Seputar Emas Digital

Seputar Emas Digital

Posted By: Admin, 2021-11-01


  Share:


Menabung itu baik.

Tapi sudahkan sobat menetapkan target dan tujuan spesifik dari tabungan kita tersebut? Ada baiknya kita membulatkan tekad dan niat dengan menetapkan target yang ingin dituju. Termasuk juga menentukan jangka waktunya. Niat dan tekad yang bulat sehubungan dengan target, tujuan spesifik, dan jangka waktu dalam menabung, seringkali akan menggerakkan kita dengan sendirinya untuk disiplin berjuang mengejar target tersebut.

Hal ini diharapkan dapat menjauhkan kita dari segala pengeluaran yang kurang efisien. Selain itu, secara tidak langsung kita juga dikondisikan untuk tidak tergoda dan menjadi bijak dalam menggunakan uang.

Investasikan hidup Anda untuk hal yang positif. 

Karena pada dasarnya berinvestasi adalah usaha/proses menanam sesuatu untuk menghasilkan sesuatu yang nantinya bisa memudahkan terpenuhinya kebutuhan hidup. Termasuk juga mengangkat derajat hidup. Mau investasi sehubungan dengan ilmu pengetahuan, kesehatan, kecantikan, terutama yang menghasilkan uang, karena akan mempermudah kita dalam menjalani hidup nantinya.

Sebelum berinvestasi, hendaknya kita mempelajari dan mencari tahu hal-hal sehubungan dengan investasi. Termasuk memahami profil risiko diri kita terhadap potensial risiko yang terjadi. Sejauh mana kita sanggup menghadapi merosotnya/hilangnya dana/aset kita jika terjadi resesi, sebagai risiko dari investasi.

Hal ini sebagai bahan pertimbangan seberapa besar dana/aset yang akan kita investasikan. Pun dalam pengambilan keputusan-keputusan lainnya sehubungan dengan gerak kita berinvestasi nantinya.

Jika sudah menetapkan tujuan investasi, maka konsisten adalah kunci.

Investasi Emas

Emas Fisik.

Di era modern, emas juga dijadikan sebagai instrumen menabung atau berinvestasi.  Biasanya bentuknya adalah logam mulia yang dicetak batangan ataupun kepingan. Berbeda tentunya dengan emas perhiasan yang dibentuk menjadi cincin, kalung, gelang dan lain sebagainya.

Risiko Emas Fisik.

Terdapat risiko bila kita menabung atau berinvestasi dalam bentuk emas fisik. Antara lain risiko kehilangan atau dicuri. Maka dari itu, menyimpan emas fisik terutama dalam jumlah besar memerlukan biaya lebih bila ingin aman, seperti menyewa brankas di bank atau di pegadaian.

Emas Digital.

Seiring perkembangan jaman dan majunya teknologi, menabung atau berinvestasi emas tak hanya dalam bentuk emas fisik, tapi juga bisa dilakukan dalam bentuk emas digital. Sekarang ini, kamu bisa investasi emas hanya dengan klik di platform digital. Melalui smartphone kamu bisa membeli dan menyimpan emas.

Antusiasme masyarakat terhadap emas digital pun semakin tumbuh pesat. Alih-alih membeli emas fisik. Apa sih kelebihan emas digial?

Ini Loh Keunggulan Emas Digital vs Emas Fisik.

  1. Pecahan yang kecil. Bisa dibeli dalam satuan sekecil 0,01 gram.
  2. Mudah membelinya. Kamu nggak perlu repot-repot antre di toko.
  3. Perbedaan harga beli dan jual lebih rendah dari emas fisik. Jadi, lebih cuan.
  4. Trading secara real time. Sehingga kamu bisa langsung menarik dana hasil penjualan.
  5. Tidak perlu tempat penyimpanan. Jadi, nggak perlu khawatir risiko pencurian.

Dengan keunggulan semacam itu, nggak heran sih kalau orang-orang lebih tertarik investasi emas digital. 

Mungkin termasuk kamu juga ya sobat?

Syukur-syukur bisa beli emas pas harga lagi turun ya. Bisa donk borong. Tapi walau harga ngga turun, kalau memang sudah ada dananya, ya gapapa beli aja. Pun saat harga sedang tinggi, ngga perlulah buru-buru dijual. Toh dari tahun-tahun harga emas punya kecenderungan selalu naik. Kecuali kita memang sudah mencapai tujuan investasi kita.

Menabung atau berinvestasi emas, memang bisa dilakukan dalam bentuk emas fisik maupun emas digital.

Biar semakin berkah, pastikan kamu investasi emas digital di platform yang aman dan terpercaya yah, sobat.

Sakumas adalah platform yang menawarkan emas digital, Sobat sudah punya tabungan atau investasi emas digital di Sakumas belum?

Ilustrasi: freepik.com