individu dapat menjaga aset kekayaandi masa depan, sehingga nantinya mereka akan memiliki jaminan keuangan yang sudah pasti. 

Baca Juga: Panduan Melakukan Investasi Emas – Emas Digital

Investasi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Lantas, apa saja yang dimaksud dengan investasi jangka panjang dan contoh dari investasi tersebut apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Mengutip dari Investopedia, penanaman aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun dengan tujuan untuk menguasai perusahaan lain merupakan pengertian dari investasi jangka panjang. Itu artinya, untuk mencapai keuntungan yang tinggi, investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang cukup lama, yang bisa sampai satu tahun atau lebih.

Tentu saja investasi jangka panjang jelas sangat berbeda dengan investasi jangka pendek. Umumnya, investasi jangka pendek membutuhkan waktu kurang dari 1 tahun agar dapat mencairkan dana atau keuntungan. Hal ini ditandai dengan investasi pendek yang biasanya akan dijual kepada orang atau perusahaan lain.

Sementara investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar setahun atau bahkan lebih. Selain itu, investasi jangka panjang juga biasanya tidak akan dijual selama bertahun-tahun.

Jika Anda memutuskan menjadi investor jangka panjang, maka Anda harus bersedia bersabar dalam jangka waktu yang terbilang lama, agar potensi jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dapat tercapai setinggi-tingginya.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tujuan dari investasi jangka panjang ini tentu banyak sekali. Berikut rangkuman dari beberapa tujuannya.

Untuk mendapatkan penghasilan pasif dalam setiap periode, seperti bunga, dividen, atau bunga sewa

Untuk mengarahkan dana khusus, seperti biaya pendidikan anak atau dana pensiun

Untuk mendapatkan hasil dari pertumbuhan investasi yang bisa digunakan demi membiayai kebutuhan pribadi dalam jangka waktu yang telah dipersiapkan

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Ada berbagai jenis investasi yang dianggap tepat untuk jangka waktu yang lama. Berikut beberapa jenis investasi jangka panjang.

1.Emas

Karena sudah sejak lama menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka waktu yang panjang, emas pun terbukti sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, nilai emas memang cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan jika mengalami penurunan, maka penurunan nilainya tidak begitu signifikan.

Selain itu, emas juga memiliki kelebihan untuk dijadikan investasi, yaitu karena likuiditasnya yang sangat tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir saat ingin menukarkan emas menjadi uang tunai saat ini.

Saat ini, sudah banyak sekali untuk Anda dapat memulai investasi emas, salah satunya di Sakumas, platform jual-beli produk berbahan dasar emas yang sudah terpercaya karena keamanannya, dan juga diawasi oleh BAPPEBTI.

2. Saham

Mengutip dari Good Financial Cents, ada beberapa keuntungan dari investasi saham yang menjadikan investasi ini merupakan investasi jangka panjang yang tepat,

1. Anda tak perlu mengelola bisnis atau properti karena saham adalah “kertas” investasi

2. Saham nilainya bisa naik dalam jangka waktu yang panjang

3. Berinvestasi saham berarti berinvestasi dalam ekonomi

4. Anda akan mendapatkan dividen

5. Saham memiliki likuiditas yang tinggi

Jika Anda pemula, usahakan pelajari terlebih dahulu tips investasi saham agar dapat mengerti alur ke depannya.

Baca Juga: Anda Sabar? Bisa Pertimbangkan Investasi Jangka Panjang Ini

3. Obligasi

Obligasi sendiri biasanya sangat disukai oleh para pengusaha dan investor. Obligasi adalah surat utang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman, di mana dalam surat ini tercantum nama Anda sekaligus tanggal jatuh tempo pinjaman, dan juga terdapat bunga yang menjadi kewajiban pinjaman. Biasanya, jangka waktu investasi dari obligasi ini berkisar dari 1 tahun hingga 10 tahun.

Strategi Investasi Jangka Panjang

Selain mengetahui tentang pengertian, tujuan, dan jenis-jenis investasi, tentu Anda ingin mengetahui apa aja strateginya agar Anda bisa sukses mencapai keuntungannya. Berikut beberapa strategi yang harus Anda ketahui tentang investasi jangka panjang.

1. Pilih investasi yang Anda pahami

Perhatikan dengan jelas perihal investasi apa saja yang akan Anda mulai nanti, jangan sampai Anda tidak mengetahui sama sekali sehingga nantinya bisa menimbulkan kerugian yang besar. Misalnya jika Anda memulai investasi emas, maka pahami terlebih dahulu seluk-beluk investasi tersebut dengan baik.

2. Berinvestasi sedini mungkin

Gunakan strategi Warren Buffet dalam berinvestasi saham, yaitu semakin lama uang diinvestasikan maka keuntungan yang akan didapatkan pun semakin besar. Selain itu, jangan ragu untuk memulai investasi secepat mungkin, sebab hal tersebut dapat menjaga aset kekayaan Anda di masa mendatang.

3. Beradaptasi dan sabar

Investasi jangka panjang memang membutuhkan kesabaran yang tinggi agar dapat menuai keuntungan yang besar di masa depan. Bisa saja Anda menghentikan investasi di pertengahan dan mendapatkan keuntungan yang tidak seberapa jika dilakukan tanpa kesabaran.

Baca Juga: Inilah Tiga Keuntungan Investasi Emas


Itulah pengertian, tujuan, hingga strategi investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang memang sangat disarankan untuk Anda yang ingin menjaga aset kekayaan di masa depan. Karena tanpa investasi, mungkin saja uang dan kekayaan Anda akan habis dalam waktu cepat.

Ilustrasi :  freepik.com