Cuan Investasi Emas untuk Karyawan Bergaji Kecil, Begini Cara Tepatnya!

Cuan Investasi Emas untuk Karyawan Bergaji Kecil, Begini Cara Tepatnya!

Posted By: Admin, 2022-07-28


  Share:


Investasi dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh mereka yang bergaji kecil. Salah satu jenis investasi yang cukup populer adalah investasi emas.

Baca Juga: Investasi Emas di Pegadaian; Tips, Seluk-beluk, Hingga Keuntungannya

Emas selain dapat digunakan sebagai perhiasan juga dapat dijadikan instrumen investasi, khususnya yang berupa emas batangan atau kerap disebut logam mulia.

Nah, berikut adalah beberapa tips investasi emas bagi Anda yang bergaji kecil, sebagaimana dilansir laman Sahabat Pegadaian :

1.Rajin Menabung

Harga jual beli emas selalu berbeda, tergantung pada kondisi pasar. Namun, harga emas kini sudah berada di atas Rp900.000 per gram. Bagi karyawan yang memiliki gaji kecil, jumlah ini tentu cukup besar. Cara yang paling masuk akal untuk mendapatkannya adalah dengan menabung secara teratur.

Anda bisa menabung dengan cara menyisihkan nominal tertentu setiap hari. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Tabungan Emas. Ingat pepatah, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit." Perlahan-lahan Anda menabung emas, lama-kelamaan hasilnya bisa dirasakan.

Baca Juga: Agar Untung Maksimal, Ini Cara Investasi Emas yang Cocok Untuk Anda!

2. Aktif Memantau Pergerakan Harga Emas

Selain menabung, hal lain yang perlu dilakukan adalah selalu memantau pergerakan harga emas. Pada umumnya, harga emas memang selalu stabil.

Namun, diperlukan kejelian dan kecermatan untuk memutuskan kapan membeli emas dan kapan menjualnya. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan besar dari investasi emas, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menjualnya kembali.

Sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang, emas akan lebih menghasilkan jika dijual setelah disimpan dalam jangka waktu lama.

3. Mulai dari yang Kecil

Tidak perlu terlalu memaksakan diri ketika baru saja memulai berinvestasi emas. Sesuaikan jumlah investasi dengan kemampuanmu. Jika hanya mampu membeli 1 gram emas setiap 6 bulan, tidak perlu khawatir. Seiring waktu, jumlah investasi yang dimiliki pun akan semakin meningkat.

Langkah dimaksud juga berkaitan dengan faktor risiko yang harus dihadapi. Semakin besar investasi yang Anda miliki, risiko yang ada pun semakin tinggi. Namun, dengan pengalaman yang semakin banyak, Anda pun pasti akan lebih siap menghadapinya.

4. Investasi Sesuai Kondisi

Jangan karena ingin cepat merasakan hasilnya, maka Anda memaksakan kondisi untuk bisa investasi emas. Ini adalah langkah yang salah. Investasi sebaiknya tidak berasal dari hasil paksaan, tetapi merupakan bagian dari penghasilan yang telah disisihkan.

Sebagai karyawan dengan gaji kecil, tentu cukup berat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus membayar kewajiban lainnya. Jadi, sebisa mungkin untuk berinvestasi sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan dipaksakan.

5. Berkonsultasi pada Orang yang Lebih Ahli

"Malu bertanya, sesat di jalan," demikian kata pepatah. Hal ini juga berlaku jika Anda sedang berinvestasi emas. Bertanyalah kepada orang-orang yang lebih ahli dan lebih paham cara mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

Baca Juga: Keunggulan Investasi Jual Beli Emas Digital

Berbekal pengetahuan tersebut, Anda pun akan lebih mahir dalam mengendalikan investasi sehingga tidak mengalami kerugian, tetapi keuntungan.Warren Buffett, seorang miliarder, berkata, "investasi harus rasional. Jika Anda tidak memahaminya, jangan lakukan."

Maka, selain niat yang besar, perlu memiliki pengetahuan mengenai instrumen investasi yang dipilih juga penting supaya investasi bisa memberikan hasil yang maksimal. Pengetahuan itu termasuk mengenali profil risiko Anda, ya.

Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-using-silver-laptop-2265488/