Milenial Wajib Tahu, Ini Tips Penggunaan Uang THR Biar Tidak Cepat Habis!

Milenial Wajib Tahu, Ini Tips Penggunaan Uang THR Biar Tidak Cepat Habis!

Posted By: Admin, 2022-04-19


  Share:


Menjelang hari Raya Idul Fitri biasanya para pelaku usaha akan membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan. Di sisi lain, Anda yang masih bekerja sebagai karyawan akan mendapat THR dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Menjelang momen berbahagia itu, tidak ada salahnya jika kita saling mengingatkan, agar rezeki itu tidak langsung dihabiskan. Karena biasanya ketika kita memiliki uang yang banyak, ada potensi langsung merasa ingin menghabiskannya.

Padahal uang tersebut bisa ditabung atau diinvestasikan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Bagi Anda yang masih bekerja, terlebih para milenial, misalnya untuk memulai bisnis di masa mendatang?

Tips Mengelola Uang THR

Bagaimana caranya biar nanti ketika sudah dapat uang THR tidak langsung habis dan bisa digunakan dengan benar? Bagi Anda yang sudah penasaran banget, langsung simak baik-baik ya beberapa tipsnya.

1. Segera sisihkan untuk ditabung terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sudah mendapatkan uang THR adalah segera sisihkan untuk ditabung. Karena ini akan mencegah Anda memakai uang tersebut. Jadi sebagian uang langsung sudah dimasukkan ke dalam tabungan dan sebagian lagi bisa dimanfaatkan untuk membeli barang yang diinginkan.

Untuk jumlah yang seharusnya ditabung itu tergantung dengan tujuan keuangan Anda. Yang paling penting uang yang sudah ditabung sudah tidak bisa digunakan untuk hal lain. Tentunya jika lebih banyak yang ditabung akan lebih baik bukan?

2. Gunakan untuk membayar zakat fitrah, infak dan sedekah

Alangkah lebih baik kalau uang THR selanjutnya digunakan untuk beramal baik seperti membayar zakat fitrah, infak dan sedekah biar uangnya makin berkah. Untuk zakat fitrah memang wajib dibayarkan pada waktu tertentu selama bulan Ramadhan dan sebelum Ramadhan berakhir.

Sedangkan infak dan sedekah bisa dilakukan kapan aja. Namun perlu diingat untuk selalu mengutamakan keluarga dan saudara terdekat terlebih dahulu sebelum bersedekah ke orang lain.

3. Membayar utang, cicilan, atau tunggakan

Setelah menyisihkan uang untuk ditabung, selanjutnya adalah bayar utang, cicilan dan tunggakan. Usahakan membayar cicilan dan tunggakan tetap menggunakan gaji. Karena gaji dan THR tampaknya tidak berbeda jauh pembayarannya oleh pemberi kerja.

4. Membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan

Setelah semuanya sudah disisihkan untuk ditabung, sedekah dan bayaran cicilan, Anda bisa menggunakan uang THR bisa membeli barang yang diinginkan. Namun perlu diingat membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu.

Untuk itu, perlu dibuatkan daftar barang-barang yang ingin dibeli. Lalu Anda bisa memisahkan barang apa saja yang memang dibutuhkan dan barang apa saja yang kira-kira masih bisa ditunda untuk dibeli.

5. Memilih kegiatan menyenangkan yang gratis

Libur hari raya idul fitri biasanya bertepatan dengan liburan sekolah. Usahakan memilih kegiatan menyenangkan yang gratis atau tidak mengeluarkan banyak biaya. Apalagi di zaman sekarang masih pandemi tidak perlu berkegiatan di tempat umum.

Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat lebaran nanti bisa mengajak anggota keluarga melakukan berbagai kegiatan seru di rumah seperti bermain kartu, kompetisi olahraga dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika sudah mendapatkan uang THR. Harus bisa dikendalikan pengeluarannya biar tidak boncos, ya!

Ilustrasi : Unsplash