Simak Tips Berhemat Selama Bulan Ramadan, Yuk!

Simak Tips Berhemat Selama Bulan Ramadan, Yuk!

Posted By: Admin, 2022-04-08


  Share:


Seperti yang kita ketahui, bulan ramadan adalah bulan penuh berkah. Berdasarkan pengalaman banyak orang, pengeluaran pada bulan ini akan melonjak karena banyak pengeluaran dalam berbagai hal salah satunya makanan. Anda membutuhkan tips hemat selama bulan ramadan agar pengeluaran tidak melonjak tinggi.

Contohnya saja, kebiasaan membeli banyak jenis makanan saat berbuka bisa dikurangi dengan jumlah secukupnya saja. Makanan untuk berbuka dibuat sedikit lebih banyak untuk stok makanan saat sahur. Selain itu, pengeluaran yang tidak terlalu penting sebaiknya diredam dahulu. Apalagi di saat situasi seperti sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk keluar rumah.

Tips Hemat Selama Ramadan

Coba ikuti beberapa tips supaya tidak boros saat puasa, yang juga akan membatasi pengeluaran Anda agar tidak melonjak diantaranya yaitu :

Belanja Makanan Sesuai Kebutuhan

Biasanya harga bahan makanan selama bulan puasa juga ikut melonjak naik. Untuk tetap bisa berbelanja dengan lebih hemat, belilah bahan makanan pokok untuk makan saat sahur dan berbuka. Selama kebutuhan makanan Anda terpenuhi dengan baik, maka Anda tidak perlu membeli makanan tambahan atau jenis makanan lainnya sebagai salah satu cara menghemat.

Manfaatkan Diskon Untuk Membeli Kebutuhan

Selama bulan ramadan tahun ini banyak kegiatan yang harus kita lakukan dirumah. Seperti halnya membeli kebutuhan sehari – hari yang bisa dilakukan melalui e-commerce marketplace, apalagi banyak yang menawarkan diskon khusus bulan ramadan. Sebaiknya manfaatkan diskon tersebut untuk membeli kebutuhan supaya lebih berhemat.

Menabung Tetap yang Utama

Menabung atau menyisihkan sebagian pendapatan selama bulan ramadan harus tetap menjadi yang utama, karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita di masa depan. Tabungan berjangka dengan perlindungan jiwa adalah pilihan tepat bagi Anda, sehingga fluktuasi ekonomi atau keuangan Anda tetap stabil dan seimbang.

Tidak Membeli Baju Lebaran

Masih ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan dalam menghemat keuangan selama bulan ramadan, yaitu dengan tidak membeli baju lebaran, apalagi jika masih banyak baju-baju bagus yang bisa Anda kenakan di hari raya. Dengan demikian, Anda dapat berhemat sekaligus melindungi diri dari risiko penularan bila berbelanja di toko atau di pasar.

Manfaatkan THR Untuk Beli Emas 

Sepertinya dengan membeli emas untuk mempersiapkan tabungan emas Anda bisa menjadi sarana untuk berhemat di bulan Ramadhan. Pasalnya dengan mempunyai emas kita bisa lebih tenang dan meminimalisir kejadian yang tidak terduga di masa depan. Jadi saat ini bisa menjadi momen yang tepat dengan membeli dan berinvestasi dengan emas fisik maupun digital.

Beberapa tips hemat di atas akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran selama bulan ramadan. Ingatlah selalu bahwa kehidupan dan kesehatan kita jauh lebih penting!

Ilustrasi : https://www.freepik.com/free-photo/blue-mosque-istanbul_1618642.htm#query=moeslem&position=8&from_view=search