Libur Telah Tiba! Ini Persiapan Keuangan Natal dan Tahun Baru yang Harus Dilakukan

Libur Telah Tiba! Ini Persiapan Keuangan Natal dan Tahun Baru yang Harus Dilakukan

Posted By: Admin, 2021-12-24


  Share:


Libur Natal dan tahun baru sudah benar-benar dekat. Tentunya, persiapan yang Anda lakukan sudah harus sangat matang, bukan? Tak hanya soal liburan atau wisata saja, Anda juga harus membuat rencana keuangan yang matang menjelang libur natal dan tahun baru ini supaya kebutuhan libur akhir tahun dan kehidupan setelah liburan tetap terjamin. 

Jika belum sempat membuat persiapan yang harus dilakukan, barangkali tips dari Sakumas ini bisa membantu Anda!

1.Menghadapi lonjakan kebutuhan uang kartal

Sudah menjadi suatu hal yang wajar terjadi jika ada lonjakan permintaan uang tunai kartal (logam dan kertas) menjelang waktu libur Natal dan tahun baru. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bank Indonesia bahwa lonjakan permintaan akan uang tunai baik logam atau kertas mencapai angka Rp 105 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 7.2% dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bank Indonesia pun sebenarnya telah mengantisipasi hal ini. Pihaknya menyiapkan Rp 4,3 triliun pecahan kecil dan Rp100.7 triliun uang pecahan besar. Lonjakan yang terjadi di waktu libur Natal sebagai dampak adanya kebiasaan masyarakat yang memberikan angpao Natal dan tahun baru.

2. Mempersiapkan modal liburan

Mengingat adanya kebiasaan memberikan angpao saat Natal dan tahun baru, maka Anda harus mempersiapkan hal ini dengan baik. Terlebih, jika Anda sudah bekerja dan dianggap cukup dewasa untuk memberikan angpao kepada keponakan dan anggota keluarga yang masih kecil lainnya. Kalau Anda tidak mempersiapkan ini dengan baik, maka kondisi finansial Anda akan goyah dan kacau.

Belum lagi jika Anda punya rencana buat jalan-jalan dan berwisata bersama teman atau keluarga. Bisa dipastikan, pengeluaran akan membengkak. Pertanyaannya, apakah Anda sudah memikirkan dan menimbang hal ini secara matang? Apakah sudah ada perencanaan finansial yang dilakukan? Jangan lupa, setelah libur Natal dan tahun baru, Anda tetap memiliki kehidupan yang harus dijalani seperti biasanya.

3. Merencanakan keuangan pasca liburan

Apakah Anda sudah punya rencana keuangan yang matang untuk modal libur Natal dan tahun baru bersama keluarga dan teman? Jika memang sudah, berarti itu adalah hal yang bagus.

Anda sudah tahu apa yang Anda inginkan dan butuhkan, kemudian Anda perlu membuat perencanaan untuk meraihnya. Tapi, jangan sampai opsi keuangan untuk liburan ini diambil dari uang untuk kebutuhan lain, kartu kredit, dan kredit tanpa agunan. Pasalnya, tiga opsi ini akan memberatkan Anda di akhir.

Akan jauh lebih baik jika Anda mempersiapkan sendiri keuangan yang bakal dipakai untuk libur Natal. Jika Anda sudah punya tabungan sendiri untuk memberikan angpao dan biaya liburan, maka uang untuk kebutuhan lain tetap aman.

Anda juga akan terhindar dari jeratan utang yang melilit pasca liburan. Jangan sampai, bahagia saat liburan, menangis saat harus kembali kerja di Januari 2022 akibat tagihan dan utang.

4. Memulai investasi emas di Sakumas

Ada satu hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan modal liburan dan persiapan keuangan pasca liburan. Hal tersebut adalah investasi emas di Sakumas. Sakumas adalah platform untuk membeli dan menjual produk-produk berbahan dasar emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia melalui emas digital.

Anda tak perlu khawatir, karena keamanan penyimpanan emas fisiknya terjamin di brankas depository dengan pencatatan yang dilakukan secara digital, serta seluruh transaksi emas digital pada platform diatur dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Sakumas untuk mendapatkan informasi selengkapnya, dan temukan manfaat jangka panjangnya untuk Anda dan liburan Anda bersama orang-orang terkasih di libur natal dan tahun baru!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/gJzGYWwTpGU