Anda Sabar? Bisa Pertimbangkan Investasi Jangka Panjang Ini

Anda Sabar? Bisa Pertimbangkan Investasi Jangka Panjang Ini

Posted By: Admin SHG, 2020-08-11


  Share:


Masa pensiun yang masih cukup panjang umumnya jadi argumen banyak yang tidak terlalu tertarik berinvestasi di usia muda. Padahal, semakin awal melakukan investasi jangka panjang, maka keuntungan di seterusnya hari dapat lebih besar didapat. Lebih-lebih lagi, kita tidak sempat tahu kepastian keadaan ekonomi dan jalannya usaha dikala jadi pebisnis muda.

Banyak juga anggapan di antara kita bahwa berinvestasi cocoknya dilakukan bagi para pebisnis yang telah memiliki stabilitas dalam usahanya. Padahal, belum tentu begitu.

Investasi Emas

Dengan nilai histori yang berharga, benda yang satu ini senantiasa jadi pilihan dalam berinvestasi, terutama investasi jangka panjang. Salah satu argumen yang menyebabkan emas jadi investasi yang menjanjikan ialah harganya yang terus menanjak. Sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbarui, permintaan pasar dapat emas bakal selalu besar.

Tidak cuma itu, investasi emas juga dianggap sebagai investasi yang cukup aman karena minim risiko terutama saat pasar saham sedang mengalami penurunan. Satu lagi kelebihan dari investasi yang satu ini, adalah mudah untuk diubah ke dalam bentuk Yang lain, ialah uang.

Investasi emaspun sekarang semakin mudah dengan semakin transparannya sistem perdagangan emas dan hadirnya teknologi. Belakangan ini emas digital hadir untuk membantu masyarakat dalam melakukan investasi emas. Emas digital seperti sehatigold.com memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi emas sesuai dengan kemampuan. Dengan bantuan teknologi, kita sekarang bisa berinvestasi emas mulai dari 0,01 gram atau setara dengan Rp 10.000 saja. 

Investasi Tanah dan Bangunan

Seandainya Anda berminat buat investasi jangka panjang yang lainnya, tanah dapat jadi pilihan. Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh bila Anda berinvestasi dalam bentuk tanah dan bangunan, salah satunya yakni minimnya risiko kebangkrutan. Fungsinya sebagai salah satu keperluan dasar, ialah papan, membuat tanah bakal selalu dibutuhkan.

Per tahunnya, harga tanah dapat mengalami kenaikan hingga 15-20%. Lebih-lebih, seandainya Anda cukup jeli buat melihat peluang tempat tanah, kenaikannya dapat mencapai berkali lipat. Anda pun dapat meningkatkan nilai investasi dengan membangun Hunian, ruko, ataupun kontrakan di atasnya.

Sangat disayangkan, investasi tanah sering dianggap memberatkan karena membutuhkan dana yang besar. Padahal, tidak selalu seperti itu. Saat ini, Anda dapat memulainya dengan jasa KPR maka dapat dicicil dalam jangka waktu tertentu. 

Selain itu, perbedaan lainnya yang sangat besar dengan investasi emas adalah kemudahannya dalam mencairkan investasi tersebut. Investasi emas sangat likuid dan dapat dicairkan kapan saja dan di mana saja. Sebaliknya investasi tanah bisa dibilang sebagai investasi yang sangat tidak likuid. Butuh waktu yang cukup lama jika Anda ingin mencairkan investasi tersebut. 

Investasi Reksa Dana 

Terdapat tiga kategori investasi yang dapat Anda pilih jikalau memilih reksa dana saham, ialah saham, obligasi, dan pasar uang. Tiap-tiap jenisnya memiliki risiko tidak sama yang dapat Anda sesuaikan dengan Kemauan. Bagi Anda yang memiliki dana cukup besar, reksa dana ini yaitu salah satu kategori investasi yang sesuai saat Anda berharap investasi jangka panjang.

Yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan investasi reksa dana adalah adanya biaya manajemen investasi yang akan dibebankan ke dalam portfolio Anda. Biaya manajemen ini akan dibebankan dalam kondisi untung maupun rugi. Inilah yang membuat investasi reksa dana sulit untuk untung.