Cara Menghemat Uang Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menghemat Uang Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Posted By: Admin, 2022-08-16


  Share:


Setelah berumah tangga, ada banyak biaya yang perlu kalian penuhi, mulai dari biaya untuk makan, listrik, air, rumah, maupun tabungan untuk masa depan. Jika Kamu dan pasangan tidak cermat mengatur keuangan, bisa-bisa sebelum gajian bulan berikutnya, budget bulanan sudah habis. Ditambah lagi dengan biaya kehidupan yang terus-menerus naik.

Seberapa pun besarnya pendapatan bulanan yang dimiliki akan terus menguap apabila tidak dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Nah, dari sekian banyak masalah keuangan yang akan selalu ada, cara mengatasinya sebenarnya sederhana, yakni belajar untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Dengan menghemat pengeluaran bulanan, itu artinya kita memiliki sisa dari pendapatan yang kita dapatkan rutin setiap bulannya, dan sisanya bisa kita manfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan di kemudian hari.

Berikut beberapa cara menghemat pengeluaran bulanan yang bisa mulai kamu terapkan sekarang juga.

Susun biaya pengeluaran tiap bulan

Cara hidup hemat yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan, mulai dari rencana belanja kebutuhan pokok, membayar tagihan dan cicilan, biaya transportasi, hingga biaya untuk kebutuhan hiburan. Dengan begitu, kamu bisa membelanjakan uang sesuai dengan rencana tersebut dan tidak menggunakan uang melebihi anggaran yang sudah disusun. 

Selalu penuhi kebutuhan, bukan keinginan

Tentukan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam sebulan, kalau perlu catat semuanya dan buat daftarnya, dan selalu utamakan kebutuhan yang berkelanjutan seperti biaya sewa indekos/apartemen/cicilan rumah, anggaran untuk kebutuhan makan dan biaya listrik dan pulsa, transportasi dan berbagai kebutuhan lainnya yang memang harus dipenuhi. Untuk memudahkan, kamu bisa membagi daftar pengeluaran menjadi tiga, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan tabungan.

Bandingkan harga sebelum membeli

Pastikan kamu membandingkan harga untuk setiap produk yang sama pada dua atau tiga tempat yang berbeda. Dengan begitu, kamu akan dapat menemukan penawaran terbaik yang lebih murah untuk produk tersebut. Ingat, tujuanmu adalah menghemat pengeluaran bulanan sehingga upayakan agar hal ini bisa berjalan dengan baik dan selalu terarah. Jadi, jangan pernah lelah dalam membandingkan harga.

Memanfaatkan promo atau diskon

Dalam melakukan hal ini, perhatikan dengan baik syarat dan ketentuannya serta pastikan juga hal-hal tersebut tidak memengaruhi penawaran yang dijanjikan di awal. Kemudian, antisipasi promo-promo di tanggal-tanggal mendekati gajian karena akan ada banyak promo atau diskon yang bertujuan menarik hati mereka yang baru gajian!

Selalu sisihkan pendapatan diawal  bulan

Metode 60/20/20 bisa menjadi metode yang baik bagi kamu yang ingin mulai menyisihkan pendapatan, dengan rincian bahwa 60% untuk memenuhi kebutuhan prioritas, 20% sebagai dana darurat, dan 20% sisanya untuk ditabung atau diinvestasikan.

Lacak pengeluaran dan perbaiki anggaran

Setelah membuat anggaran, kamu harus terus melacak pengeluaran dan upayakan untuk mengikuti rencana pengeluaran. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin prioritas dan keadaan hidup kamu bisa berubah atau kebiasaan belanja tidak sejalan dengan yang telah direncanakan.

Maka dari itu, sebaiknya kamu perhatikan setiap enam bulan atau sekali setiap tahun dan lihat rencana anggarannya serta seberapa baik kamu mematuhinya. Kamu dapat merevisi anggaran untuk memperhitungkan perubahan dalam kebiasaan pengeluaran dan pendapatan.

Nah, itulah tadi cara hidup hemat dalam rumah tangga yang bisa kamu lakukan. Kuncinya adalah komitmen dengan diri untuk menetapkan anggaran dan pastikan gaya hidup kamu dan pasangan sesuai dengan tujuan dan kondisi finansial kalian saat ini.

Photo by freepik.com