Biar Nggak Rugi, Ini Cara Berinvestasi Yang Baik dan Benar

Biar Nggak Rugi, Ini Cara Berinvestasi Yang Baik dan Benar

Posted By: Admin, 2022-07-30


  Share:


Saat ini, menabung saja nggak cukup buat menjamin finansial di masa mendatang. Solusinya adalah harus dibarengi dengan investasi sedini mungkin karena cuma dengan investasilah peluang meningkatkan kekayaan lebih besar.

Berinvestasi memang merupakan cara seseorang untuk memenuhi tujuan keuangan. Ada banyak cara berinvestasi yang bisa kamu temukan untuk menginvestasikan uangmu, namun kita semua tentunya tahu bahwa bukan hanya dengan berinvestasi kita pasti akan mendapatkan uang tambahan, bukan? Jika kita mempertaruhkan uang kita untuk berkembang, tentu saja terdapat resikonya juga. Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir. Jika kamu mempelajari dan memulai dengan cara yang tepat, kamu akan berhasil menjadi investor yang baik. 

Investasi ibaratnya seperti menanam pohon. Banyak browsing dan mencari tahu platform investasi yang tepat untuk pemula serta jangan sampai salah mengikuti cara berinvestasi, karena akan sangat merugikan kamu.

Berinvestasi juga jangan menunggu sudah mapan dahulu baru melakukannya, tetapi berinvestasilah agar menjadi mapan dengan selalu mencari tahu cara investasi yang tepat. Untuk itu, lakukan investasi sedini mungkin. Jika kamu sudah berumur, lakukanlah sekarang. Namun, kamu juga perlu untuk menentukan niat dan tujuanmu dalam berinvestasi. Ada baiknya investasi dilakukan dalam jangka panjang dengan tujuan agar kamu dapat bebas finansial ketika sudah lanjut usia.

Agar investasi sukses, ada cara yang harus diperhatikan, sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal. Simak yuk.

Mulai dengan menanamkan mindset yang benar

Optimis, pantang menyerah dan nggak takut mengambil risiko. Tanamkan mindset tersebut sebelum memulai. Mindset adalah salah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang selain kerja keras, pengalaman, skill, network dan sebagainya. Karena pada dasarnya mindset mempengaruhi kebiasaan dan tindakan setiap harinya. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh mindset memiliki persentase 80?n 20?alah skill. Mindset membawa dampak yang signifikan dalam mencapai kesuksesan. Beberapa orang berpikir investasi adalah cara untuk cepat kaya. Perbedaan mindset ini akan membuat seseorang yang melakukan hal yang sama namun memiliki hasil yang berbeda. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa mindset yang dapat mengubah perilaku dan tindakanmu kearah yang lebih baik untuk kesuksesan.

Pilihlah investasi yang tepat

Ada berbagai jenis investasi yang bisa ditemukan di pasar saham. Emas, Saham, obligasi, deposito, dan lainnya. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing, dan tentunya dengan kisaran risiko yang juga berbeda. Urutan dari jenis yang risikonya tertinggi adalah saham, reksa dana, obligasi, deposito dan emas. Untuk berinvestasi saham, kuatkan mentalmu ya dan pelajari lebih mendalam tentang seluk beluk berinvestasi saham secara komprehensif untuk mengetahui resikonya. Salah satu cara yang tepat agar kamu dapat mengetahui cara berinvestasi yang tepat adalah dengan mengikuti workshop tentang investasi atau berkonsultasi dengan para expert yang sudah berpengalaman.

Jangan terlalu berlebihan

Sebagian besar ketakutan terbesar setiap orang adalah kehilangan uang. Kamu akan terbiasa dengan kondisi pasar seiring berjalannya waktu. Tetap tenang dalam menyikapi kondisi yang ada dan sebisa mungkin jangan berhutang. Terlalu berlebihan dalam berinvestasi akan mempengaruhi mental dan psikologis khususnya untuk para pemula. Jangan gampang terkecoh dengan hal-hal atau rekomendasi cara berinvestasi yang belum tentu benar.

Sukses dalam berinvestasi membutuhkan proses yang harus dilalui dengan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, termasuk selalu memperhatikan cara-cara berinvestasi yang tepat. Kesuksesan berinvestasi membutuhkan waktu, dedikasi dan pengorbanan (uang).

Teruslah belajar dan jangan menyerah sob!


Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash