KESALAHAN MENABUNG UNTUK MASA DEPAN ANAK

KESALAHAN MENABUNG UNTUK MASA DEPAN ANAK

Posted By: Admin, 2022-02-09


  Share:


Menabung merupakan aktivitas penting di dalam alur keuangan, terutama bagi orang tua yang menginginkan masa depan terbaik bagi anaknya. Mempersiapkan masa depan anak, termasuk biaya kuliahnya kelak, bukan hal yang dapat disepelekan. Dengan selalu meningkatnya inflasi, biaya pendidikan anak di masa depan butuh perencanaan yang matang.

Menabung pada kenyataannya tidak mudah untuk menjadi sebuah kebiasaan, salah satunya karena menabung menjadikannya beban. Menabung tentu tidak hanya tentang berapa banyak uang yang mampu disisihkan. Lebih dari itu, menabung adalah tentang konsistensi. Meskipun begitu, banyak orang belum tahu bagaimana cara menabung yang benar. Masih ada orang yang menabung dengan cara yang salah. Bukannya mendapat untung, mereka justru buntung. Kesalahan cara menabung juga bisa membuat orang menganggap bahwa menabung itu susah.

Apa saja sih kesalahan dalam menabung yang harus segera dihentikan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menganggap menabung adalah beban

Menabung akan terasa berat dan sulit untuk dilakukan jika pola pikir anda demikian. Hal ini bisa menjadi akar kesalahan dalam usaha mengumpulkan uang. Sadari bahwa menabung adalah hal yang perlu dilakukan agar tujuan finansial kamu di masa depan bisa dipenuhi.

2. Tanpa memiliki tujuan yang jelas

Kesalahan menabung yang satu ini bisa menyebabkan kita tidak bisa fokus atau tidak ada motivasi dalam menabung karena tidak punya target yang jelas dan terukur. Secara otomatis jumlah uang pada tabungan tiap bulannya pun akan selalu naik dan turun. 

Kamu perlu menentukan untuk apa uang yang ditabung. Dengan menentukan tujuan, berapa jumlah yang harus dikumpulkan bisa diketahui. Kamu pun juga bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan agar tabungan kamu bisa mencapai jumlah yang dibutuhkan.

3. Tidak dianggarkan tiap bulan

Tabungan juga merupakan pengeluaran bulanan yang harus kamu anggarkan. Sama seperti anggaran lainnya. Dengan menganggarkan di awal, kamu akan lebih sadar bahwa kamu harus menabung. Karena sudah memiliki uang yang dianggarkan untuk menabung, kamu tidak akan lupa untuk melakukannya.

4. Tidak punya rekening terpisah

Biasanya seseorang bisa gagal menabung akibat rekening tabungannya dicampur dengan kebutuhan sehari-hari, jadi sulit untuk memisahkan antara keduanya. Dengan tidak mencampur rekening, sangat mudah untuk mengetahui secara jelas progres tabungan kamu. Memisahkan rekening juga menghindarkan kamu secara sengaja atau tidak sengaja menggunakan uang tabungan untuk keperluan lain.

5. Menganggap menabung dalam jumlah besar

Buang jauh-jauh pikiran tersebut sebab itu adalah kesalahan dalam menabung. Menabung bukan soal berapa uang yang harus disisihkan melainkan soal kebiasaan yang harus terus dilakukan. Nominal menabung sebaiknya di mulai dalam jumlah kecil dan tak selalu harus dalam jumlah besar.

Kalau Anda menghadapi hal serupa, jangan dulu menyerah. Masih banyak jalan keluar yang bisa Anda lakukan supaya target menabung tidak terus gagal. Agar menabung menjadi lebih ringan dan mudah berikut ini adalah tips untuk cara menabung mudah dan efektif untuk kamu ikuti.

Anda tidak akan pernah tahu berapa banyak atau kapan Anda harus mengeluarkan uang untuk anak-anak. Pengeluaran tidak hanya besar tetapi bisa juga datang pada saat Anda paling tidak siap. Selain memastikan bahwa mereka memiliki kehidupan yang layak, Anda juga harus memastikan bahwa mereka memiliki masa depan yang cerah.

Sumber foto : freepik.com