Ikuti Tips Ini untuk Membicarakan Uang dengan Pasangan

Ikuti Tips Ini untuk Membicarakan Uang dengan Pasangan

Posted By: Admin, 2022-07-13


  Share:


Uang merupakan hal yang sangat sensitif dan membuat banyak orang tidak nyaman saat membicarakannya, terutama dengan pasangan. Namun, tanpa adanya keterbukaan tentang keuangan di dalam rumah tangga, maka bisa saja akan timbul masalah keuangan yang lebih pelik di kemudian hari, loh.

Baca Juga: Sudah Mulai Merencanakan Pernikahan? Bicarakan Keuangan dengan Pasangan Wajib Hukumnya!

Jadi, mau tidak mau Anda diharuskan jujur untuk membicarakan masalah keuangan dengan pasangan sedini mungkin. Caranya? Mudah, kok. Ini dia 5 tips yang bisa Anda lakukan saat akan membicarakan uang dengan dengan pasangan.

5 Tips Membicarakan Uang dengan Pasangan

Diskusikan Tujuan Keuangan dengan Pasangan

Langkah pertama untuk membicarakan uang dengan pasangan adalah mulailah mengajak pasangan berdiskusi tentang tujuan keuangan beberapa tahun ke depan

Sebagai contoh rencana pensiun, dana kuliah anak, atau rencana merenovasi rumah yang saat ini ditempati.

Tanyakan beberapa hal tentang keuangan yang menjadi mimpi pasangan Anda dan ingat, milikilah tujuan keuangan yang positif dan realistis di masa depan.

Terbuka untuk Mengakui Kesalahan yang Pernah Dilakukan

Sebelum Anda membicarakan tentang keuangan dengan pasangan, mulailah dengan mengevaluasi kesalahan keuangan yang selama ini Anda lakukan.

Catat hal-hal yang selama ini Anda keluarkan terlalu banyak, seperti terlalu sering makan di luar, terlalu sering berbelanja pakaian, atau terlalu sering berjalan-jalan.

Baca Juga: Konflik Keuangan dalam Rumah Tangga

Bertanya pada Pasangan tentang Apa yang Menjadi Ketakutannya

Jangan menyalahkan setiap kesalahan yang pernah dilakukan oleh pasangan. Berikan perhatian bahwa Anda peduli dan ingin mengajak pasangan keluar dari masalah yang selama ini dihadapi.

Mulailah untuk bertanya kepada pasangan tentang ketakutannya dalam hal pendapatan yang selama ini diterima atau pengeluaran yang tidak tercukupi di masa depan.

Berorientasi untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Berdiskusi dengan pasangan bukan hanya untuk mencari kesalahan keuangan yang selama ini dilakukan. Lebih dari itu, Anda harus memiliki tujuan di masa depan dan bertekad untuk memperbaiki setiap masalah yang pernah dilakukan.

Misalnya saja, saat ini Anda lalai dalam mempersiapkan dana pendidikan anak-anak, maka mulailah bertekad untuk menginvestasikan dana saat ini juga.

Menyisihkan uang minimal Rp100.000 setiap bulan lebih mudah dilakukan dan juga lebih bermanfaat, dibandingkan Anda membelanjakan uang tersebut untuk membeli hal-hal yang tidak bermanfaat.

Perhatikan Angka Pengeluaran Setiap Bulan

Langkah selanjutnya untuk membicarakan uang dengan pasangan adalah Mulailah mencatat apa yang selama ini Anda dan pasangan Anda keluarkan selama satu bulan penuh. Catat semua hal mulai dari kebutuhan makan, tempat tinggal, biaya transportasi, biaya hiburan, internet, listrik, dan lain sebagainya.

Jika hal di atas sudah dilakukan, maka mulailah untuk mengevaluasi bersama dengan pasangan Anda tentang pengeluaran apa saja yang dilakukan secara berlebihan.

Baca Juga: Membahas Keuangan Sebelum Menikah, Apa Tipsnya Agar Tidak Ribut?

Masalah keuangan tidak bisa hanya dibicarakan satu kali saja, Anda dan pasangan harus rutin saling berdiskusi dan terbuka tentang masalah keuangan yang ada. Buat kesepakatan dengan pasangan bahwa masalah keuangan ini akan dibicarakan rutin.

Meskipun topik keuangan merupakan hal yang sangat tabu untuk dibicarakan bersama dengan pasangan, diskusi dan sikap terbuka membicarakan masalah keuangan tetap harus dilakukan.

Selamat mencoba dan jangan lupa berinevstasi!

Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-man-and-woman-doing-budgeting-7735783/