Tips Jual Emas, Dijamin Untung

Tips Jual Emas, Dijamin Untung

Posted By: Admin, 2022-08-13


  Share:


Emas saat ini menjadi produk investasi yang dapat di perjual-belikan. Investasi emas dapat dikatakan sebagai salah satu jenis investasi yang minim risiko. Sebab, investasi yang satu ini bisa dikelola dengan sangat mudah meskipun investor tersebut tidak mahir dalam menilai pasar uang. Tentunya, kelebihan tersebut menjadi salah satu alasan emas menjadi investasi primadona.

Biar makin untung, simak tips menjual emas berikut ini yuk!

Lakukan pengecekan harga terbaru

Cara pertama kamu harus melakukan pengecekan harga secara berkala untuk mengetahui berapa harga terbarunya. Hal ini sangat penting karena harga emas hari ini bisa saja berbeda besok atau lusa. Cara ini membantumu meminimalkan risiko kerugian karena bisa menghitung sendiri kemungkinan untung ruginya. Jika dirasa masih rugi maka ditunda dulu sampai menemukan keuntungan yang sesuai keinginan.

Jangan menjual terlalu cepat

Perlu dipahami jika investasi emas sangat cocok untuk jangka panjang untuk bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harganya. Jadi harus diperhatikan jarak antara pembelian dengan penjualan jangan sampai terlalu cepat. Setidaknya jarak antara waktu kamu membeli dan dijual kembali minimal 5 – 10 tahun baru terasa untungnya. Jika masih 1 atau 2 tahun kemudian dijual kemungkinan rugi justru akan semakin besar.

Jual kembali ke tempat membeli

Ada satu cara menjual emas yang sebaiknya kamu perhatikan yaitu memilih toko emas terpercaya. Hal ini sangat penting agar kamu bisa menjual ke toko tempat membeli demi mendapatkan harga terbaik. Karena toko lain biasanya akan memberikan harga jauh lebih murah jika kamu tidak membeli dari toko tersebut. Bahkan terkadang tidak mau membelinya.

Apabila kamu mendaftarkan diri di aplikasi Sakumas, kamu tidak perlu pusing memikirkan ke mana harus menjual emas. Sebab, Sakumas adalah tempat yang pas dalam membantu kamu bertransaksi emas dengan mudah dan harganya pun kompetitif. 

Jangan lupa bawa sertifikat atau surat pembelian

Ketika kamu membeli emas dalam bentuk fisik baik perhiasan maupun emas murni akan diberikan sertifikat atau surat. Simpan baik-baik bukti pembelian tersebut kemudian dibawa kembali ketika akan dijual. Sertifikat atau surat yang diberikan tersedia informasi tentang berat, kadar hingga harga pada waktu membeli. Dengan surat ini dapat membantu mendapatkan kenaikan harganya dan menjamin keaslian emas yang dijual.

Pahami kadar dan harga emas

Cara menjual emas agar meminimalkan kerugian yaitu dengan memahami kadar dan harganya. Dengan mengetahui kadar emas, kita bisa memperkirakan harga jual dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi emas memiliki banyak jenis kadar dimana harganya juga berbeda-beda menurut harga pasar. Kadar paling mahal yaitu 24 karat dan dibawah itu masih ada kadar lainnya yang biasa dijual.

Lakukan perbandingan harga

Cara ini disarankan banget sebelum menjual emas adalah dengan melakukan perbandingan harga. Jika memiliki waktu maka bisa membandingkan harga jual dari toko satu ke toko lainnya. Tidak terburu-buru menjual dan setuju dengan harganya membuat kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Karena bisa menemukan toko yang memberikan penawaran harga paling tinggi sehingga untungnya jauh lebih maksimal.

Menjual pada kolektor

Emas perhiasan juga bisa memiliki nilai investasi yang tinggi apabila model perhiasannya unik dan limited edition. Apabila memiliki emas perhiasan dengan model yang unik, jangan ragu untuk menjualnya pada kolektor emas yang memang menyukai model-model emas unik dan langka. 

Menjual emas dengan model unik pada kolektor bisa membuat harga emas jadi semakin tinggi bahkan nilainya bisa lebih tinggi dibanding menjualnya pada toko emas. Namun, pastikan jika kolektor emas ini terpercaya dan memang sudah terkenal dengan hobinya mengoleksi emas dengan model unik, ya. Jangan sampai menjual emas pada orang yang salah. 

Demikian tips menjual emas biar makin untung ya dan semoga tidak mengalami kerugian, selamat mencoba.


https://www.pexels.com/photo/gold-iphone-6-on-gold-coins-8442326/