Mau Punya Penghasilan Tambahan? Simak Caranya di Sini

Mau Punya Penghasilan Tambahan? Simak Caranya di Sini

Posted By: Admin, 2022-07-21


  Share:


Kondisi ekonomi yang tidak menentu mungkin membuat Anda mengkhawatirkan masa depan. Meskipun saat ini Anda memiliki pekerjaan penuh waktu, namun kemungkinan kehilangan pekerjaan bisa saja terjadi jika Anda adalah seorang karyawan.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk menyiapkan masa depan dan menjaga kondisi finansial. Salah satunya dengan mencari penghasilan tambahan. Lantas bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan?

Bagaimana Anda bisa melindungi kondisi finansial Anda? Anda bisa menghilangkan sebagian kekhawatiran Anda dengan diversifikasi pemasukan. Diversifikasi pemasukan berarti menambah beberapa aliran pemasukan selain dari pemasukan utama yaitu full time job Anda.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan memang bisa menantang apalagi kalau Anda punya pekerjaan utama yang menyita waktu. Namun ada kok, cara-cara yang memungkinkan dan dapat dilakukan siapa saja.

Ada beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan, beberapa metode cocok untuk Anda yang sudah memiliki tabungan yang banyak dan aset, tapi ada juga kok metode yang cocok untuk siapa saja yang baru memulai atau masih hidup dari gaji ke gaji.

Apakah Anda sedang mencari cara lebih cepat melunasi utang, mencari penghasilan tambahan untuk berbisnis atau sekadar menabung untuk masa depan, ini beberapa cara untuk memulai. Apa saja sih caranya?

Pertama, secara aktif

Mencari penghasilan tambahan secara aktif berarti Anda harus rela menyediakan waktu lebih untuk ‘side hustle’ alias sampingan. Di luar jam kerja 9 to 5, Anda harus merelakan waktu beristirahat atau bersenang-senang untuk menghasilkan uang lebih. Namun, ini akan sepadan dengan hasilnya dalam jangka waktu penjang. Berikut beberapa ide yang bisa Anda lakukan.

Membuka usaha sampingan kecil-kecilan

Tidak perlu jauh-jauh, pikirkan saja dari apa yang Anda suka lakukan. Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi bisnis kecil-kecilan. Ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang menyenangkan.

Misalnya jika Anda hobi memasak Anda bisa menjual hasil masakan Anda atau membuka usaha katering kecil-kecilan, atau Anda seorang yang crafty? Anda bisa menjual barang kerajinan yang Anda buat. Anda juga bisa menggunakan expertise yang Anda miliki, misalnya dengan menjadi konsultan atau pengajar.

Mencoba kewirausahaan mikro

Tidak tahu mulai darimana? Saat ini ada berbagai kewirausahaan mikro yang bisa Anda coba, seperti delivery makanan atau supir mobil atau motor berbasis online yang bisa Anda kerjakan di luar jam kerja.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan seperti ini tidak membutuhkan modal besar (kecuali mobil atau motor yang sudah Anda miliki sebelumnya) dan persiapan sebelumnya, berbeda jika Anda berwirausaha seutuhnya.

Memanfaatkan internet

Anda dapat memanfaatkan internet untuk cara mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman sekarang ada banyak sekali peluang mencari penghasilan tambahan yang bisa didapatkan dari internet.

Misalnya dengan menjadi penjual dropship atau reseller. Atau bahkan dengan modal yang lebih besar dan koneksi supplier, Anda dapat membuka online store Anda sendiri atau memanfaatkan e-commerce yang sudah ada.

Anda juga bisa memanfaatkan internet dengan mengikuti program Affiliate Marketing, yaitu metode menghasilkan uang melalui kode referral. Yang perlu Anda lakukan cukup promosi produk di berbagai platform online Anda seperti website, blog, dan sosial media.

Mencari pekerjaan freelance

Anda bisa tanya-tanya teman atau kolega di luar kantor untuk menjadi pekerjaan freelance atau sering juga disebut side job, bisa yang serupa dengan pekerjaan utama Anda atau sama sekali berbeda yang penting Anda memiliki skill-nya. Anda juga bisa cek situs-situs penyedia pekerjaan freelance seperti freelancer, sribulancer, projects, fiverr, dan lain-lain.

Kedua, secara pasif

Apakah gagasan menghasilkan uang saat Anda tidur terdengar menarik? Hal ini mungkin terjadi dengan aliran pendapatan pasif tetapi perlu diingat bahwa Anda harus bekerja keras atau mengeluarkan modal banyak di awal-awal sebelum Anda dapat menghasilkan keuntungan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Menyewakan properti

Menyewakan properti bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan secara pasif yang sangat efektif. Metode ini terbaik jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli rumah secara cash atau membayar hipotek tambahan.

Ini juga bisa menjadi aset dengan keuntungan besar dalam jangka waktu panjang. Anda bahkan bisa membeli properti dengan harga yang jauh lebih murah di luar kota dan menyewa grup manajemen properti lokal untuk mengelola properti Anda tersebut.

Investasi

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda lakukan seperti emas, deposito, saham, reksa dana, dan lain-lain. Meskipun ide melipatgandakan uang dan uang bekerja sendiri selama Anda tidur tampak menggiurkan, namun Anda tidak boleh sembarangan berinvestasi. Bekali diri dengan berbagai pengetahuan dasar mengenai investasi yang perlu Anda pahami, atau pilih manajer investasi yang terpercaya.

Upgrade skill atau mempelajari skill baru

Ini memang bukan cara mencari penghasilan tambahan secara langsung, namun dengan mempelajari skill baru atau meng-upgrade skill Anda yang sudah ada, Anda berinvestasi kepada diri sendiri untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan nantinya atau bahkan bisa melampaui penghasilan utama Anda.

Nah, itu tadi tips-tips cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan karena jam kerja akan bertambah dari biasanya dan juga untuk tetap memprioritaskan pekerjaan utama agar performa tidak menurun di kantor!

Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-black-long-sleeve-shirt-sitting-on-chair-3767406/