Seberapa Pentingkah Dana Pensiun Buat Kamu?

Seberapa Pentingkah Dana Pensiun Buat Kamu?

Posted By: Admin, 2022-08-27


  Share:


Sudahkah kamu memiliki dana pensiun? Atau jangan-jangan, kamu belum memahami pentingnya memiliki dana pensiun?

Dana pensiun merupakan aset lancar yang telah kita persiapkan untuk dimanfaatkan guna memenuhi semua kebutuhan setelah pensiun. Lantas, seberapa penting atau sudah siapkah kamu untuk persiapkan untuk masa tua kelak?

Setelah bertahun-tahun kamu bekerja keras dan melakukan hal-hal produktif, semua ini akan usai pada masanya. Kamu akan dihadapkan pada kenyataan bahwa ketika kamu memasuki masa pensiun, kamu tidak lagi menerima penghasilan bulanan seperti yang kamu dapatkan dulu.

Selain membutuhkan persiapan mental, ada hal lain yang juga sangat penting untuk disiapkan, yaitu mempersiapkan dana untuk kehidupan sehari-hari setelah tidak memiliki penghasilan lagi. Beruntung jika kamu memiliki keluarga atau anak-anak yang siap menggantikanmu membiayai kehidupan sehari-hari setelah memasuki masa pensiun.

Dana pensiun dimaksudkan agar kamu bisa menikmati gaya hidup yang sama meski tidak lagi bekerja atau berpenghasilan. Kebanyakan orang tentu ingin menikmati masa tuanya, bercengkerama dengan keluarga sepanjang hari tanpa harus memikirkan pekerjaan yang akan dilalui tentu jadi hal yang diimpikan. Tidak hanya itu, kalau dana pensiun kamu berlebih, kamu bahkan bisa menikmati masa tua sambil liburan. 

Hal itu bisa kamu dapati apabila membuat tabungan pensiun sejak dini.

Berikut beberapa alasan mengenai pentingnya dana pensiun harus dipersiapkan.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga

Ketika usia tua nanti, tidak ada yang menjamin bahwa kamu akan terus sehat dan tanpa terserang penyakit. Biasanya, di usia pensiun nanti daya tahan tubuh akan semakin lemah dan rentan terserang penyakit.

Dana pensiun menyelamatkanmu dari hal tersebut. Ketika kamu sakit, kamu bisa berobat secara mandiri.

Tidak menyusahkan anak

Jika tidak punya dana pensiun, bisa jadi kamu akan merepotkan anak-anakmu karena meminta mereka menyisihkan gaji untuk kebutuhanmu.

Tentu kamu berharap masa pensiunmu memiliki kualitas hidup yang baik jika tua nanti. Oleh karena itulah, kamu perlu memiliki dan mempersiapkan dana pensiun mulai sekarang.

Menghabiskan waktu sepenuhnya buat keluarga 

Karena waktu yang berharga adalah saat kamu dapat menghabiskan masa tuamu dengan menikmati waktu bersama keluarga tanpa kamu bekerja seharian. Namun masih banyak yang belum menyadari terkait pentingnya dana pensiun sejak dini.

Melihat risiko-risiko inilah, maka dapat disimpulkan bahwa kamu tetap butuh perencanaan yang matang saat pensiun nanti dan peran dana pensiun sangat penting di sini. Dana pensiun dapat kamu persiapkan dengan menabung uang atau berinvestasi. Tapi menabung saja tidak cukup sehingga harus dibarengi dengan berinvestasi.

Lakukanlah investasi untuk jangka panjang dan pilihlah instrumen investasi berupa emas, namun perlu diperhatikan di era digital seperti saat ini membeli emas secara fisik mungkin sudah mulai banyak ditinggalkan. Di mana, membeli emas secara fisik berarti kamu membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang beralih ke investasi emas online atau digital.

Dengan emas digital, kamu tidak perlu menyimpan emas batangan lagi. Selain itu, nilai emas juga jarang turun sehingga sangat cocok untuk menyimpan dana pensiun. Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti biaya administrasi dari tabungan emas, biaya cetak emas, biaya sertifikat emas, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa dana pensiun harus dipersiapkan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang berinvestasi.

Photo by www.pexels.com