Cara Merawat Perhiasan Emas Sendiri agar Warnanya Tidak Pudar

Cara Merawat Perhiasan Emas Sendiri agar Warnanya Tidak Pudar

Posted By: Admin, 2022-08-06


  Share:


Perhiasan emas di rumah kok lama-lama pudar. Pernah mengalami masalah seperti ini? Tenang, kamu tidak sendiri, kok. Banyak orang yang lupa untuk merawat perhiasan emas koleksinya, sehingga membuat warna emas jadi pudar, bahkan mudah patah.

Perawatan terhadap perhiasan emas memang sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik. Perhiasan emas adalah salah satu bentuk investasi yang menjadi primadona bagi sebagian besar wanita. Selain karena bentuknya cantik, perhiasan emas nilainya tinggi, bisa dijual kembali. Nilainya akan lebih tinggi ketika kilaunya tampak nyata sehingga bisa menarik hati.

Cara paling mudah merawat perhiasan berbahan logam mulia ini adalah dengan membawanya ke tangan yang memang ahli, seperti di toko emas. Namun, cara tersebut kurang praktis bagi sebagian orang. Membawa koleksi perhiasan ke toko emas untuk dirawat dirasa merepotkan dan memerlukan biaya ekstra.

Tenang, masih ada solusi untuk mengatasi warna perhiasan emas yang pudar, kok. Kamu bisa melakukan salah satu cara merawat perhiasan emas di rumah. Dijamin, perhiasan emas kita jadi lebih kinclong dan awet, deh!

Pakai cairan pembersih khusus

Banyak orang yang takut untuk mencuci perhiasan emas karena khawatir karatan. Padahal berbeda dengan besi atau logam lainnya, perhiasan dari emas justru perlu dibersihkan secara rutin agar tetap mengkilap.

Meski demikian kamu tidak boleh menggunakan sembarang cairan pembersih untuk mencuci emas. Sebenarnya ada cairan khusus yang dijual di pasaran untuk membersihkan perhiasan emas, namun jika ingin lebih ekonomis kamu bisa menggunakan sabun cuci piring.

Campuran detergen dan soda

Cara lain adalah kamu bisa mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah. Setelah diaduk rata, masukkan perhiasan dalam cairan tersebut. Tunggu sekitar 10-20 menit, angkat dan pakai sikat berbulu lembut untuk membersihkannya perlahan hingga tidak ada kotoran menempel. Cuci dengan air dan keringkan memakai kain lembut.

Hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih

Perhiasan emas yang kamu miliki punya batu permata? Jika iya, hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih. Air bersuhu panas bisa merusak perhiasan emas, mulai dari membuat logam memuai, melunturkan lem pada perhiasan, hingga membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bahkan, ada beberapa jenis batu permata yang bisa patah dan terbelah.

Jika ingin mencuci kotoran yang menempel, disarankan memakai air hangat atau air biasa. Lakukan pembilasan secara perlahan dan jangan terlalu lama, agar tidak ada batu permata yang copot.

Lepas perhiasan saat mandi

Sabun mandi, sampo, pembersih wajah, hingga pasta gigi memiliki kandungan kimia yang bisa membuat warna emas pudar. Oleh sebab itu, lepas perhiasan emas ketika akan mandi, ya, supaya perhiasan kita tidak sering terpapar bahan kimia.

Simpan dengan benar untuk merawat perhiasan emas

Ketika perhiasan sedang tidak dipakai, kamu harus memastikan sudah menyimpannya dengan benar. Sebisa mungkin pakai kotak perhiasan untuk menyimpan perhiasan emas tersebut.

Letakkan perhiasan sesuai jenisnya, jangan dijadikan satu atau ditumpuk begitu saja. Perhiasan itu bisa saling menempel atau malah warnanya memudar. Belum lagi kalung emas dengan rantai tipis yang rawan terbelit. Setelah menyimpan dengan cermat, secara berkala buka tempat perhiasan untuk merapikan dan membersihkan koleksi emasmu.

Itulah cara merawat perhiasan emas yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Berbekal langkah sederhana dan praktis tadi, kamu akan menghemat biaya perawatan perhiasan karena tidak perlu sering-sering menyambangi toko emas.

Segera download aplikasi Sakumas ke smartphone dan temukan kemudahan melakukan berbagai transaksi emas dari genggaman kamu!


Photo by www.freepik.com