Hidup No Drama Karena Dompet Menipis? Ikuti Tips Ini Sejak Awal Bulan!

Hidup No Drama Karena Dompet Menipis? Ikuti Tips Ini Sejak Awal Bulan!

Posted By: Admin, 2022-10-10


  Share:


Kalau tanggal tua seperti ini Anda pasti galau maksimal kan. Belum gajian tapi bahan-bahan dapur dan perlengkapan rumah sudah habis. Ditambah lagi kalau dompet sudah menipis tinggal uang ribuan untuk menjaga dompet. Duh, sedih banget deh pokoknya.

Baca Juga: Jenis-jenis Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Karyawan dan Risiko yang Akan Dihadapi

Nah, biar Anda nggak mengalami nasib pahit di tanggal tua gara-gara dompet tipis, mending ikuti tips yang satu ini deh. Jadi Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih baik biar tanggal tua Anda tetap sejahtera. Berikut ulasannya.

1. Buat Aturan 10 Detik

Anda pasti bingung, apa sih aturan 10 detik. Nah, aturan ini bisa Anda buat saat ingin berbelanja sesuatu. Jadi waktu Anda ingin membeli sesuatu, tahan selama 10 detik. Tanyakan ke diri sendiri apa Anda benar-benar membutuhkan benda itu. kalau nggak butuh-butuh banget, lebih baik nggak usah dibeli deh. Lumayan kan buat ditabung atau beli yang lebih penting.

2. Hanya Bawa Uang Tunai

Kalau ingin berbelanja sesuatu, usahakan membawa uang tunai saja. Meski lebih praktis menggunakan kartu debit atau kredit card, tapi nyatanya orang yang menggunakan itu justru gagal mengontrol uang pengeluaran mereka. Pastikan uang yang Anda banyak nggak terlalu banyak atau terlalu sedikit tapi pas untuk kebutuhanmu.

Baca Juga: Mau Dapat Manfaat Menabung? Yok Kita Nabung!

3. Bungkus Kartu Kredit Dengan Catatan

Buat Anda yang tetap ingin memakai kartu kredit atau debit, ada satu tips yang perlu Anda ikuti agar tetap hemat. Caranya yaitu bungkus kartu kredit dengan stiker atau catatan kecil. Tulislah sebuah catatan untuk mengingatkan Anda agar tetap berhemat. Misalnya saja dengan rencana menabung untuk liburan atau motivasi lainnya.

4. Belanja Sendirian

Buat Anda yang ingin berhemat, usahakan juga untuk selalu berbelaja sendiri. Berdasar penelitian, semakin banyak orang yang Anda ajak saat berbelanja maka semakin banyak pula barang-barang tak terduga yang Anda beli.

Misalnya saja saat mengajak keponakan atau anak kecil ke supermarket, tapi ternyata mereka ingin beli cokelat atau es krim. Nah, kalau begini pengeluaran Anda semakin banyak kan.

5. Batasi Waktu Belanja

Semakin banyak waktu yang Anda pakai untuk berbelanja, maka semakin banyak pula barang-barang yang Anda masukkan ke keranjang belanjaan. Jadi uang yang Anda keluarkan juga semakin banyak.

Untuk mengatasinya ada baiknya Anda membuat daftar belanjaan tentang barang-barang penting yang Anda perlukan. Identifikasi juga toko mana yang akan Anda tuju untuk mendapat barang tersebut.

Baca Juga: Atur Keuangan untuk Karyawan Fresh Graduate, Ini Jurus yang Manjur!

Itulah beberapa tips sederhana untuk menghindari drama dompet yang menipis di akhir bulan. Terapkan tips ini sejak awal bulan biar uang Anda tidak terbuang secara percuma. Selamat mencoba!

Sumber: https://unsplash.com/photos/5OUMf1Mr5pU