Mengajari Anak Menabung Tanpa Iming-Iming Hadiah

Mengajari Anak Menabung Tanpa Iming-Iming Hadiah

Posted By: Admin, 2022-03-03


  Share:


Memberi reward untuk merayakan pencapaian Si Kecil menabung, memang bagus. Tapi kebiasaan memberi hadiah akan membuat anak tidak memahami esensi dari menabung. Pemikiran yang masih sangat dini tentu membuatnya hanya berfikir untuk bermain. Kondisi demikian jelas menjadi tantangan tersendiri bagi Anda para orang tua untuk dapat mengarahkan sang buah hati mempersiapkan finansialnya sejak dini.

Mengajarkan anak-anak kita cara menabung sejak dini, tentu saja merupakan hal positif yang baik yang bisa memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Ketika anak-anak mulai suka menabung maka tentu akan membuat mereka menjadi pribadi yang mandiri. Tujuannya tak lain agar kelak anak paham cara yang tepat dan lebih bijak dalam menggunakan serta mengelola uang ketika beranjak dewasa nanti.

Berikut cara  mengajarkan anak gemar menabung, antara lain :

Bangun pola pikir berbuat baik.

Saat berpikir positif maka akan mengalir rasa kehangatan, kekompakan, dan motivasi menjadi keluarga yang sejahtera dan harmonis. Edukasi menabung sejak dini ini, merupakan hal sangat positif yang kelak dapat menjadi suatu pola kebiasaan bagi anak untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya dimasa mendatang. Bukan hal yang mudah memberikan pemahaman kepada anak menyangkut tentang uang. Berilah informasi dengan cara yang mudah sehingga anak dapat memahaminya. Berikan informasi seputar uang, mulai dari jenis, jumlah, dan manfaat dari uang itu sendiri. Beritahu mereka bagaimana penggunaan uang dengan tepat, namun secara perlahan hingga mereka paham.

Beri penjelasan manfaat menabung

Supaya anak-anak rajin menabung, maka kita juga harus memberikan edukasi yang tepat kepada mereka yaitu memberitahu tujuan untuk menabung. Walau mereka masih kecil, namun jika mereka tahu apa tujuan menabung dan menurut mereka itu menarik bagi mereka maka mereka bisa menabung dengan rajin. Misalnya beritahu kepada anak kalian, bahwa menabung itu merupakan salah 1 hal yang positif, dengan menabung kita bisa membeli mainan yang kita inginkan, dengan menabung juga bisa membantu untuk membayar biaya sekolah, dengan menabung nantinya kita juga bisa membantu orang yang kesusahan misalnya dengan membagikan makanan atau hal lainnya. Jika anak merasa hal itu menarik baginya maka mereka akan termotivasi secara alami untuk menabung.

Beri celengan lucu

Anak tentu identik dengan segala hal yang dapat menarik perhatiannya secara psikis. Sehingga dengan memberinya buah hati celengan dengan bentuk yang lucu dan aman baginya, dengan pemahaman yang sebelumnya telah Anda sampaikan. Ia pun nantinya dapat mengetahui fungsi dari celengan dan membuatnya semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang yang diperolehnya. Dengan begitu, Anda pun sukses memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mendidik anak untuk menabung pada buah hati Anda.

Ajak anak menabung di bank

Supaya anak-anak lebih tahu mengenai menabung maka sesekali ketika kamu ada urusan ke bank maka kamu bisa mengajak anak-anak untuk pergi ke bank. Sekalian kamu bisa memberi edukasi kepada mereka, apa itu bank? Apa kegunaan dari bank? Mungkin mereka akan menjadi lebih bersemangat untuk menabung ketika tahu ada bank yang bisa membantu mereka untuk menabung.

Jadilah contoh yang baik

Selain teori dan praktik diajarkan kepada anak, cara terbaik mengajarkan sesuatu kepada anak adalah dengan memberikan contoh langsung kepada mereka. Contoh yang baik juga menjadi salah satu edukasi yang penting. Karena, anak-anak akan mencontoh ketika melihat kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya.

Sumber foto : freepik.com