Kehabisan Uang Di Awal Tahun? Hindari Kebiasaan Ini!

Kehabisan Uang Di Awal Tahun? Hindari Kebiasaan Ini!

Posted By: Admin, 2022-02-04


  Share:


Setelah menyambut tahun baru 2022 dan Tahun Baru Imlek, #SobatSakumas sudah resolusi untuk menetapkan tujuan baru dan juga upaya memperbaiki diri menjadi lebih baik. Namun, selain memperbaiki diri, memperbaiki kondisi finansial juga patut untuk menjadi prioritas resolusi tahun 2022 ini.

Jika di tahun sebelumnya, #SobatSakumas merasa bahwa uang yang dipegang selalu saja habis tanpa bersisa, maka di tahun 2022 ini, #SobatSakumas perlu untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan mulai melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik.

Oleh karena itu, berikut tips yang dapat diterapkan untuk mengubah kebiasaan buruk agar menjadi lebih baik:

1.Disiplin Dalam Mengatur Uang

Mengatur uang bukanlah hal yang sulit selamat #SobatSakumas selalu disiplin dalam mengatur hal tersebut. Apabila #SobatSakumas memutuskan untuk berhemat, maka pastikan bahwa keputusan tersebut tidak hanya bertahan seminggu atau sifatnya sementara, melainkan dapat berlanjut.

Selain disiplin dalam mengatur uang, penting juga bagi #SobatSakumas untuk dapat disiplin dalam menabung dan berinvestasi untuk persiapan kebutuhan keuangan masa depan.

2. Mencatat Pengeluaran

Jika ingin mengelola pendapatan dengan baik, maka mulailah untuk mencatat pengeluaran secara teratur. #SobatSakumas dapat memulai dengan mencatat pengeluaran yang umum mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Setelah mencatat pengeluaran, lakukanlah analisis sederhana terhadap pengeluaran yang telah dilakukan dengan mengelompokkannya menjadi pengeluaran wajib, tidak wajib dan pelengkap. Jangan sampai pengeluaran yang tidak wajib atau pelengkap justru memiliki porsi pengeluaran yang lebih besar dari pada kebutuhan wajib.

3. Siapkan Rekening Alternatif

Memiliki rekening tabungan alternatif dapat membantu Sobat untuk berhemat dan mengatur uang lebih baik. Hal ini tentunya akan memberikan efek positif bagi keuangan Sobat Sikapi. Apabila Sobat telah menerima gaji bulanan, maka segera sisihkan gaji pada rekening tabungan alternatif yang telah Sobat sediakan.

4. Hindari Persaingan Gaya Hidup

Gaya hidup menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Apabila #SobatSakumas menerapkan gaya hidup yang konsumtif demi mengikuti persaingan gaya hidup, maka hal ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi finansial #SobatSakumas karena pengeluarannya menjadi lebih boros.

Oleh karena itu, #SobatSakumas dapat melakukan penyesuaian gaya hidup dengan tetap berperilaku sederhana, sehat, dan sejahtera. Serta berhentilah untuk bersikap gengsi dan boros.

5. Hindari Utang

Salah satu kebiasaan yang perlu untuk #SobatSakumas terapkan agar memiliki kondisi finansial yang baik adalah menghindari utang konsumtif. Meskipun saat ini telah tersedia berbagai kemudahan dalam berutang, namun kemudahan tersebut bisa saja membuat #SobatSakumas menjadi semakin tidak terkendali dari ketergantungan dalam berutang.

Oleh sebab itu, ciptakanlah keuangan sehat untuk diri Sobat dengan menghindari utang yang sifatnya konsumtif tetapi diarahkan untuk berutang untuk sesuatu yang produktif misalnya sebagai modal usaha.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang dapat #SobatSakumas terapkan untuk mencapai resolusi finansial yang lebih baik di tahun 2022. Tentunya, untuk mengubah kebiasaan yang selama ini kurang baik akan memerlukan niat dan tekad yang kuat, ya!

Semoga di tahun 2022 ini, resolusi #SobatSakumas dapat terwujud dan pastikan untuk selalu menambah literasi keuangan dengan mengikuti informasi seputar keuangan dan investasi emas di Sakumas!

Ilustrasi : https://unsplash.com/photos/6crWC9CgFes