Metaverse: Investasi Jangka Panjang, Dari Film Sci-Fi Menjadi Realitas

Metaverse: Investasi Jangka Panjang, Dari Film Sci-Fi Menjadi Realitas

Posted By: Admin, 2021-11-11


  Share:


Jika mendengar Metaverse, apa yang pertama kali terbesit dalam benak Anda? Bisa jadi, salah satunya adalah film Sci-fi dengan teknologi canggih yang seperti pergi ke masa depan dengan teknologi yang luar biasa. 

Sekarang, metaverse bukan lagi soal Sci-fi saja, tetapi memang sudah ada di kehidupan nyata. Bagusnya lagi, kita tidak perlu menunggu berpuluh tahun ke depan karena mateverse kini sudah ada di sekitar kita sekarang.

Metaverse juga erat kaitannya dengan kemajuan internet dan kehidupan virtual yang semakin sering kita alami, terutama semenjak adanya pandemi. Hal ini pun dapat dihubungkan dengan cryptocurrency terutama dengan token non-fungible (NFT) yang kini sedang naik daun.

Kisah Fiksi dan Metaverse

Metaverse diartikan sebagai ruang bersama virtual yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik yang ditingkatkan secara virtual, internet, dan augmented. Kecenderungannya terdapat pada video game populer seperti Roblox, Fortnite, dan Animal Crossing. 

“Snow Crash” merupakan istilah ini pertama kali yang diciptakan dalam novel fiksi ilmiah, Neal Stephenson, pada tahun 1992 , di mana sepasang pengemudi melakukan perjalanan metaverse untuk menyelamatkan diri dari distopia kapitalis.

Meski tidak ada yang tahu pasti seperti apa metaverse itu sendiri, namun karakteristik dasarnya telah ditetapkan yang mencakup dunia nyata atau fisik dan virtual 3D, berpusat di sekitar ekonomi yang berfungsi penuh, dan memungkinkan users untuk melakukan perjalanan melalui “tempat” yang berbeda dengan relatif mudah, serta mempertahankan avatar dan barang yang mereka beli.

Pembeli seringkali menggunakan cryptocurrency untuk membeli semua kebutuhan di metaverse yang bersifat virtual ini. Users pun dapat berkeliaran dengan teman, mengunjungi gedung, membeli barang dan jasa, dan menghadiri acara di lingkungan tersebut.

Karena hal Inilah yang membuat metaverse seperti memberikan users memiliki pengalaman berada di dunia lain atau diberbagai kisah fiksi yang pernah mereka lihat, salah satunya melalui game dengan konsep metaverse ini.

Pentingnya Metaverse

Salah satu alasan yang membuat metaverse menjadi penting bagi umat manusia saat ini adalah karena secara fundamental dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital yang semakin berkembang.

Pengalaman virtual kolektif dapat menghadirkan peluang baru bagi creator, gamers, dan artis melalui cara yang sama seperti yang dimiliki oleh NFT. Hebatnya lagi, dunia maya metaverse bisa menjadi industri triliunan dolarnya sendiri.

Sejatinya, metaverse tidak digambarkan sebagai perpanjangan dari internet tetapi penerus dari kemajuan internet, di mana semuanya sedang dibangun menggunakan blockchain dan aplikasi terdesentralisasi.

Matthew Ball, kapitalis ventura dan penulis esai, menuliskan tentang metaverse yang akan berubah menjadi “pintu gerbang ke sebagian besar pengalaman digital, platform tenaga kerja hebat berikutnya, dan komponen kunci dari semua pengalaman fisik.”

Crypto dan Metaverse

Di balik layar metaverse, tentu akan ada permintaan untuk memberikan identitas tanpa izin, layanan keuangan, serta pertukaran berkecepatan tinggi. Data juga harus disimpan dan disajikan ke jutaan users, dan yang bisa memenuhi kebutuhan ini adalah blockchain dalam teknologi cryptocurrency.

Gamers dapat membuat struktur seperti taman hiburan,dan memonetisasinya, karena perusahaan seperti Decentraland dan The Sandbox telah mengembangkan dunia virtual yang mengintegrasikan cryptocurrency.

NFT akan memainkan peran penting dan mendasar dalam metaverse selain blockchain, di mana NFT akan memiliki kepemilikan penuh atas karakter yang digunakan, item dalam game yang masih harus dibayar, dan bahkan sebongkah tanah virtual.

Selain itu, cryptocurrency dikabarkan bisa menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah yang digunakan di metaverse, dengan semua objek virtual dan barang dan jasa tak berwujud dinyatakan sebagai NFT.

Masa Depan Metaverse

Cryptocurrency yang mulai dikenal di berbagai kalangan dan NFT yang semakin populer, mengingat perkembangan teknologi yang semakin cepat pula. Sejauh ini, masa depan dunia virtual ini terbilang cerah dan cukup menjanjikan namun masih belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan metaverse untuk bisa digunakan oleh berbagai kalangan.

Banyak platform di dunia virtual berbasis blockchain masih mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang akan memungkinkan users untuk sepenuhnya berinteraksi di ruang angkasa.

Selain itu, banyak futuris yang memperkirakan bahwa teknologi VR dan AR akan memberikan peningkatan $1,5 triliun ke ekonomi global pada tahun 2030, dibandingkan dengan $46,5 miliar pada tahun 2019.

Kaitan Facebook, Google, Sony, dan Metaverse

Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook memberitahu ambisinya soal metaverse saat wawancara bersama The Verge pada Juli 2021 silam. Mark mengatakan bahwa perusahaan telah mengumpulkan tim eksekutifnya untuk mempelopori proyek tersebut, termasuk kepala produk Instagram Vishal Shah dan Vivek Sharma dan Jason Rubin dari Facebook Gaming.

Facebook sendiri diketahui telah mengenalakan Horizon Workrooms sebagai langkah pertama menuju metaverse VR, dengan rencananya yaitu melompat langsung dari smartphone dan laptop ke headset VR.

Menurut Mark, dengan adanya metaverse, bekerja di virtual reality atau VR akan memberikan kesempatan multitasking yang besar dan pertemuaan yang lebih menarik hingga kolaboratif yang akan mendorong produktifitas para pekerjanya.

Selain Facebook, ada juga beberapa perusahaan besar yang akan menjelajahi metaverse, seperti Google, Microsoft, Samsung dan Sony telah bergabung dengan Facebook di XR Association, sebuah konsorsium perusahaan teknologi yang bertujuan untuk membentuk masa depan “experiential reality.”

Itulah gambaran bagaimana investasi di masa depan akan semakin berkembang dan semakin maju mengikuti perkembangan yang ada. Anda tentu tak mau ketinggalan, bukan? Jika Anda seorang pemula yang ingin berinvestasi, Anda tak perlu ragu karena Anda dapat memulai investasi di Sakumas. 

Sakumas merupakan platform membeli dan menjual produk-produk berbahan dasar emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia melalui emas digital. Keamanan penyimpanan emas fisiknya pun terjamin di brankas depository dengan pencatatan yang dilakukan secara digital, serta seluruh transaksi emas digital pada platform diatur dan diawasi oleh BAPPEBTI.

So, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi segera kunjungi Sakumas untuk mendapatkan pengalaman berinvestasi dan manfaat jangka panjang lainnya!