Cara Investasi Emas Bagi Investor Pemula yang Mudah dan Aman

Cara Investasi Emas Bagi Investor Pemula yang Mudah dan Aman

Posted By: Admin, 2022-10-08


  Share:


Saat ini, ada banyak cara memulai investasi emas yang mudah dan aman bagi pemula. Emas adalah salah satu instrumen investasi yang ramah bagi pemula dan memiliki risiko rendah. Selain itu, aset ini cenderung memiliki nilai yang selalu naik dalam jangka panjang. Hal itu membuat emas terkenal dengan asset safe haven.

Baca Juga: 5 Keuntungan Investasi Emas untuk Anda yang Masih Ragu-Ragu

Seandainya nilai emas turun, nilainnya tidak akan turun signifikan. Investasi ini juga dapat menghindari risiko perubahan tingkat inflasi, memiliki suku bunga yang tinggi  dan likuiditas yang tinggi. Untuk itu, alternatif investasi ini cocok sebagai tempat dana daruratmu. Selain itu, cara investasi emas sangatlah mudah, praktis, dan aman sehingga ramah bagi pemula. Berikut merupakan penjelasannya.

Cara Investasi Emas

1. Tentukan Tujuan 

Anda ingin berinvestasi untuk biaya pernikahan? Membeli rumah? Biaya pendidikan? Atau mengumpulkan dana darurat? Investasi ini cocok sekali untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang.

Sebelum mulai berinvestasi, Anda perlu menentukan tujuan investasi emas. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam menyesuaikan jangka waktu dan besaran jumlah investasi setiap bulan. 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Anda bisa mengalokasikan sebagian uang Anda untuk membeli emas secara digital dengan nominal kecil, lho! Pertama, Anda perlu membuat perencanaan keuangan dan alokasi pendapatan sehingga dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan finansial. Ingat, instrumen investasi ini bukanlah tempat penyimpanan seluruh pendapatmu!

Investor dapat menyisihkan dana lebih dari pengeluaran sehari-hari dan dana darurat setiap bulannya walaupun harga emas sedang turun. Bahkan, investor pemula sudah bisa investasi mulai dari 10 ribu. Jadi, jangan menunda investasi, ya!

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Kini, banyak layanan online yang menawarkan jual-beli emas digital dengan mudah dan aman melalui aplikasi investasi. Di samping itu, Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang Anda pilih itu memberikan sertifikat asli sehingga terjamin keamanannya dan memberikan layanan produk investasi yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (BAPPEBTI).

Baca Juga: Ini Cara yang Tepat untuk Memahami Emas Digital

4. Pantau Perkembangan Emas

Harga emas dapat mengalami fluktuasi yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di pasar global. Selain itu, harga instrumen investasi ini mengacu pada harga pasar dunia dengan satuan US Dollar yang terus berubah.

Untuk itu, Anda perlu investasi secara rutin sekaligus turut memantau dan analisa perkembangan harga. Dengan demikian, Anda bisa lebih bijak dalam mengantisipasi naik-turun harga emas. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk memperkirakan keuntungan investasi dalam satu tahun.

5. Pilih Tempat Penyimpanan Emas 

Anda bisa menyimpan emas di brankas pribadi di rumah yang dilengkapi dengan pin dan sidik jari. Namun, cara tersebut masih beresiko pencurian. Sebagai alternatif, Anda bisa menyimpannya secara digital di aplikasi.

Jadi, Anda gak perlu ribet simpan asetmu, deh. Sekarang, beli dan jual emas bisa via aplikasi sehingga investor pemula lebih fleksibel saat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. 

6. Mulai Investasi dan Terus Menabung

Ada banyak cara investasi emas yang mudah bagi pemula. Investasi emas digital melalui sebuah aplikasi penyedia layanan jual-beli emas menjadi alternatif yang mudah, praktis, dan aman.

Setelah melakukan tahapan cara investasi emas bagi pemula, Anda bisa mulai berinvestasi secara berkala sesuai dengan kemampuan finansial.

Baca Juga: Investasi Emas di Pegadaian; Tips, Seluk-beluk, Hingga Keuntungannya

Mulai investasi emas mudah dan aman, bukan?