Siapkan Dana Pendidikan Anak, Rekomendasi Jenis Investasi Ini Bisa Jadi Pilihan yang Tepat

Siapkan Dana Pendidikan Anak, Rekomendasi Jenis Investasi Ini Bisa Jadi Pilihan yang Tepat

Posted By: Admin, 2021-11-09


  Share:


Dana pendidikan naik rata-rata hingga 10-15% per tahun berdasarkan data dari survei dari Badan Pusat Statistik (BPS). Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda sebaiknya menyiapkan dana pendidikan tersebut sedini mungkin. Dengan menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, Anda telah melakukan yang terbaik untuk pendidikan berkualitas bagi sang buah hati.

Jika Anda mulai memikirkan perencanaan keuangan untuk dana pendidikan tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, salah satunya seperti adalah apa saja pilihan investasi untuk tabungan dana pendidikan berdasarkan tingkat pertumbuhan bunga yang mampu menyerupai inflasi umum, bahkan melampaui inflasi biaya pendidikan.

5 Jenis Investasi untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Tak hanya rekening tabungan biasa, namun Anda juga dapat memilih berbagai produk investasi yang aman untuk memastikan tabungan pendidikan terus berjalan. Berikut berbagai pilihan jenis investasi dan tabungan dana pendidikan anak yang dapat dipertimbangkan.

1. Deposito

Bunga deposito selalu berada di atas inflasi umum tahunan. Oleh sebab itu, hal ini dapat Anda jadikan pertimbangan untuk mencadangkan deposito sebagai tabungan dana pendidikan anak. Deposito sangat tepat untuk dijadikan tabungan pendidikan anak dengan tujuan jangka pendek, seperti keperluan masuk Taman Kanak-kanan (TK) atau Sekolah Dasar (SD).

Deposito juga memiliki kelebihan selain untuk tabungan, yaitu sedikit sulit atau membutuhkan proses yang sedikit lama untuk pencairan dana. Hal ini akan membuat Anda lebih konsisten untuk tidak mengambil tabungan yang tersimpan di deposito sebelum waktunya, mengingat proses pencairan yang tidak mudah tersebut.

2. Asuransi Pendidikan

Salah satu jenis tabungan pendidikan konvensional yang dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan mempunyai jenis asuransi unitlink dengan nilai tabungan yang memiliki biaya potongan yang lebih besar pada tiap pembayaran premi.

Jenis asuransi pendidikan ini bisa menjaga nilai manfaat asuransi untuk pendidikan anak, terutama apabila ada kejadian tidak terduga menimpa orang tua sehingga tidak dapat membayar premi, seperti kecelakaan atau meninggal dunia.

3. Property

Jenis investasi property sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini karena dinilai mempunyai risiko rendah dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar. Setiap tahunnya juga nilai jual tanah hampir tak pernah turun. Ada baiknya Anda terlebih dahulu punya informasi perihal letak lahan terpencil yang berpotensi untuk berkembang di kemudian hari jika Anda ingin jenis investasi property.

Jangan ragu untuk membeli property secara tunai jika Anda memang memiliki cukup dana. Bila tidak, maka Anda dapat mengajukan KPR dengan cicilan yang tidak mengganggu cash flow, dan selanjutnya rumah tersebut dapat Anda sewakan sebagai dana investasi pendidikan anak, atau menjualnya saat membutuhkan biaya masuk ke jenjan yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi.

4. Saham dan Reksadana

Instrumen investasi seperti saham dan reksadana juga sangat tepat untuk menjadi tabungan pendidikan yang sifatnya jangka panjang, seperti untuk dana kuliah anak di perguruan tinggi. 

Keuntungan yang dihasilkan akan sangat tinggi bahkan dapat melebihi estimasi kenaikan biaya pendidikan per tahun jika Anda menabung di reksadana sebagai tujuan investasi jangka panjang. 

Oleh karena itu, saham dan reksadana memiliki sifat yang cocok untuk keperluan jangka panjang meski berisiko tinggi. Tetapi tenang saja, karena kedua instrumen ini memiliki imbal hasil yang tinggi jika dibiarkan lebih dari 5 tahun.

5. Emas

Jenis investasi dengan emas memang sejak dulu telah digunakan karena nilainya yang liquid serta harganya yang relatif stabil, terlebih karena nilai emas juga pun cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jika Anda berniat memiliki investasi emas untuk dana pendidikan anak, sebaiknya lakukan survei sedini mungkin perihal fluktuasi harganya.

Anda dianjurkan untuk memilih emas batangan sebagai investasi jangka panjang yang memiliki kadar kemurnian hingga 999 daripada emas bentuk perhiasan. Jika tiba saatnya, emas tersebut dapat Anda jual kembali untuk membiayai sekolah buah hati dengan perkiraan nilai emas yang sudah lebih tinggi.

Jika Anda tertarik dengan jenis investasi emas untuk kepentingan persiapan dana tabungan anak di masa depan, maka kebutuhan investasi Anda dengan emas batangan dapat terwujud bersama Sakumas, yang merupakan platfrom untuk membeli dan menjual produk-produk berbahan dasar emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia melalui emas digital.

Anda tak perlu khawatir, karena kemanan penyimpana emas fisiknya terjamin di brankas depository dengan pencatatan yang dilakukan secara digital, serta seluruh transaksi emas digital pada platform diatur dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Sakumas untuk mendapatkan informasi selengkapnya, dan temukan manfaat jangka panjangnya untuk Anda dan masa depan buah hati.

Ilustrasi: https://www.freepik.com/free-photo/golden-rmb-coins-cloth-bag_1193016.htm#page=1&query=gold investment&position=1&from_view=search