Tanpa Menimbulkan Masalah, Ini Cara Mengatasi Hutang yang Tepat

Tanpa Menimbulkan Masalah, Ini Cara Mengatasi Hutang yang Tepat

Posted By: Admin, 2022-03-02


  Share:


Pada dasarnya hutang bukanlah sesuatu yang buruk. hutang merupakan janji yang harus dibayar, hampir semua orang pernah berhutang. Tentu saja, setiap hutang harus dilunasi, setinggi dan sebanyak apapun hutangnya. Oleh karena itulah, Anda perlu mempunyai strategi yang tepat agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.  Sebab, menunda pembayaran hutang hanya akan membuat hutang semakin bertumpuk. 

Cara mengatasi hutang tanpa masalah

Bagaimana cara mengatasi hutang tanpa masalah? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jenis Hutang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi hutang tanpa masalah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis hutang. Terdapat dua jenis hutang.

Hutang produktif 

Merupakan kegiatan berhutang untuk keperluan finansial yang akan mendatangkan manfaat di kemudian hari. Misalnya berhutang untuk membeli rumah atau modal usaha.

Hutang konsumtif 

Jenis hutang ini merupakan kebalikan dari hutang produktif. Di mana seseorang berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya hanya konsumtif, misalnya membeli HP baru, atau untuk pergi liburan.

10 Cara Mengatasi Hutang Tanpa Masalah

Susun semua hutang

Cara mengatasi hutang tanpa masalah yang pertama adalah membuat daftar semua hutang. Jangan sampai ada yang terlewatkan, baik yang besar hingga kecil. Susun semua hutang berdasarkan skala prioritas untuk dilunasi terlebih dahulu. Sebaiknya, susun berdasarkan tanggal jatuh tempo dan suku bunga.

Mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran

Terkesan sepele, namun membuat perencanaan keuangan itu penting sekali. Jadikan pengeluaran bulan sebelumnya sebagai acuan. Catat pos-pos pengeluaran rutin, kemudian sisihkan untuk membayar hutang. Sisanya gunakan untuk mencukupi kebutuhan lain. 

Mencatat setiap pengeluaran, akan membantu Anda mengetahui beberapa pengeluaran yang sifatnya tidak krusial. Sehingga dana tersebut  bisa dipangkas atau dialihkan untuk membayar hutang. 

Cerdas pada saat berbelanja

Ketika berada di dalam masa-masa melunasi hutang, sebaiknya Anda berpikir cerdas pada saat berbelanja. Dalam artian, Anda harus berhemat dan dapat memisahkan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan semata. Beberapa orang meminjam uang bukan karena butuh, tetapi hanya untuk memenuhi keinginan gaya hidup semata. Sungguh merugi apabila gaya hidup mengakibatkan Anda dikejar-kejar debt collector. 

Sebagai contoh, ketika biasanya jajan di kantin kantor menghabiskan Rp. 20rb per hari, coba ganti dengan membawa bekal dari rumah. Pos uang jajan, sementara waktu dialihkan untuk pos hutang. 

Cari tambahan penghasilan

Apabila Anda masih mempunyai waktu luang sepulang kantor, tidak ada salahnya untuk mengambil jam lembur atau mencari pekerjaan lain agar mendapat tambahan penghasilan. Sesuaikan pekerjaan dengan keahlian yang Anda miliki. Anda bisa bergabung dengan platform freelancer yang banyak di internet. 

Menjadi seorang freelancer memudahkan Anda mendapatkan uang tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Tidak menunda untuk membayar hutang

Cara mengatasi hutang tanpa masalah yang lainnya adalah tidak menunda untuk melakukan pembayaran. Ubah skala prioritas Anda, setiap kali mendapat gaji dahulukan bayar hutang sebelum berbelanja kebutuhan pokok lainnya. Mengapa demikian? 

Sebab, ketika Anda menunda pembayaran hutang, besar kemungkinan akan tergiur untuk menggunakan uang tersebut demi kebutuhan lain yang sifatnya konsumtif. Alhasil, jatah untuk membayar hutang menjadi kurang/ habis dan mengakibatkan risiko gagal bayar.

Tidak memikirkannya setiap waktu

Seperti yang kita ketahui, dikejar-kejar hutang memang tidak mengenakan. Ketika sudah terlanjur berhutang, maka hadapi dengan bijaksana. Hutang bukan untuk dipikirkan atau diratapi sepanjang waktu. Melunasi hutang harus diupayakan dengan usaha yang maksimal. Sebab, percuma memikirkan hutang hingga stress tetapi Anda tidak melakukan tindakan apapun.  

Yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana mendapatkan uang tambahan untuk melunasinya. Apabila belum menemukan pekerjaan sampingan meski sudah mencari kemana pun, maka pangkas pengeluaran dan hidup hemat sementara waktu. 

Meminta dukungan keluarga

Dukungan dari keluarga sangat membantu ketika terlilit hutang. Jangan menutupi hutang dari keluarga atau pasangan. Jika perlu, ajak pasangan atau keluarga juga melakukan penghematan sampai hutang lunas. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hutang tanpa menimbulkan masalah lain. Jika Anda ingin mengetahui berita tentang keuangan, investasi, emas, bahkan ekonomi lainnya, kunjungi terus Sakumas.

Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/young-girl-covering-face-with-hand-light-gray-t-shirt-dark-grey-zip-front-hoodie-looking-stressed_11135629.htm#query=stress&position=13&from_view=search