Cara Cerdas Investasi Emas

Cara Cerdas Investasi Emas

Posted By: Admin, 2022-03-12


  Share:


Emas merupakan investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Bagi Anda yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang, seperti menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli rumah, investasi emas adalah kuncinya. Pasalnya, emas memberikan keunggulan, yaitu imbal hasil yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu lima tahun, mudah mencairkannya, dan harganya cenderung naik. Kalaupun turun, nilainya tidak signifikan.

Kekiniannya sudah bukan jamannya lagi berinvestasi emas dilakukan oleh generasi orang tua. Ditengah persaingan yang ketat, generasi muda sudah harus berpikir panjang untuk mempersiapkan masa depannya. Tidak lagi menabung uang dari hasil gajian per bulan yang hanya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari, anak muda harus pandai-pandai berinvestasi, salah satunya investasi emas.

Meski terbilang menguntungkan, investasi emas tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar investasi tersebut berjalan secara aman dan menguntungkan. Terlebih lagi bagi pemula, jika tidak dilakukan secara benar investasi tersebut justru berpotensi memberikan kerugian. 

Asalkan Anda menjalani segala prosesnya sesuai prosedur, maka investasi emas akan berjalan dengan aman dan memberikan kamu keuntungan yang cukup besar.

Pastikan Tujuan Investasi Emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Pantau dan Cek Harga Emas Secara Berkala

Walaupun memang emas mengalami nilai yang konstan dan cenderung naik, masyarakat yang sedang berinvestasi emas harus tetap memantau nilai harga emas. Bagi generasi yang lebih tua, ketika mereka bertransaksi membeli emas di toko secara konvensional, Namun jika kita melirik jual beli emas yang berbasis aplikasi digital, kita mampu membaca grafik harga emas, sehingga kita mendapatkan waktu yang tepat dan strategis untuk menjual atau membeli emas.

Jenis investasi emas digital memudahkan Anda untuk bisa menjual beli emas kapan dan dimana saja Anda berada. Silakan pilih cara investasi emas yang aman dan menguntungkan bagi Anda.

Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

Berinvestasi emas bisa terlaksana saat kamu membelinya di tempat terpercaya. Sama halnya dengan investasi lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas. Cek dahulu rekam jejak tempat kamu ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Bagi generasi muda bisa coba menggunakan aplikasi jual beli emas fisik yang berbasis digital.

Anda harus memahami bahwa investasi emas merupakan tabungan untuk masa depan. Jadi saat melakukan investasi emas perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang, meskipun demikian investasi emas memiliki tingkat likuiditasnya yang tinggi atau sifatnya yang mudah dicairkan. Artinya emas mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu. Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan. Karena jika kita menyimpan emas dalam waktu yang lama, nilai emas akan semakin tinggi dan bisa menjadi begitu berharga dan bermanfaat bagi kita di masa depan.

Sumber foto oleh unsplash.com