5 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga!

5 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga!

Posted By: Admin, 2022-05-23


  Share:


Ibu rumah tangga biasanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat banyak di rumah. Saking banyaknya, seorang ibu rumah tangga bisa melakukan pekerjaannya dari pagi hingga sore. Apakah itu juga yang Anda alami sebagai ibu rumah tangga?

Baca Juga: Ini 5 Strategi Mempertahankan Bisnis yang Makin Tumbuh, Jangan Lengah!

Tapi, jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, lalu Anda berniat membantu keuangan keluarga, bukan tidak mungkin Anda juga menjalankan usaha—entah Anda menjalankannya sendiri atau dibantu orang lain.

Bagi Anda yang penasaran ide bisnis apa saja yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Pertanyaan selanjutnya, bisnis seperti apa sih yang cocok untuk dijalankan seorang ibu rumah tangga? Nah, berikut ini beberapa ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga:

1.Bisnis Katering Makanan

Bagi sebagian ibu rumah tangga, memasak adalah hal yang rutin dilakukan. Jika Anda juga mempunyai kebiasaan tersebut, Anda bisa menjadikannya ide bisnis yang potensial untuk dilakukan dari rumah.

Salah satu jenis usaha katering yang bisa Anda pilih adalah katering makanan sehat. Karena dalam situasi pandemi, sebagian orang lebih fokus dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Butuh ide menu makanan apa saja yang sebaiknya Anda siapkan? Tenang, Anda bisa menemukan beberapa menu menarik di internet. Dengan didukung dengan perkembangan teknologi, tentunya bisa mempermudah pengembangan usaha katering rumahan ini kan.

2. Bisnis Jasa Laundry

Kegiatan mencuci pakaian merupakan salah satu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Baik dengan mesin atau secara manual. Sebaliknya, di luar sana ada sebagian orang yang tidak sempat mencuci baju, antara lain karena kesibukan dan mobilitas yang tinggi. Nah, kondisi ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi Anda sebagai ibu rumah tangga.

Bukan hanya menawarkan cuci pakaian, tetapi Anda juga bisa menawarkan beberapa layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, seperti cuci dan setrika, cuci bed cover, dan sebagainya.

Baca Juga: Strategi Dalam Memperbaiki Kondisi Keuangan yang Buruk

3. Bisnis Jasa Les Privat

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mengajar anak-anak dan Anda memiliki kemampuan akademik yang baik, tidak ada salahnya Anda membuka bisnis jasa les privat dari rumah. Selain mendapatkan keuntungan dari segi materi, Anda juga bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Anda bisa memulainya dengan membuka jasa les privat bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah terlebih dahulu.

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Ide bisnis berikutnya yang bisa Anda coba adalah menjadi reseller atau dropshipper. Untuk menjadi reseller atau dropshipper, yang Anda perlukan antara lain selalu aktif di internet, baik media sosial ataupun marketplace, untuk menawarkan produk yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan produk secara offline, yaitu ke tetangga atau teman.

Nah, untuk produk yang ditawarkan bisa apa saja seperti pakaian anak, kosmetik, tas, pakaian dewasa, dan sebagainya.

5. Content Creator

Content creator merupakan jenis pekerjaan yang sedang tren di zaman sekarang. Menjadi content creator tentunya bisa dilakukan siapa saja termasuk Anda sebagai ibu rumah tangga. Sebagai seorang content creator, Anda bisa membuat video singkat yang bisa diunggah dalam laman media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Pastinya, jika ingin menjadi content creator, Anda harus konsisten dan selalu memberikan konten yang unik sehingga menarik banyak penonton.

Baca Juga: Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari agar Jadi Lebih Produktif

Itulah beberapa bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, yang dapat membantu pemasukan keuangan keluarga Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/DEf7Jn-B9tM