Jangan Sia-Siakan Masa Muda

Jangan Sia-Siakan Masa Muda

Posted By: Admin, 2021-10-27


  Share:


Waktu tidak akan terulang kembali. Karenanya, yuk manfaatkan masa muda secara optimal, termasuk dalam perencanaan keuangan. Jangan sampai kita menyesal nantinya ya sob. 

Usia muda adalah waktu untuk bersenang-senang, namun untuk beberapa orang, masa muda seorang bisa saja berada dalam ketidakpastian dan kepedihan hidup yang membuat hidupnya jauh dari harapan.

Untuk tetap berada pada jalan menuju kesuksesan hidup, pastilah  rintangan dan  permasalahan hidup akan dilewati makanya sebuah upaya menghadapi suatu masalah nantinya harus dikelola dan dihadapi dengan cara yang baik.

Lakukan hal ini yuk biar nggak nyesel

  1. Bangun relasi
  2. Menabung
  3. Manfaatkan waktu untuk belajar
  4. Terbuka dengan hal baru
  5. Cari pengalaman

Single, muda, dan berbahaya. Tapi kok nabungnya nanti aja? Wah, bisa membahayakan diri sendiri itu siii. Mumpung masih kuat, energik, dan punya kesempatan besar dalam belajar dan mengeksplor diri. Sementara kebutuhan hidup masih belum sebanyak nanti saat sudah berkeluarga. 

Gali ruang dirimu di internet. Itu adalah salah satu investasi terbaik, di mana kamu bisa berekspresi dan berbagi karya." - Austin Kleon

Karena investasi ngga melulu soal menanamkan cuan-cuan--cuan. Walau ujung-ujungnya kebanyakan ya tentang cuan. Selain menginvestasikan uang, bisa juga melakukan investasi di bidang pendidikan. Misalnya membaca buku, majalah, belajar lewat internet dll. Membekali diri dengan ilmu dan wawasan agar kita terus berkembang dalam pola pikir dan skill.

Syukur-syukur bisa menghasilkan. Wah, jadi cuan juga tuh pada akhirnya. Mantap.

Masa muda, masanya merancang masa depan termasuk mempersiapkan dana pensiun.

Usia muda masa pensiun masih lama?

Mana lebih mudah ngumpulin 2 - 3 M untuk dana pensiun, dalam jangka waktu 5 tahun atau 20 tahun?

Semakin panjang rentang waktu dalam mempersiapan target dana pensiun, maka semakin ringan kita dalam mengumpulkan dananya. Alias bisa dilakukan sedikit demi sedikit, ngga langsung besar ya sob.

Selain itu, rentang waktu yang panjang juga akan memberi kesempatan bagi dana yang kita kumpulkan tersebut untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal dalam investasi.

Gimana sob, udah mulai ngumpulin dana pensiun belum nih?

Bikin rentan gagal investasi nih kita sob, jika masa mudamu :

  1. Tak punya tujuan dalam berinvestasi
  2. Tak paham investasi yang dilakukan
  3. Sekedar ikut-ikutan
  4. Pamer
  5. Serakah

Banyak ahli berpendapat bahwa dalam berinvestasi baiknya kita tahu dan sadar apa yang sedang kita lakukan. Bener banget ya sob.

Diantaranya punya arah dan tujuan spesifik dalam berinvestasi. Penting juga untuk memahami ilmu dasar investasi. Agar keputusan dan gerak kita sehubungan dengan  investasi tersebut bisa terukur dan konsisten.

Karena antara berinvestasi dan bermain spekukasi, itu dua hal yang berbeda. 

Bukan sekedar ikut-ikutan juga, buat mengejar gengsi semata. Atau memaksakan diri melebihi batas kemampuan kita. Bisa bahaya.

Alasan Milenial Takut Memulai Investasi.

Investasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi financial freedom. Tapi, faktanya, masih banyak anak muda, yang takut investasi sejak dini.

Sekarang ini kan pilihan instrumen investasi sangat banyak. Bahkan, kamu nggak perlu modal besar buat investasi kok. Salah satunya, investasi emas digital.

Jadi, kalau kamu nggak kepengin menyesal seumur hidup, yuk asikin masa muda kamu dengan memulai investasi yah sob.

Ternyata, ini alasan milenial takut investasi:

  1. Gaji terlalu kecil
  2. Masih mau bersenang-senang
  3. Belum punya rencana masa depan
  4. Takut risiko boncos
  5. Belum ketemu instrumen investasi tepat

Masa muda, masanya produktif ya sob. So, hasilkan cuan sebesar-besarnya. Sisihkan pula sebanyak yang dibisa untuk ditabung dan berinvestasi demi masa depan nanti.

Ilustrasi: freepik.com