Tips Keuangan Kekinian untuk Masa Depan Cerah

Tips Keuangan Kekinian untuk Masa Depan Cerah

Posted By: Admin, 2022-10-19


  Share:


Gajian adalah saat-saat yang menyenangkan bagi semua orang, tidak terkecuali Anda. Tentunya, Anda pasti merasa bahagia saat hari gajian tiba. Anda pun akan tersenyum lebar saat hasil kerja keras selama sebulan tercetak dalam bentuk nominal di rekening bankmu.

Akan tetapi, tunggu dulu. Ingat ya, janganlah berpuas diri berlebihan dengan menghabiskan uang gajianmu. Ingat ada 30 hari lagi sebelum gajian tiba. Tentunya Anda harus berusaha mengelola uang gajian dengan baik supaya tidak cepat ludes. 

Apalagi jika selama ini Anda tergiur untuk membeli barang-barang mahal yang sudah lama Anda incar. Misalnya, ponsel terbaru, pakaian idaman, atau makan-makan mahal di restoran.

Percayalah, bahwa keinginan tersebut bersifat semu semata. Pasalnya, masih banyak kebutuhan hidup lainnya yang Anda perlu rencanakan dan penting untuk masa depanmu. 

Nah, supaya gaji Anda bisa awet hingga satu bulan, plus Anda bisa nabung dan investasi untuk masa depan. Simak tips jitu mengatur gaji untuk masa depan cemerlang yang bisa Anda mulai terapkan hari ini juga. 

1. Buat Prioritas

Saat terima gaji, prioritaskan hal-hal yang wajib Anda penuhi. Luangkan sedit waktu, misalnya 15 menit saja, sembari minum kopi/teh, buatlah prioritas pengeluaran Anda selama satu bulan kedepan.

Pertama adalah catat prioritas tagihan sehari-hari. Misalnya, tagihan air, gas, listrik, internet, tv kabel dan berbagai keperluan pokok sehari-hari selama sebulan. Pastikan tidak ada tagihan yang terlewatkan.

Kedua, bayarlah cicilan. Misalnya, cicilan kartu kredit, KPR hingga paylater. Membayar cicilan tepat waktu adalah hal yang penting supaya tidak kena denda atau bunga tinggi.

Ketiga, catat kebutuhan gaya hidup Anda atau istilahnya bujet untuk kesenanganmu. Contohnya, minum kopi kekinian, makan enak, belanja skincare hingga jalan-jalan. 

2. Atur Pengeluaran

Pengeluaran menjadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansial Anda. Perhatikan dengan baik pengeluaran yang selama ini telah Anda lalukan. Cermatilah, apakah termasuk sehat atau tidak. Tanda keuangan Anda sehat adalah pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.

Mengatur uang memang gampang-gampang susah. Semuanya tergantung Anda sendiri. Ada banyak godaan sehabis gajian saat ini, apalagi di era belanja online dengan segudang promo seperti gratis ongkir, paylater, flash sale, cicilan 0?n lain sebagainya. 

Miliki dan gunakan kartu kredit dengan bijak untuk membiayai kebutuhan hidup dan gaya hidupmu. Pahami bahwa kartu kredit bisa memberikan manfaat yang luar biasa banyak sehingga pengeluaran Anda bisa lebih hemat, asalkan Anda bijak menggunakannya. 

Catat, mengatur pengeluaran dengan baik bukan berarti Anda tidak dapat menikmati hidup dengan gajimu. Anda tetap perlu dan wajib untuk menikmati hidup, tapi semua itu tentu harus sesuai kemampuanmu. Belilah barang yang Anda butuhkan, namun jangan turuti semua keinginan hanya karena gensi semata.

3. Buat Laporan Keuangan ?Sederhana

Belajarlah untuk membuat laporan keuangan bulanan sederhana. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran, termasuk jumlah pengeluaran makanan, transportasi, belanja online setiap hari.

Cara ini memang terdengar sepele tapi dengan membiasakan diri mencatat laporan keuangan dengan detail, membuat Anda menghargai setiap uang yang Anda keluarkan. Bahkan, untuk memudahkan, simpanlah dengan rapi struk belanja atau cek rutin per minggunya riwayat belanja atau transaksi online. 

Buatlah manajemen keuangan yang tidak memberatkanmu. Misalnya, gunakan teknik amplop yang berisi uang dengan pos-pos tertentu untuk kebutuhan selama sebulan. Angaran dalam amplop tersebut adalah anggaran maksimal yang akan dibelanjakan.

Apabila suka cashless, Anda juga bisa manfaatkan aplikasi pengatur keuangan dari ponsel dan belajarlah mengelola uang Anda dengan baik. 

4. Miliki Tabungan 

Menabung memiliki banyak manfaat, terutama untuk keuangan masa depanmu. Untuk tabungan, minimal Anda perlu menyisihkan 10?ri gaji Anda setiap bulannya. Buatlah rekening tabungan terpisah dengan rekening yang biasa Anda gunakan untuk bertransaksi sehari-hari, baik untuk keperluan belanja atau liburan.

Pastikan Anda menggunakan rekening tabungan Anda dengan bijak. Jika Anda tipe orang yang mudah tergiur untuk mengunakan uang, cobalah untuk tidak mengaktifkan layanan kartu ATM pada rekening tabungan Anda. Sehingga akses untuk mengambil uang akan sulit dilakukan.

5. Mulailah Investasi

Zaman sekarang, Anda perlu untuk meningkatkan penghasilan Anda dengan berinvestasi. Telah terbukti bahwa investasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial, khususnya untuk masa depanmu. Untuk investasi, rutinlah sisihkan minimal sebesar 5%-10% gaji. 

6. Miliki Dana Darurat

Apa guna dana darurat atau dana cadangan? Dana darurat berguna untuk memfasilitasi Anda ketika terjadi hal-hal di luar dugaan atau sangat mendesak.

Salah satu contohnya ketika salah seorang anggota keluarga Anda sakit atau mengalami kecelakaan. Anda dapat memberikan dana tersebut untuk pengobatan. Atau tiba-tiba saja Anda ter-PHK? dari perusahaan, pastinya Anda perlu waktu untuk bisa mendapat pekerjaan baru dan dengan dana darurat, Anda bisa lebih tenang karena tidak bingung untuk mencari uang biaya kebutuhan sehari-hari.

Setiap habis gajian, jangan lupa, sisihkan untuk alokasi dana cadangan dengan rutin. Ketahuilah, idealnya dana darurat yang perlu Anda miliki adalah sekitar 3-6 bulan dari pengeluaran rutin, dengan catatan Anda masih single dan belum nikah.

7. Miliki Asuransi

Dengan asuransi, Anda bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Anda tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, entah tiba-tiba Anda mengalami sakit atau kecelakaan lalu Anda butuh uang dalam jumlah besar untuk berobat.

Ada beragam jenis asuransi. Asuransi yang paling penting untuk dimiliki antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan (asuransi mobil), asuransi perjalanan, hingga asuransi rumah, 

Untuk properti berharga, baik itu rumah atau mobil pastikan terus asuransi Anda tetap berjalan. Jangan sampai asuransi itu hanya berlaku ketika Anda mengkreditkan saja. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan, asuransi dapat menjamin keadaan finansial Anda tetap stabil.

8. Sisihkan untuk Amal

Pernahkah Anda mendengar, semakin banyak Anda memberi, semakin banyak pula yang Anda terima. Begitu pula saat Anda menyisihkan uang untuk beramal.

Sisihkan sejumlah uang, seiklasnya untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Misalnya, sebesar 2,5?ri gaji bulanan untuk beramal. Lakukan setiap bulannya secara rutin.

Dengan beramal, secara otomatis akan membuat Anda merasakan apa arti kehilangan. Saat Anda membantu meringankan beban orang-orang yang sedang kesulitan. Anda akan lebih menghargai dan memahami indahnya berbagi dengan sesama.

Anda bisa mempercayakan uang amal Anda kepada lembaga amal yang sudah berkompeten mengelola amal. Atau Anda bisa beramal langsung yakni kepada orang terdekat atau sekitar yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu atau fakir miskin. 


Sumber: https://unsplash.com/photos/2FPjlAyMQTA