Langkah Awal Memulai Jadi Pengusaha

Langkah Awal Memulai Jadi Pengusaha

Posted By: Admin, 2022-04-21


  Share:


Memiliki bisnis sendiri atau mencoba wirausaha membuatmu leluasa untuk dapat mengatur pemberdayaan dan mengembangkan perusahaan. Namun tidak sedikit orang yang telah berusaha untuk dapat mewujudkan impiannya.

Sebuah bisnis memang membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit, tapi sebenarnya untuk tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan finansial.

Kemampuan, dan keberanian, untuk mengalkulasi dan mengambil risiko inilah yang tak dimiliki kebanyakan orang. Itulah sebabnya jumlah pelamar kerja cenderung lebih banyak daripada jumlah pengusaha.

Menjadi pengusaha sukses di usia muda bukanlah hal yang mudah. Terdapat banyak tantangan dan persaingan yang mesti dilewati sebelum mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Namun, bukan berarti impian menjadi pengusaha sukses di usia muda tidak mungkin untuk diwujudkan. Sebagai permulaan, kamu bisa memulai langkah berikut:

Komitmen yang kuat

Sudah punya niat yang besar untuk jadi pengusaha, dibarengi dengan komitmen. Percuma sudah memiliki niat, rencana bisnis yang hebat, tetapi pas menjalankannya maju mundur dan malas-malasan.

Itu namanya tidak komitmen. Komitmen diperlukan sejak awal ketika kamu mulai membangun bisnis. Dengan komitmen yang kuat, kamu tidak akan mudah terpengaruh, tidak pantang menyerah, dan akan secara gigih berupaya untuk mencapai kesuksesan.

Ketika sebagian besar teman-temanmu bercita-cita bekerja di perusahaan besar, sementara kamu fokus menjalankan sebuah bisnis. Memang tidak mudah, namun kamu harus percaya dan komitmen pada diri sendiri, itulah modal penting kalau pengin jadi pengusaha sukses.

Persiapkan fisik dan mental

Jadi pengusaha harus tahan banting dan bermental baja. Sebab, bisnis akan mengalami pasang surut, jatuh bangun, jungkir balik. Pelajaran ini yang akan menempa kamu sehingga dapat menjadi pengusaha sukses.

Selain itu, berdasarkan kisah para pengusaha yang kini tajir melintir, jam kerja ketika menjadi pengusaha memang lebih lama. Ada yang 14 jam setiap hari, bahkan ada yang 18 jam.

Beda kan dengan karyawan yang jam kerjanya cuma delapan jam. Kalau lembur, paling banter dua sampai empat jam. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan fisik dan mental, pikiran dan tenaga lebih ekstra ketika menjadi pengusaha. Terlebih jika baru awal merintis usaha, malahan bisa bekerja 24 jam setiap hari.

Tetapkan visi dan misi

Kamu harus memiliki visi dan misi yang jelas, baik jangka pendek maupun jangka panjang yang akan membantumu fokus bekerja demi tujuan yang sudah ditetapkan di awal. Bisnis menjadi lebih terarah. 

Siapkan modal

Selain menuangkan ide yang ada di kepala dan meminta saran dari para teman, cara selanjutnya untuk menjadi pengusaha adalah kamu juga bisa mencari tahu bisnis yang tepat dari besaran modal yang dipunyai. Dengan mengetahui secara pasti modal yang dimiliki, kamu jadi semakin mudah untuk menentukan jenis usaha yang akan kamu geluti. Sehingga nantinya kamu tak akan kelimpungan mencari uang demi menekuni bisnis impian.

Nikmati prosesnya

Memang terkadang jatuh bangun dalam menggeluti bisnis bisa menyurutkan niat yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Ketika hal ini sedang dialami, jangan cepat patah arang dan memilih untuk menyerah. Yakini saja bahwa bisnis yang sekarang sedang kamu titi ini ke depannya bisa berkembang makin luas jika kamu bersungguh-sungguh dan tak mudah putus asa.

Percaya akan kemampuan diri akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha. Ingat kamu harus yakin dengan kemampuan dan ilmu yang kamu miliki.


Foto dari Freepik.com