Simak Tips Mengatur THR Supaya Tidak Langsung Habis!

Simak Tips Mengatur THR Supaya Tidak Langsung Habis!

Posted By: Admin, 2022-04-13


  Share:


Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Selain menantikan hari raya Idul Fitri, tunjangan hari raya atau THR tentunya menjadi bonus yang juga kita tunggu-tunggu. Pemberian tunjangan hari raya ini biasanya akan menimbulkan keinginan kita agar segera menggunakannya untuk berbelanja. Umumnya, ketika kita memiliki uang lebih keinginan kita untuk berbelanja pasti akan meningkat.

Baca Juga: Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

5 Tips Mengatur THR

Karena keinginan meningkat, uang THR cenderung akan habis dalam sekejap. Walaupun kita menghabiskan uang THR untuk keperluan pribadi, alangkah baiknya jika kita menyisihkan uang THR yang kita terima untuk ditabung dan menjadi dana darurat untuk keperluan yang akan datang. Nah, ini dia 5 tips mengelola uang THR dengan bijaksana agar tidak cepat habis.

1.Membayar Hutang

Jika uang tunjangan hari raya yang Anda terima cukup untuk memenuhi keseluruhan maupun setengah hutang, janganlah Anda menunda–nunda dan segeralah lunaskan hutang, seperti cicilan kartu kredit atau hutang antar teman dan keluarga.

Dengan melunaskan hutang tersebut menggunakan uang THR yang Anda dapat, beban hutang pun akan berkurang dan tidak menumpuk sehingga beban pengeluaran Anda nantinya akan lebih ringan. Membayar hutang dengan segera juga dapat menghindarkan Anda dari rasa cemas atau gelisah atas beban hutang yang ada.

2. Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan keuangan akan membantu Anda dalam mengetahui mana barang yang penting dan mana barang yang tidak begitu penting. Pertama, mulailah dengan menulis daftar barang apa saja yang akan Anda beli dan tentukan prioritas barang-barang tersebut. Lalu, bagi barang-barang tersebut ke dalam 3 kategori, seperti barang penting mendesak, penting tidak mendesak, dan tidak penting.

Setelah itu, Anda analisis daftar tersebut. Usahakan untuk selalu memprioritaskan barang yang lebih penting terdahulu. Selain membuat daftar belanja, Anda juga bisa mencatat pengeluaran tunjangan hari raya agar Anda bisa melihat di bagian mana yang menjadi overspending. Perencanaan ini merupakan salah satu cara mengatur THR yang kami rekomendasikan untuk Anda praktekkan.

Baca Juga: Pahami Penerapan NFT, Selain untuk Swafoto

3. Sisihkan Untuk Zakat dan Sedekah

Setelah menerima bonus ini, ada baiknya uang tunjangan hari raya Anda dimanfaatkan untuk hal lain selain berbelanja. Anda bisa menyisihkan sebagian uang tunjangan hari raya Anda untuk zakat atau bersedekah.

Pandemi COVID-19 ini memberikan dampak yang sangat besar bagi banyak orang. Tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan bantuan dan akan senang hati menerima bantuan Anda. Selain berzakat yang merupakan rukun islam bagi umat muslim, beramal pun juga merupakan salah satu bentuk syukur atas apa yang telah Tuhan berikan pada Anda selama ini.

Jadi, sisihkanlah sekitar 2.5%–10% uang THR Anda dan berzakatlah. Anda juga bisa bersedekah kepada orang yang membutuhkan dengan memberi makanan dan minuman atau pakaian kepada yang membutuhkan.

4. Simpan Untuk Dana Darurat

Tidak ada siapapun di dunia ini yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menyisihkan uang THR yang kita terima untuk dana darurat.

Risiko-risiko seperti terkena musibah, kehilangan pekerjaan dan untuk memenuhi beberapa kebutuhan adalah hal yang tidak bisa kita prediksi. Selain itu, dana darurat juga dapat Anda gunakan untuk pengeluaran kebutuhan hari raya Idul Fitri atau lebaran, contohnya baju lebaran, kue lebaran, dan lainya

Jadi, menyiapkan dana darurat merupakan hal yang cukup penting. Anda dapat menyisihkan uang THR Anda sebagian untuk dana darurat sehingga Anda pun tidak perlu khawatir secara finansial ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

5. Menahan Nafsu

Setelah Anda menyisihkan uang tunjangan hari raya Anda untuk membayar hutang, berzakat dan menyiapkan dana darurat, kini Anda bisa menggunakan sisa uang tunjangan hari raya untuk berbelanja kebutuhan pribadi Anda.

Anda dapat menggunakan sebagian THR Anda untuk kesenangan pribadi Anda seperti makan di restoran, pakaian baru, menonton bioskop dan hal lainnya. Ketika berbelanja, bawalah uang secukupnya dan jangan terlalu banyak, dengan begini Anda bisa menahan pengeluaran uang THR Anda.

Baca Juga: Sambut Ramadan Penuh Berkah Tanpa Takut Dompet Terkuras

Anda harus selalu bijak dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang THR Anda. Sifat lapar mata terhadap beberapa barang menjadi satu faktor pendorong yang membuat uang THR Anda cepat habis.

Sering kali kita tergiur dengan barang yang sebenarnya tidak terlalu kita perlukan. Ditambah lagi dengan tawaran yang menggiurkan seperti banyaknya diskon atau promo hari raya. Janganlah Anda terlalu terpancing dengan promosi atau diskon dari barang yang Anda tidak butuhkan. Dengan begini, Anda dapat menggunakan uang THR untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

THR tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi siapa saja yang menerimanya. Tetapi, jika Anda tidak bijak dalam mengelolanya, THR Anda dapat habis dalam sekejap.

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/UyWPZMofyi0