RAHASIA SUKSES WARREN BUFFETT

RAHASIA SUKSES WARREN BUFFETT

Posted By: Admin, 2021-11-29


  Share:


Siapa yang tak kenal dengan Warren Buffett. Dia adalah sosok investor terkemuka di dunia yang sukses menanamkan investasi ke sejumlah perusahaan, bahkan menjadi besar.

Hal penting ketika kamu ingin memulai investasi adalah memahami detail aset investasi pilihan kamu. Pahami peluang dan risikonya, jangan keburu nafsu. Kamu perlu riset, pahami karakter, risiko dan peluang aset investasi idaman kamu. 

Jangan asal memilih aset investasi karena faktor ikut-ikutan trend. Apalagi cuma karena tergiur bujuk rayuan promo spesial.

Semakin kamu mengenali aset investasi, peluang untung makin besar. Investasi kan demi cuan, bukan boncos.

"Jangan pernah melakukan investasi pada bisnis yang tidak Anda pahami." - Warren Buffett.

Nah, intip yuk triknya Buffett hingga menjadi investor tersukses di dunia.

1. Hidup hemat.

Buffett terkenal hidup jauh di bawah apa yang dimilikinya. Dia dikenal mengendarai mobil yang lebih tua dan sederhana, padahal dengan status salah satu orang terkaya di dunia, dia bisa membeli mobil premium apa pun. Dia masih tinggal di rumah yang dia beli di Omaha, Nebraska, seharga US$ 31.500 pada tahun 1958, dan dia membeli sarapan di drive-thru McDonald hampir setiap hari. Kamu dapat mengikuti teladannya dengan mencari cara baru untuk menggunakan uang.

2. Berkomunikasi dengan baik

"Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak akan dapat meyakinkan orang untuk mengikuti Anda meskipun Anda melihat dari atas gunung dan mereka tidak," kata Buffett kepada seorang mahasiswa MBA Stanford.

Cukup  punya modal menjadi komunikator yang kuat, Anda dapat membantu siapa pun mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk berpikir dalam situasi yang penuh tekanan.

3. Mau mempelajari hal baru

Buffett suka mengatakan bahwa pengetahuan yang terakumulasi itu seperti halnya bunga di bank. Dia memulai setiap hari dengan membaca koran, dan dia membaca buku tentang berbagai topik setiap hari. Mendapatkan informasi tidak hanya akan memengaruhi investasi Anda, tetapi juga akan mempersiapkan Anda untuk sukses di semua bidang kehidupan. Pelajari apa yang orang lain dapat ceritakan tentang teknologi baru dan strategi baru.

4. Lakukan investasi jangka panjang.

Beli dan tahan adalah strategi investasi jangka panjang yang umum yang mengharuskan kita bertahan memegang investasi saham tertentu bahkan ketika sedang mengalami hari atau bulan yang buruk.

Pendekatan Buffett mungkin disebut beli dan tahan dan tahan. Seperti yang sering dia katakan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, perusahaan investasi yang dia miliki.

Dia tidak keberatan ketika harga saham jatuh sesekali, tapi bagi dia penurunan harga saham itu adalah peluang bagus untuk membeli lebih banyak saham dengan harga diskon.

5. Jangan berhutang

Gunakan uang Anda sendiri saat berinvestasi, Buffett mengatakan meminjam itu gila.

"Ini gila mempertaruhkan apa yang Anda miliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan," katanya kepada CNBC.

6. Persiapkan diri, karena risiko mungkin terjadi

Dalam berinvestasi dan dalam hidup, Anda harus siap karena apa pun bisa terjadi. Jika Anda mengingat hal ini, Anda akan melanjutkan dengan hati-hati dan membuat keputusan yang tepat tentang investasi Anda.

Gimana nih sob,  ternyata mudah yah rahasia kesuksesan CEO Berkshire Hathaway ini. Kamu sih bisa nih ikutin strategi investasi Warren Buffett itu ya?

Yuk mulai sekarang aja buat investasi. Nggak usah menunggu kaya. Biar segera mencapai financial freedom.

ilustasi : sakumas