Jangan Bergantung Pada Pendapatan Tunggal

Jangan Bergantung Pada Pendapatan Tunggal

Posted By: Admin, 2022-03-17


  Share:


Kebutuhan hidup terus meningkat setiap harinya dan semakin membutuhkan banyak biaya. Namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Bisa saja perusahaan tempat Anda bekerja tiba-tiba bangkrut dan Anda dipecat dari pekerjaan. Jika sudah demikian, bagaimana Anda bisa menutup semua pengeluaran untuk hidup?

Pekerjaan penuh waktu yang kamu lakukan merupakan salah satu sumber penghasilan aktif yang dimiliki saat ini. Namun bagaimana jika penghasilan tersebut tidak cukup memenuhi kebutuhan Anda selama ini karena hanya mempunyai satu sumber penghasilan? Beda halnya jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap dengan nominal gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan menabung, kemungkinan Anda tidak berpikir untuk memiliki penghasilan tambahan. Padahal, memiliki penghasilan tambahan juga penting sekali pun Anda sudah memiliki pendapatan tetap.

Berikut ini adalah ulasan lebih lanjut tentang bagaimana penghasilan tambahan dapat memberikan manfaat lebih bagi Anda. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, bahkan salah satunya bisa menghasilkan penghasilan pasif.

Menjadi mitra

Menjalankan usaha kecil, bisanya tidak membutuhkan banyak dana untuk beroperasi, dikarenakan cangkupan pasarnya yang memang belum luas. Namun, di balik itu, walaupun usaha kecil mereka juga ingin untuk ekspansi penjualan salah satunya dengan manambah modal, makanya kamu bisa nih membantu mereka dalam hal ini. Kamu bisa bekerja sama dengan salah satu rekan yang memang memiliki bisnis kecil untuk menyuntik dana modal mereka. 

Kamu bisa menjadi mitra pasif untuk menginvestasikan sebagian dana yang kamu miliki untuk digunakan dalam bisnis mereka. Pembagian keuntungan bisa sesuai dengan kesepakatan yang telah kamu lakukan bersama dengan mitra.

Membangun passive income dengan melalui blog

Tahukah kamu bahwa saat ini pekerjaan menjadi blogger sudah menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan? Dengan mengembangankan hobi yang kamu miliki dalam menulis dan beberapa hal lain seperti kuliner, traveling, teknologi, atau hal lainnya kamu berpeluang mendapatkan passive income melalui hal ini. Cukup dengan berbekal tulisan yang menarik mengenai hobi yang kamu miliki akan membuat blog kamu dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Setelah blog memiliki banyak pengunjung, kamu dapat mulai menjual jasa iklan di blog, atau menulis sebuah artikel guna mempromosikan suatu produk atau jasa. Apapun aktivitas yang kamu lakukan di blog dapat menjadi sesuatu yag menghasilkan uang dengan mudah. Tentunya hal ini memerlukan ketekunan kamu untuk secara konsisten memberikan konten-konten yang menarik

Mulai berinvestasi

Hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk menambah pundi-pundi keuangan adalah dengan melakukan investasi. Semakin cepat kamu mulai mendanai, maka semakin besar hasil yang akan didapatkan. Selain dapat melindungi nilai mata uang dari inflasi, investasi juga dikenal mampu memberikan kamu passive income yang berasal dari fluktuasi harga efek di pasar modal. Investasi juga sering disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan besar dan menjadi miliarder. Penilaian tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena seperti yang kita tahu bahwa hingga saat ini ada banyak sekali tokoh-tokoh investor terkenal dunia dan tanah air yang sukses menjadi miliarder.

Sebut saja misalnya Warren Buffet, Lo Kheng Hong, hingga sederet artis dan pengusaha terkenal seperti Raditya Dika, Reino Barack, dan masih banyak lagi. Kamu juga harus cermat dalam memilih jenis instrumen investasi yang dirasa paling pas dengan profil risiko serta tujuan investasi.

Yuk ciptakan penghasilan tambahan sekarang juga!


Sumber foto by freepik