Kenapa Arloji bisa Jadi Investasi?

Kenapa Arloji bisa Jadi Investasi?

Posted By: Admin, 2022-01-18


  Share:


Jam tangan tidak berbeda jauh dengan bentuk investasi lain, seperti rumah, tanah, maupun emas yang harganya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, investasi jam tangan pun termasuk dalam kategori investasi barang mewah (luxury goods) yang hasilnya cukup menggiurkan.

Aksesoris yang satu ini memang terbilang banyak diminati banyak orang baik itu tua dan muda maupun wanita dan pria. Jam tangan memang suatu aksesoris yang bisa dibilang penting, karena dengan menggunakan jam tangan kita dapat menyusun waktu untuk suatu hal menjadi lebih teratur dan terukur. Sebagai instrument investasi, arloji tergolong wearable investment atau investasi yang dapat digunakan termasuk tas dan permata.

Sebenarnya istilah wearable investment ini bukan hal baru atau barang baru, sudah lama banyak orang yang menggunakan barang-barang (baik di badan ataupun kebutuhan sehari-hari) yang masuk ke dalam kategori “investment”.

Wearable investment adalah investasi pada barang yang dipakai seperti baju, sepatu, dan jam tangan. Sudah sejak lama jenis investasi satu ini disukai masyarakat kelas menengah. Mengkoleksi jam tangan vintage, kamu bisa untung berkali lipat seperti halnya para kolektor saat menjual jam langka yang dibeli bertahun-tahun lalu.

Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah jam tangan ini termasuk jenis investasi jangka panjang. Artinya jika tujuan membeli jam tangan hanya untuk koleksi atau kebutuhan saja. Yang perlu diperhatikan adalah arloji tersebut bisa dibilang  luxury goods jam tangan mewah sebagai currency atau mata uang yang dapat dilikuidasi kapan saja.

Daftar Brand Jam Tangan Yang Termasuk Luxury Goods

1. Patek Philippe Calatrava

Patek Philippe telah menjadi salah satu brand ternama di jajaran produsen arloji mewah di dunia, terbukti dengan basis kolektor yang loyal dengan brand satu ini. Produsen jam tangan mewah asal Swiss ini terkenal dengan fungsi-fungsi unik dengan teknik pembuatan yang rumit. Di tahun 2015 ini, Patek Philippe telah memperkenalkan salah satu seri dengan nama Calatrava Pilot Travel Time Ref. 5524 pada even Baselworld 2015 yang merupakan sebuah even tahunan tempat berkumpulnya brand-brand arloji mewah ternama. Arloji mewah dengan nomor referensi 5524 (5524G atau 5524G-001) ini hadir dengan desain yang tentu saja menarik dan dengan disertai beberapa fungsi penunjuk waktu khas yang selalu menjadi andalan dari merek yang telah ada sejak tahun 1839 ini.

2. Rolex Submariner

Rolex Submariner mungkin adalah timepiece yang paling didambakan oleh para penggemar jam tangan, baik pemula hingga veteran. Bagi para penggemar jam tangan yang sudah lama bermain di areanya, proses berburu arloji Submariner memiliki sensasi ketegangan tersendiri. Hal ini juga dipicu karena langkanya arloji Submariner. Salah satu contoh yaitu Ref. 6536 yang diproduksi tahun 1955 sebanyak seratus buah saja dan Ref. 6538 dengan crown besar dan depth rating merahnya. Ref. 6538 dipakai untuk pertama kalinya oleh aktor Sean Connery dalam film Dr. No. Berbagai Submariner langka bagaikan permata terbesar di mahkota seorang raja, dan pengikut setia Rolex pasti akan terus mengamati timepiece spesial tersebut.

3. Breitling Navitimer

Breitling adalah merek jam tangan ternama dari Swiss. Merek ini merupakan merek jam yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan chronograph. Breitling ini sering dikenal sebagai jam tangan andalan para pilot karena memiliki berbagai fitur yang membantu penerbangan, memiliki beberapa seri, seperti Chronomat, Navitimer, Superocean.

Sumber foto : Photo by John Torcasio on Unsplash