Pertanyaan Seputar Investasi Emas

Pertanyaan Seputar Investasi Emas

Posted By: Admin, 2022-09-03


  Share:


Emas menjadi alat tukar dan perhiasan sejak zaman dahulu. Tingkat kekayaan seseorang juga dapat dilihat dari jumlah emas yang dimilikinya. Dahulu, perhiasan emas menjadi primadona sebagai bentuk investasi yang paling praktis dan menambah nilai estetis. Semakin banyak perhiasan emas yang dipakai, semakin meningkat pula status sosialnya. 

Beda dulu, beda sekarang. Emas tidak lagi menjadi alat tukar karena uang zaman sekarang terbuat dari kertas dan bukan logam mulia. Perhiasan emas pun tidak lagi populer dan jarang digunakan. Sekarang, bentuk emas yang lebih disukai sebagai alat investasi adalah emas batangan. Bentuk emas yang harganya cukup stabil, membuat orang beralih. 

Berikut ini beberapa pertanyaan seputar investasi emas.

Mengapa harus investasi emas? 

Tujuan berinvestasi sedikit banyak ikut menentukan bentuk investasi yang dipilih. Jika yang dibutuhkan adalah investasi jangka panjang untuk biaya pendidikan, dana darurat, pensiun, emas bisa menjadi pilihan yang tepat. Emas merupakan bentuk investasi yang stabil, minim risiko, terjangkau, dan mudah dipahami hitung-hitungannya dibandingkan dengan bentuk investasi lain.

Pilih mana, emas perhiasaan atau emas batang?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus mengetahui apa sebenarnya tujuanmu membeli emas. Jika tujuan kamu adalah untuk estetika, jelas emas perhiasan adalah pilihan tepat. Tapi jika tujuan kamu untuk investasi, maka pilihlah emas batang. Mengapa? Karena harga jual kembali (buy back) untuk emas perhiasaan akan lebih rendah dibanding emas Batang, karena saat kamu menjual emas perhiasan, emas tersebut akan dikurangi harga produksi. Lain halnya dengan emas batang yang mengikuti harga emas hari itu.

Apa bentuk emas yang ideal untuk berinvestasi?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, emas dalam bentuk batangan lebih diminati untuk investasi karena tidak ada pengurangan nilai. Perhiasan merupakan emas yang sudah dibentuk. Biasanya jika menjual perhiasan emas, akan ada pengurangan nilai karena ada biaya tambahan dalam proses pembuatannya. Namun, jika Anda tipe orang yang senang menggunakan perhiasan emas dan mengoleksinya, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dengan membelinya. Investasi dengan perhiasan emas terkadang tidak “terasa” karena kamu menikmati membeli dan mengoleksinya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk investasi emas?

Investasi emas ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang, terlebih bila yang dipilih adalah bentuk perhiasan. Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menambah nilai perhiasan tersebut dibandingkan dengan emas batangan. Bila kamu ingin menghitung jangka waktu dan jumlah emas yang dibutuhkan untuk investasi, cukup menghitung harga emas dalam rupiah dan menyesuaikan dengan nilai yang ingin dicapai. Misalnya kamu butuh untuk uang muka sekolah anak yang baru lahir. 

Seberapa aman investasi emas?

Risiko kerugian dari investasi emas cenderung kecil, karena harga emas selalu naik mengikuti atau lebih tinggi dari nilai inflasi. Risikonya lebih ke sistem penyimpanannya karena mudah untuk dijual dan berpindah tangan, emas jadi incaran pencuri. Kamu bisa kok menyimpannya di deposit box atau brankas.

Kapan waktu yang tepat memulai investasi Emas?

Setidaknya ada dua hal yang menentukan kapan waktu terbaik Anda memulai investasi emas. Pertama, saat kamu telah memiliki tujuan Investasi dan ke-dua adalah saat kamu memiliki dana untuk mewujudkan tujuan investasi tersebut. Tujuan akan membuat rencana Investasi kamu lebih terarah dan lebih termotivasi untuk memulai dan menjalani prosesnya. 

Waktu yang tepat untuk investasi emas adalah saat kamu sudah memiliki tujuan investasi dan dana. 

Photo by www.pexels.com