Keunggulan Reksa Dana Dibanding Investasi Lain

Keunggulan Reksa Dana Dibanding Investasi Lain

Posted By: Admin, 2022-07-21


  Share:


Reksa dana adalah salah satu instrumen yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Karena instrumen investasi satu ini dianggap cocok bagi pemula yang baru mulai untuk melakukan investasi.

Nah, apakah Anda adalah termasuk orang yang baru mulai berinvestasi? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk mencoba reksa dana menjadi instrumen yang pertama. Ada banyak keunggulan dari reksa dana dibandingkan dengan instrumen yang lain. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya!

Tapi ingat, setiap instrumen investasi ada risikonya. Gunakan dana yang memang Anda sisihkan untuk berinvestasi, bukan dana yang harusnya Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan penting lainnya.

Keunggulan dari Reksa Dana

• Tak Butuh Modal Awal Besar

Mulai berinvestasi pada reksa dana tak butuhkan modal yang relatif terlalu besar atau banyak, sehingga siapa saja bisa coba instrumen investasi yang satu ini. Dana minimal dibutuhkan untuk berinvestasi pada reksa dana adalah di mulai dari Rp100.000. Cukup murah, bukan?

• Telah Terdiversifikasi

Kelebihan yang selanjutnya dari instrumen investasi reksa dana adalah telah terdiversifikasi. Maksudnya bagaimana? Satu unit reksa dana yang Anda punya akan diinvestasikan oleh manajer investasi pada berbagai macam instrumen, mulai dari saham sampai obligasi. Jadi, dengan buat hanya satu jenis reksa dana, Anda sudah dapat investasikan uang ke beberapa kantong investasi. Menarik sekali, bukan?

• Dikelola oleh Manajer Investasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, uang yang Anda investasikan pada instrumen investasi reksa dana nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Dengan begitu, investasi Anda relatif aman serta berpotensi menghasilkan keuntungan. Hal ini pastinya memudahkan Anda yang masih pemula dan belum begitu mengerti tentang cara jual-beli saham serta menganalisis pasar dengan mandiri. Risiko alami kerugian pun dapat menjadi lebih rendah.

• Pencarian Dana yang Relatif Mudah

Keunggulan dari reksa dana yang selanjutnya yaitu proses pencairan dana yang relatif cukup mudah. Untuk cairkan unit reksa dana yang dimiliki, Anda perlu untuk menjualnya lagi saja dan uang hasil dari penjualan akan secara otomatis masuk ke dalam rekening Anda. Waktu diperlukan untuk cairkan dana itu sekitar dua hari. Jadi, tak perlu untuk menunggu lama untuk dapatkan hasilnya.

Nah, itulah beberapa keunggulan dari reksa dana dari instrumen investasi yang lainnya. Semoga bermanfaat!


Sumber: https://www.pexels.com/photo/graph-of-the-movement-of-the-value-of-bitcoin-6770775/